Makanan kadaluarsa tapi kemasan masih bagus, apakah berbahaya bila dikonsumsi?

Saat anda membeli makanan kemasan di supermarket, apa yang anda lihat pertama kali? rasanya? merknya? Kebanyakan orang lebih memperhatikan harganya. Benar? Meski banyak yang mengelaknya kenyataan tetaplah kenyataan, faktanya makanan yang murah dengan kemasan yang jumbo banyak diminati orang, terlebih makanan itu berupa makanan yang banyak penyukanya. misalnya camilan sepeerti keripik, makanan pedas dan camilan lainnya.

MURAH. Kata ini menjadi patokan seseorang dalam membeli sesuatu entah itu berupa makanan atau pakaian. Seperti yang telah kita ketahui jika kualitas pakaian yang murah sangat jauh berbeda dengan pakaian bermerk. Lain lagi dalam soal makanan, Apakah orang pernah berfikir mengapa makanan dengan porsi besar di hargai dengan sangat murah, apakah distributor tidak merasa kerugian? Pernahkah anda memperhatikan tanggal kadaluarsa yang tertera di dalam kemasan tersebut?

Terlalu lama. mencari tanggal kadaluarsa di dalam kemasan yang terkadang terselip di bagian paling sudut dengan warna yang sedikit kontras dibanding warna kemasan terkadang membuat kita malas dan langsung saja membelinya tanpa pikir panjang apalagi makanan itu murah. Manusia memang selalu digiurkan oleh harga murah, apalagi wanita yang notabene sering diberi gelar si ratu diskon.

Tahukah anda jika harga discount hanyalah manipulasi dari harga sebenarnya?

Kita ambil contoh pakaian dengan discount 50%. Dari 500rb menjadi 250rb. Murahkah? TIDAK. Jika mereka membuka harga dengan potongan demikian bukan berarti baju itu dimurahkan, bukan berarti kamu bangga dengan harga potongan sebesar itu, karena pada faktanya harga baju berada dibawah harga yang sudah di discount.

Pihak penjual tidak mungkin seenak jidat memberikan potongan harga sebesar itu. Jika ya, maka saya jamin toko tersebut akan tutup dalam 2-3 hari promo discount karena terjadi kerugian. Tapi tidakkan? Ini dia yang dinamakan manipulasi perdagangan. Lalu siapa yang dirugikan? kita sebagai pembeli, kita sebagai penikmat tarif discount yang akan merasa dirugikan.

Itu adalah contoh salah satu motif manipulasi penjual pada barang-barang pakai, berbeda lagi dengan makanan. Kita bukan hanya dirugikan soal uang saja tetapi dalam hal kesehatan pula. Mengapa demikian? Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya jika orang lebih tertarik terhadap makanan/barang dengan harga yang MURAH. Para penjual biasanya akan menawarkan makanan murah dengan bonus. Misalnya beli satu gratis 9. Nah tuh udah pastilah orang-orang akan tertarik dan langsung membelinya.

Tanpa berfikir panjang orang akan langsung membelinya tanpa mengetahui seluk beluk makanannya terlebih dulu. Apakah anda berfikir mungkinkan makanan itu mengandung granat? mengandung bahan peledak sehingga dengan mudahnya penjual mengembel-embelkan harga yang sangat fantastis murah. Benar saja, mana ada orang yang berfikir panjang ketika ada discount besar seperti itu. 1 hal yang harus anda sadari, makanan yang dijual dengan harga yang sangat murah benar-benar tidak berada dalam kadaan baik-baik saja. Kemungkinan yang pasti adalah makanan itu sudah melewati tanggal kadaluarsa.

Penting untuk dibaca : Cara mengetahui makanan yang sudah kadaluarsa

Apakah makanan yang melewati tanggal kadaluarsa sangat berbahaya?

Makanan yang sudah melebihi tanggal kadaluarsa biasanya akan menimbulkan rasa yang tidak lezat dan berbeda, namun hal ini tergantung pada jenis makanannya pula, sepeti mie, roti, minuman, biskuit, setiap jenis makanan akan menimbulkan ciri kadaluarsa yang berbeda-beda, seperti roti.

Roti yang sudah kadaluarsa biasanya akan timbul jamur, atau mie yang saat direbus menimbulkan bau yang tidak biasanya. Untuk minuman, jenis makanan ini lebih sulit dikenali gejalanya terlebih penjual menyimpannya di kulkas sehingga rasanya masih tetap terjaga, secara tidak disadari minuman itu ternyata sudah kadaluarsa dan kan menimbulkan efek kesehatan pada nantinya.

Para penjual yang menawarkan makanan atau minuman dengan harga yang miring, atau saat terjadi discoun besar-besaran ti tokonya bisa jadi makanan atau minuman yang di discount telah melebihi tanggal kadaluarsa. Mereka mungkin berfikir daripada nantinya akan mubadzir dan tidak akan menghasilkan uang, lebih baik makanan ini dijual dengan harga miring agar konsumen mau membelinya.

Pertanyaan apakah makanan kadaluarsa berbahaya? terkadang kita kurang jeli dalam memilih makanan dan langsung saja membelinya, atau banyak juga yang sudah tau makanan tersebut telah melebihi tanggal kadaluarsa tetapi tetap dimakan karena dirasa kemasannya pun masih utuh.

Lalu apakah makanan itu berbahaya jika dimakan? Jelas, makanan yang sudah melebihi masa kadaluarsa sudah tidak layak konsumsi sebagus apapun kemasannya. Kandungan zat yang ada di dalamnya sudah tidak layak konsumsi, dan jika makanan tersebut tetap dibiarkan dimakan maka kemungkinan yang pasti terjadi adalah gangguan pencernaan, keracunan, hingga mengakibatkan kematian mendadak. Bagaimana cara kita mengetahui makanan yang sudah kadaluarsa?

 

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *