Kenali gejala awal penyakit hepatitis A pada anak

Hepatitis merupakan peradangan pada hati yang disebabkan adanya gangguan pada sel-sel hati. Gangguan tersebut berasal dari infeksi virus cytomegalovirus dan monoknukleosis infeksiosa. Bukan hanya di sebabkan virus saja, lingkungan kotor dan makanan yang kotor juga menjadi salah satu penyebab umum.

Seperti kebiasaan makan tanpa cuci tangan, membeli makanan tanpa bungkusan, atau memakan sesuatu dengan bersamaan menjadi faktor-faktor yang memicu penyakit pada anak. Meski terlihat sepele kebiasaan seperti itu justru menimbulkan banyak kerugian, salah satunya muncul penyakit hepatitis. Untuk itu terapkan pola hidup yang sehat pada anak, lakukan pengawasan yang ketat terhadap anak untuk menghindari resiko yang mungkin terjadi, jika terjadi gejala-gejala yang cukup parah segera periksakan ke dokter.

Dalam hal mengamati gejala hepatitis pada anak, mungkin sebagian orang tua kurang peka terhadap anaknya, hingga tanpa disadari keadaan menjadi lebih parah dari sebelumnya. Jika orangtua melakukan tindakan pada tahap awal gejala, anak masih bisa di selamatkan sebelum pada tingkat hepatitis yang lebih parah, berikut gejala yang umum terjadi pada anak yang mengalami Hepatitis A (tahap awal)

Gejala awal penyakit hepatitis A pada anak

Pusing kepala yang berlebih

Pusing kepala merupakan gejala umum yang sering terjadi, biasanya disebabkan oleh stress, terlalu lelah, kurang tidur dan berbagai penyebab lainnya. Biasanya pusing yang disebabkan hal tersebut tidak berlangsung lama dan mudah disembuhkan. Namun jika pusing yang dialami beserta sakit yang  berlebih dan berlangsung lama segera periksa ke dokter bisa jadi ini awal gejala penyakit hepatitis pada anak anda.

Mual

Gejala lain pada hepatitis A pada anak yaitu muncul rasa mual, biasanya rasa mual yang muncul diawali dengan kurangnya nafsu makan pada anak. Sebaiknya lakukan pencegahan sejak awal, sehingga gejala yang terjadi bisa diatasi sebelum parah.

Muntah

Selanjutnya anak akan mengalami muntah-muntah yang sulit diredakan, lakukan tindakan yang cepat setelah anak mengalami gejala ini, gejala inilah yang memicu datangnya hepatitis A.

Sakit tenggorokan

Sakit tenggorokan yang terjadi disertai dengan rasa sakit dan sulit menelan makanan, sakit tenggrokan memang umum terjadi namun jika kondisi ini berlangsung lama segera periksakan ke dokter.

Nyeri sendi

Gejala hepatitis berikutnya yaitu nyeri pada bagian sendi. Nyeri sendi biasanya dirasakan oleh orang dewasa yang memiliki aktivitas yang berat sehingga mengalami kelelahan dan nyeri pada bagian sendi, namun aktivitas apa yang membuat anak nyeri sendi? segera lakukan pemeriksaan jika anak mengeluh nyeri di bagian badannya.

Sakit perut

Sakit perut bisa dipicu oleh banyak hal seperti telat makan, memakan makanan pedas dan faktor lainnya, namun ada sedikit perbedaan pada kasus sakit perut hepatitis, sakit yang dialami lebih parah dari sakit perut biasanya, juga saat perut ditekan timbul rasa sakit, rasa sakit yang muncul menunjukan jika hati telah mengalami pembengkakan.

Penyakit kuning

Penyakit kuning merupakan gejala umum hepatitis, penyakit kuning ditandai dengan perubahan warna kuning yang berubah menjadi pucat ke kuningan, perubahan warna bisa juga dilihat pada bagian mata, biasanya disertai panas diatas normal. Penyakit kuning merupakan awal hepatitis tipe A. Untuk itu segera periksa ke dokter sebelum tingkat hepatitis semakin parah.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *