Makanan Yang Dapat Memperburuk Pencernaan

Makanan yang kita konsumsi bukan hanya sekedar asupan tubuh saja, ketahui terlebih dulu komposisi yang ada didalam makanan tersebut, kebanyakan orang hanya mengutamakan rasa tanpa memperdulikan apa yang ada di dalam makanan tersebut, seiring perkembangan zaman banyak ditemukan makanan siap saji yang mengiurkan, tentu saja kita tertarik untuk memakannnya bahkan sampai ketagihan, padahal tidak semua makanan dapat dicerna usus dengan baik.

Usus berfungsi untuk mencerna makanan yang masuk kedalam perut kita, sehingga makanan dapat di serap oleh tubuh secara maksimal. ketika  makanan tidak mampu tercerna maka makanan yang ada didalam perut akan terus tertimbun dan susah untuk dikeluarkan, maka timbul berbagai penyakit dalam yang sulit disembuhkan. Kenali beberapa makanan yang dapat memperlambat proses pencernaan dengan begitu kita akan meminimakisir kemungkinan buruk yang akan terjadi pada tubuh kita, kesehatan tubuh tergantung kepada pemiliknya apa kita akan menjadi pemilik yang baik atau buruk.

Makanan Yang Dapat Memperburuk Pencernaan

Berikut makanan yang dapat memperlambat proses pencernaan :

1. Makanan Pedas

Makanan pedas menjadi makanan primadona diantara yang lainnya, para penjual pun menawarkan berbagai jenis hidangan pedas untuk menarik perhatian konsumen, selain itu makanan pedas mengandung banyak vitamin c, meskipun begitu mengkonsumsi makanan pedas secara berlebihan akan berdampak buruk bagi tubuh khusunya usus, karena rasa pedas yang terkandung di dalam makanan dapat membuat usus luka, akibatnya usus akan terasa sakit dan tidak dapat berfungsi secara maksimal. Terkadang setelah makan makanan pedas akan merasa sembelit, itu sebenarnya adalah informasi dari bagian pencernaan bahwa usus tidak dapat mencernanya dengan baik.

Selain itu makanan pedas juga mengandung senyawa capsacin, senyawa ini berukuran kecil-kecil sehingga sangaat sulit dipecah oleh usus. Senyawa capsaicin yang tidak dapat dipecah ini dapat menyebabkan iritasi pada usus halus,  ada baiknya jangan terlalu banyak mengkonsumsi makanan ini demi menjaga usus agar tetap sehat.

2. Coklat

Kafein dan lemak yang ada di dalam coklat tidak bagus untuk pencernaan, selain itu terlalu sering mengkonsumsi coklat akan membuat tubuh tidak sehat.

3. Makanan berlemak

Makanan yang sulit dicerna usus selanjutnya adalah makanan berlemak terutama pada makanan seperti gorengan yang mengandung banyak minyak apalagi minyak yang dipakai adalah minyak bekas sudah jelas gorengan itu tidak sehat, selain itu gorengan dapat merusak dinding usus. Kadar minyak yang lebih pada makanan yang digoreng ini yang menyebabkan sulitnya mencerna makanan tersebut, selain bahan makanan sendiri sudah mengandung minyak ditambah lagi digoreng maka kadar minyak jenuh akan semakin banyak, hal ini tentunya tidak baik untuk kesehatan usus kita, selain tak bagus untuk usus hal ini juga tak baik untuk kesehatan tubuh, karena semakin banyak lemak maka akan menimbulkan obesitas.

4. Es krim

Sama halnya dengan coklat, es krim memang memiliki cita rasa yang lezat dan banyak digemari khususnya anak-anak, namun dibalik kelezatannya Es krim mengandung lemak yang tinggi dan tidak baik untuk pencernaan.

5. Kopi

kopi djadikan andalan jitu untuk mengurangi rasa kantuk, khususnya kaum pria yang gemar dengan minuman satu ini, namun mengkonsumsi kopi yang berlebihan dapat menyebabkan buang air besar secara berlebihan sehingga usus harus bekerja lebih keras, selain dalam pencernaan kopi juga dapat meningkatkan denyut jantung, membuat peminum kopi sulit tidur, menjadi cemas, gelisah dan bahkan bisa menyebabkan depresi.

6. Minuman Beralkohol

minuman beralkohol dapat menyebabkan radang usus buntu selain itu alkohol tidak baik untuk usus karena menyebabkan kanker usus, kanker mulut, kanker laring, kanker pancreas, kenker payudara, kanker hati dan kenker tenggorokan. Alcohol membuat usus semakin tertekan sehingga sulit untuk bekerja, akibatnya sering terjadi radang usus.

7. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan  mengandunga kadar lemak yang cukup banyak, kadar lemak pada kacang-kacangan mencapai 60 % Sehingga kurang baik untuk lambung ataupun usus. Contohnya kacang merah yang mengandung banyak serat, teralalu banyak serat yang di serap akan mengakibatkan usus terlalu kencang dalam mengelola makaanan yang masuk, sehinggamenyebabkan luka pada usus. Selain itu senyawa gula pada kacang merah ternyata sulit dicerna oleh usus besar manusia.

8. Makanan asam

Makanan asam sebenarnya mengandung banyak vitamin C, namun apabila kadar asam terlalu banyak, justru menggangu fungsi keronggkongan, sehingga makanan yang akan dicerna ke usus mengalami gangguan, kadar keasaman pada makanan yang berlebih dapat menyebabkan infeksi pada usus.

9. Buah yang mengandung banyak serat

Buah-buahan kaya akan serat di dalamnya, namun teralu banyak serat tidak baik untuk tubuh, misalnya nangka, cempedak dan sirsak, dapat dilihat dari bentuknya saja sudah berserat, namun perlu diingat untuk memakan buah buahan ini harus menunggu buahnya matang terlebih dahulu agar unsur serat yang ada dalam buah tersebut dapat dilunakan terlebih dahulu.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *