Makanan dan minuman ini dapat merusak gigi anda, salah satunya coklat

Siapa yang tidak ingin memiliki gigi putih dan sehat? Semua orang pasti ingin memilikinya. Pasalnya, gigi merupakan organ paling penting dalam menunjang penampilan. Jika gigi mengalami insiden keropos atau ompong hal ini akan mematahkan harapan anda untuk tersenyum dengan nyaman.Permasalahan gigi satu ini sangat umum terjadi di kalangan masyarakat tanpa mengenal batas usia.

Selain merasa linu, gigi keropos membuat porsi gigi menjadi tidak nyaman, terlebih ketika tersenyum, orang yang ada di sekitar akan menyadarinya. Pada intinya gigi merupakan aset penting dalam memenuhi karakter senyum yang berkualitas.

Bayangkan jika kita sedang berbicara dengan seseorang yang memiliki gigi yang kuning dan ompong, tentunya anda merasa kurang nyaman atau setidaknya langsung berfikir jika anda yang berada di posisi tersebut sudah pasti kepercayaan diri anda akan menurun.

Banyak sekali cara pengobatan gigi yang sudah terkenal saat ini seperti behel, operasi gigi keropos, dan beberapa pengobatan medis lainnya yang menjanjikan porsi gigi yang rata sehingga membuat anda percaya diri untuk tersenyum lebar.

Sebenarnya, jika kita bisa merawat gigi dengan baik, gangguang-gangguan seperti gigi keropos, gigi berlubang, plak, gigi kuning tidak akan menyerang kita jika kita mampu mengatasi perawatan gigi dengan benar.

Apa penyebab gigi keropos?

Mulut merupakan tempat terbaik untuk bersarangnya kuman dan bakteri. Mengapa demikian? ketika kita mengkonsumsi makanan yang tidak higienis secara tidak langsung virus dan bakteri yang terkandung di dalamnya masuk ke dalam mulut dan bersarang di sela-sela gigi.

Jika anda membiasakan diri untuk membersihkan gigi secara rutin virus dan bakteri tidak akan bersarang di dalam mulut. Hal yang harus anda lakukan yaitu dengan menyikat gigi rutin 3kali sehari, dengan mengkonsumsi buah-buahan dan makanan lain yang bergizi. Menghindari makanan dan minuman yang dapat merusak gigi.

Apa saja makanan dan minuman yang dapat merusak gigi?

Kopi. Minuman berkafein satu ini telah menjadi andalan para gamers, para pecintan drama dan penjaga pos untuk menemani aktivitas malamnya. Namun terlalu bayak mengkonsumsi kopi ternyata dapat merusak gigi. Untuk itu jangan terlalu sering mengkonsumsi kopi atau mengatasinya dengan menggosok gigi setelah minum kopi agar kandungannya tidak menempel di gigi.

Permen. Ketika mengkonsumsi permen, entah ada dorongan darimana rasa ingin mengkonsumsinya terus saja timbul hingga terkadang tanpa kita sadari kita telah mengkonsumsi banyak permen. Mengapa demikian? konon, permen dapat menghilangkan stress dan membuat suasana hati menjadi senang, itulah dorongan yang membuat kita terus memakannya. Tetapi dibalik keunggulannya permen memiliki dampak buruk bagi kesehatan gigi.

Yogurt. Merupakan hasil fermentasi susu yang memiliki rasa manis asam juga berkhasiat dalam menurunkan berat badan. Tetapi kandungan asam di dalamnya tidak baik bagi kesehatan gigi sehingga jika kita mengkonsumsinya secara berlebihan akan membuat gigi rusak.

Cuka. Biasanya cuka sering ditambahkan dalam pembuatan manisan, rujak, atau dicampurkan kedalam kuah bakso untuk menambah rasa segar dari kandungan asamnya. Sayangnya, kandungan asam merupakan musuh terbesar bagi kesehatan gigi yang tidak boleh kita konsumsi secara berlebihan.

Minuman bersoda. minuman menyegarkan satu ini ternyata bisa membuat gigi keropos. Anda mungkin sering mengkonsumsi minuman bersoda atau setidaknya pernah merasakannya bukan? setelah anda meminumnya anda akan merasakan ngilu di gigi. Benar? ini adalah tanda jika gigi tidak cocok dengan kandungan minuman tersebut. Jika dibiasakan gigi akan mengalami perusakan.

Acar atau jenis sayuran yang diasamkan. Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya jika kandungan asam dapat merusak gigi. Hindari acar atau mengolah sayuran dengan menambahkan zat asam seperti cuka. Makanan ini akan berpotensi tinggi untuk merusak gigi anda.

Coklat. Makanan manis satu ini ternyata bukan hanya menyebabkan gemuk saja, tetapi bisa merusak gigi jika dikonsumsi secara berlebihan. Nah, bagi para remaja pecinta coklat mulai sekarang atur kadar coklat yang anda konsumsi. Sama halnya dengan permen, camilan manis satu ini sangat beresiko menciptakan gigi keropos.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *