Kopi hitam, minuman paling efektif untuk meredakan stress

Meski sering disebut-sebut sebagai minuman jahat, kopi memiliki kandungan yang baik untuk tubuh. Dengan catatan bahwa kopi yang anda konsumsi adalah jenis kopi hitam yang tidak mengandung banyak gula dan kream.Seperti yang telah kita ketahui bahwa dewasa ini banyak sekali beredar jenis kopi dengan berbagai merk yang mengeluarkan edisi kopi dengan berbagai rasa juga tanpa dedak. Memang secara komposisi dan rasa jenis kopi ini lebih lezat dan tentunya kalah rasa dengan kopi hitam yang memiliki rasa itu-itu saja.

Meski kalah soal rasa kopi hitam memiliki kandungan yang jauh lebih baik dibanding jenis kopi yang sudah beredar saat ini. Justru jenis kopi yang mengandung cream dan gula yang berlebih beresiko diabetes yang tinggi. Berbeda dengan jenis kopi hitam, kopi ini memiliki kandungan gula yang rendah sehingga dapat meminimalisir serangan penyakit berbahaya seperti gula dan beberapa jenis kanker.

Kebanyakan orang menganggap kopi sebagai ”minuman sumber penyakit”. Sehingga terlepas apapun jenis dan rasanya mereka merasa lebih baik menghindari kopi sebagai antisipasi. Padahal tidak semua orang harus menjauhi kopi tanpa sebuah alasan yang jelas. Benar, pada dasarnya kopi memang berbahaya tetapi hanya bagi orang-orang tententu seperti ibu hamil, penderita maag kronis, darah tinggi, dan lainnya.

Jadi pada intinya kopi tidak selalu semena merta dianggap sebagai minuman yang dapat menyebabkan penyakit. Pengkonsumsian kopi berlebihanlah yang dapat menyebabkan gangguan fungsi organ, sedangkan pengkonsumsian secara normal dan stabil justru sangat bermanfaat bagi tubuh salah satunya mengobati stress.

Benarkah kopi bisa redakan stress?

Menurut penelitian beberapa ilmuwan menyatakan bahwa mengkonsumsi kopi maksimal 2-3 gelas sehari dapat meredakan stress. Jika masih ragu, coba saja praktekan hal ini ketika anda sedang mengalami stress berat lalu minum 1 cangkir kopi dengan beberapa potong biskuit. Hasil survei mengatakan bahwa dengan mempraktekan hal ini kebanyakan dari mereka merasa tenang sesudah meminum kopi.

Tetapi dengan peraturan bahwa kopi yang kamu minum adalah jenis kopi hitam alami tanpa campuran gula dan cream yang berlebih. Juga dengan tarakan yang maksimal yaitu sebanyak 2 gelas. Meski telah diakui khasiatnya oleh para ilmuwan sebagai minuman penghilang stress bukan berarti anda meminumnya secara berlebihan karena merasa itu aman. Bukannya meredakan stress, pengkonsumsian yang berlebihan justru membuat anda semakin stress.

Apakah ibu hamil aman mengkonsumsi kopi?

Ibu hamil sangat rentan terkena stress terlebih telah memasuki usia yang sudah matang dimana terjadi perubahan fisik, bentuk tubuh, berat badan, mood yang terkadang sering berubah-ubah, dan berbagai gejala lain yang dapat memicu tingkat stress yang lebih tinggi. Apakah ibu hamil boleh mengkonsumsinya?

Seperti yang telah dipublikasikan salah satu studi pada “International Journal of Gynaecology and Obstetrics” yang menyatakan bahwa hormon kortisol (hormon stress) pada wanita yang sedang hamil akan berkurang setelah meminum kopi. Meski demikian,  hal ini masih masih diragukan melihat resiko yang mungkin terjadi terhadap ibu hamil. Sebab kandungan kafein dapat mengancam ibu hamil karena menembus plasenta dengan mudah yang bisa berdampak pada detak jantung bayi. Selain ibu hamil, berikut beberapa orang yang memiliki resiko  berbahaya jika mengkonsumsi kopi.

  • Penderita darah tinggi
  • Penderita jantung koroner
  • Pengerasan pembuluh nadi
  • Penderita maag kronis
  • Bagi orang yang kekurangan vitamin B1
  • Penderita kanker

 

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *