Khasiat buah sawo bagi kesehatan yang jarang diketahui masyarakat

Siapa yang tidak mengenal buah sawo? buah berwarna kuning kecoklatan ini termasuk kekayaan dari tanaman tropis yang terkenal di seluruh dunia termasuk Indonesia.

Sawo memiliki rasa yang  lezat dan rasa manis yang berasal dari kandungan fruktosan dan sukrosa, selain itu sawo merupakan sumber vitamin, mineral dan tanin sebagai antiokdisan di dalam tubuh.

Apa saja kandungan buah sawo secara rinci?

  • Energi : 92 kkal
  • Protein : 0,5 gr
  • Lemak : 1,1 gr
  • Karbohidrat : 22,4 gr
  • Kalsium : 25 mg
  • Fosfor : 12 mg
  • Zat besi : 1 mg
  • Vitamin A : 60 IU
  • Vitamin B1 : 0,01 mg
  • Vitamin C : 21 mg

Menakjubkan bukan? satu buah sawo saja yang anda konsumsi sudah berperan penting sebagai asupan yang baik bagi tubuh. Selain itu buah sawo sangat bermanfaat bagi kesehatan dan baik untuk pencegahan berbagai penyakit. Berikut penjelasannya

Khasiat buah sawo bagi kesehatan

Mengobati gangguan pencernaan

Sawo memiliki kandungan serat yang tinggi baik untuk pencernaan. Dengan kandungan tersebut sawo mampu diandalkan sebagai obat penyakit yang mengganggu pencernaan misalnya susah BAB dan sembelit, kandungan zat tannin di dalam buah sawo berkhasiat untuk mengobati wasir dan diare. Selain itu penelitian menyatakan jika mengkonsumsi sawo dapat mencegah terjadinya kanker usus besar. Dengan begitu resiko anda  terkena penyakit pencernaan sangat kecil.

Mengobati infeksi

Infeksi biasanya dikaitkan dengan antibiotik dan obat-obatan kimia. Sebenarnya, infeksi tidak hanya disembuhkan dengan perantara itu saja, dengan mengkonsumsi buah manis ini anda mampu mengatasinya. Kandungan vitamin yang terkandung dalam buah sawo seperi vitamin A, C berperan untuk menyehatkan kulit dan mencegah infeksi.

Memproduksi sel darah merah

Pernah mendengar penyakit anemia? Anemia merupakan penyakit yang diakibatkan oleh kekurangan produksi sel darah merah yang menyebabkan penderita merasa lemas dan pusing. Biasanya seseorang yang mengidap anemia tidak lepas dari obat-obatan untuk mempertahankan tubuhnya, dengan begitu aktivitas mereka menjadi terhambat. Untuk itu beralihlah dengan mengkonsumsi buah sawo, selain rasanya yang manis buah sawo mengandung zat besi yang membantu tubuh dalam memprosuksi sel darah merah.

Menjaga kesehatan gigi

Gigi merupakan organ yang berperan penting dalam menunjang penampilan. namun saat gigi mengalami gangguan, rasa sakit yang ditimbulkan sangat menyengat dan menganggu aktivitas. Dengan mengkonsumsi buah sawo gangguan sakit gigi tidak akan terjadi, buah sawo memiliki kandungan fosfor dan kalsium yang baik untuk kesehatan tulang dan gigi.

Baik untuk ibu hamil

Saat hamil, seseorang akan dilarang untuk melakukan banyak hal termasuk membatasi asupan makan yang mungkin akan membahayakan janin di dalam kandungan, ibu harus selektif dalam memilih makanan yang baik untuknya dan kandungan . Salah satu buah yang di rekomendasikan untuk ibu hamil adalah buah sawo. Buah ini mengandung vitamin C yang berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh ibu dan janinnya. Juga vitamin B yang dapat mengurangi mual dari efek kehamilan.

Menjaga kesehatan mata

Mata merupakan bagian yang sensitif diantara organ lainnya, namun bukan berarti kita dengan mudah membiarkan mata kita terkena iritasi. Biasanya, orang sering beranggapan bahwa wortel merupakan satu-satunya makanan yag berkhasiat dalam kesehatan mata, sehingga orang yang mengalami gangguan mata hanya mengkonsumsi wortel saja sebagai penangkalnya. Namun sebenarnya masih banyak buah-buahan lain yang memiliki fungsi yang sama dengan wortel, salah satunya sawo, buah ini pun memiliki kandungan vitamin yang sama banyak seperti wortel.

Sebagai obat stress

Sawo merupakan obat penenang alami yang berkhasiat untuk mengendurkan saraf dan menghilangkan stress. Ketika stress mood kita mungkin menjadi berkurang untuk mengkonsumsi makanan apalagi makanan berat seperti nasi, nah daripada tidak mengkonsumsi makanan sama sekali cobalah untuk mengkonsumsi buah sawo sebagai pengganti nasi, setelah anda memakannya mood anda akan menjadi lebih baik.

2 Comments

  1. tiara

    Buah yang dari kecil lumayan jrang saya makan nih..ternyata banyak juga manfaat kesehatannya.

    Reply
  2. tiara

    Coba sawo banyaknya seperti pepaya atau pisang, enak dah makan banyak-banyak gampang.

    Reply

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *