Makanan yang disarankan untuk penderita Asma

Paru-paru yang normal akan membawa sari makanan dan oksigen di dalam tubuh melalui peredaran darah. Sedangkan seseorang yang mengalami gangguan fungsi paru-paru akan membawa sedikit oksigen untuk tubuh sehingga kelangsungan hidup menjadi terganggu.

Pentingnya menjaga kesehatan paru-paru perlu diperhatikan, karena pada faktanya masih banyak orang yang mengabaikannya sehingga banyak terdeteksi berbagai penyakit mematikan yang menyerang paru-paru. Salah satunya penyakit Asma. Penyakit asma biasanya sangat mudah kambuh oleh hal-hal yang sepele seperti paparan debu, alergi bulu kucing atau suhu yang dingin.

Bukan hanya itu saja, ternyata penyebab lain kambuhnya penyakit asma adalah asupan makanan yang tidak sehat. Seperti makanan junk food, makanan jalanan yang tidak higienis yang mungkin saja mengandung berbagai virus penyakit yang tanpa kita sadari ikut masuk ke dalam tubuh melalui sirkulasi darah. Bahkan selain menyerang paru-paru makanan yang tidak sehat dapat mempengaruhi kesehatan organ lain seperti lambung dan jantung. Untuk itu penting bagi kita menerapkan pola makanan sehat sejak dini sebelum terdeteksi penyakit yang mematikan.

Penting untuk dibaca
Tips pola hidup sehat bagi penderita Asma

Makanan seperti apa yang disarankan bagi penderita asma?

Apel

Siapa yang tidak mengenal buah cantik ini? hampir seluruh penjuru mengenalnya dan sering mengkonsumsinya atau setidaknya pernah mencicipinya walau sekali. Buah apel yang berkualitas memang relatif memiliki harga yang lumayan tinggi dibanding harga buah lain. Namun, dengan mendapatkan khasiatnya saja itu sudah terbayarkan, dengan harga tersebut kita telah merampas semua khasiatnya untuk melindungi paru-paru kita agar selalu sehat.

Salah satu gangguan penyakit paru-paru yang bisa diatasi dengan mengkonsumsi buah apel yakni penyakit asma. Salah satu penelitian di inggris menyatakan jika seseorang yang memakan buah apel 2-5 buah dalam seminggu memiliki 32% resiko rendah terserang penyakit asma.

Blewah

Blewah mengandung vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan yang menangkal kerusakan pada paru-paru dan menangkal radikal bebas. Salah satu studi di jepang menyatakan jika seseorang yang kekurangan vitamin C beresiko terkena serangan penyakit asma.

Wortel

Wortel terkenal sebagai obat kesehatan mata yang berkhasiat menjaga penglihatan dan mengurangi minus pada mata. Selain itu, ternyata wortel mengandung khasiat lain yaitu sebagai asupan yang baik bagi penderita asma. Wortel mengandung beta-karoten yang diubah menjadi vitamin A di dalam tubuh yang dapat mengurangi resiko ancaman penyakit asma juga efektif dalam membantu memulihkan penyakit jantung, kanker, dan penyakit alzheimer. Buah lain yang memiliki kandungan yang sama seperti wortel yakni sayuran seperti aprikot, paprika hijau dan ubi jalar.

Alpukat

Alpukat mengandung antioksidan penting yang disebut glutathione yang direkomendasikan bagi penderita asma sebagai asupan makanan sehari-hari. Para ahli pada umumnya sudah mempromosikan buah ini dalam bidang kesehatan karena kandungan antioksidannya yang berfungsi untuk melindungi sel-sel dalam tubuh terhadap kerusakan yang ditimbulkan oleh radikal bebas.

Alpukat memiliki kandungan yang hampir sama dengan kandungan yang terdapat pada salad atau guacamole. Yaitu kaya akan lemak tak jenuh tunggal yang dapat menurunkan kolesterol. Selain menghambat serangan asma, buah ini sangat cocok dikonsumsi bagi mereka yang sedang melakukan proses diet yang sehat.

Kopi

Kopi sering menjadi pantangan dan sering masuk kedalam daftar ”minuman yang wajib ditinggalkan” oleh beberapa kasus penyakit seperti lambung, jantung diabetes dan masih banyak lagi.

Kabar gembira bagi penderita asma karena kopi diperbolehkan bagi mereka, bahkan sangat dianjurkan untuk dikonsumsi. Mengapa demikian? menurut beberapa penelitian yang telah dilakukan menyatakan bahwa minuman berkafein mampu meningkatkan saluran pernapasan.

Mungkin sebagian orang kurang mempercayainya karena pada kasus penyakit lain kopi termasuk minuman yang haram dikonsumsi karena efek yang ditimbulkannya, salah satu penyakit yang mengharamkan kopi yakni penyakit lambung atau asam lambung. Tetapi pada dasarnya setiap penyakit memiliki pantangan dan anjuran masing2.

Biji Rami

Biji rami mengandung asam lemak omega-3 dan magnesium. Kandungan tersebut berfungsi untuk membantu melemaskan otot-otot di sekitar bronkus. Asma dipicu oleh penyempitan bronkus sehingga menimbulkan mengi saat kambuh. Nah, dengan mengkonsumsi biji rami udara akan masuk keluar dengan lancar tanpa penyumbatan.

Pisang

Buah pisang merupakan kekayaan alam yang telah umum dikenal oleh semua orang. Selain lezat buah pisang ternyata memiliki khasiat yang baik untuk membantu sistem pernapasan menjadi kuat. Hal ini telah dibuktikan oleh penelitian di inggris terhadap anak-anak yang mengkonsumsi buah pisang setiap harinya. Hasilnya terbukti bahwa anak-anak tersebut memiliki 34% resiko lebih rendah untuk terhindar serangan asma (mengi).

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *