Khasiat kunyit untuk kecantikan, yang tidak terduga!

Kunyit adalah rempah-rempah yang dikenal di India sebagai ‘Haldi‘ dan itu berasal dari akar tanaman temulawak longa,asli Asia Selatan. Di indonesia kunyit terkenal sebagai bumbu penyedap masakan dimana rasa dan aroma yang khas menambah citarasa yang berbeda dalam makanan tsb, selain itu kunyit bermanfaat banyak untuk kesehatan dan kecantikan, dalam bidang kesehatan kunyit telah teruji khsiatnya tapi mungkin sebagian orang kurang tahu bahwa kunyit juga bermanfaat dalam kecantikan wajah. Benarkan?

Memiliki wajah yang indah tentunya menjadi dambaan setiap orang khususnya kaum wanita, tidak sedikit orang yang menghabiskan uang jutaan milyaran bahkan triliuan demi mendapatkan hasil yang maksimal, padahal jika kita bisa memanfaatkan bahan alami yang ada kita tidak perlu mengeluarkan uang, selain itu pemakaian bahan alami menghindarkan kita dari efek obat-obatan kimia yang berbahaya, atau kemungkinan kegagalan operasi dengan hasil yang mengecewakan. Bukannya wajah cantik yang anda dapatkan tetapi wajah yang semakin buruk akibat kegagalan operasi atau ketidakcocokan bahan kimia yang anda pakai.

Banyak sekali bahan alami yang bisa kita manfaatkan untuk kecantikan wajah salah satunya kunyit, memakai bahan alami tidak akan menimbulkan efek samping yang berbahaya sekalipun adanya ketidakcocokan setelah pemakaian. Berikut manfaat kunyit untuk berbagai kecantikan yang bisa anda praktekan dirumah

Manfaat kunyit sebagai bahan kecantikan

  • Menghilangkan kerutan

Semakin bertambahnya usia kulit kita akan mengalami perubahan fisik yaitu timbulnya flek-flek hitam atau kerutan di wajah yang membuat kita tidak percaya diri. Buatlah masker kunyit dengan tambahan tepung beras, yogurt dan buah alpukat, campurkan bahan-bahan tersebut sampai menjadi pasta, oleskan pada seluruh wajah dan diamkan selama 10menit lalu bilas dengan air hangat.

  • Menghilangkan lingkaran hitam dibawah mata

Penyebab utama munculnya lingkaran hitam di mata biasanya akibat kekurangan porsi jam tidur, kelelahan atau stress. Manfaat lain dari kunyit yaitu untuk menghilangkan lingkaran hitam dimata dengan cara mencampurkan tumbukan kunyit dengan satu sendok krim. Oleskan campuran tersebut di area lingkaran hitam anda dan biarkan selama 10 menit.

  • Menghambat pertumbuhan rambut wajah

Rambut diwajah memang tidak terlalu mengganggu, namun rambut yang berlebihan membuat wajah kurang enak dilihat, pembuatan masker wajah untuk kulit muka seperti ini cukup mudah yaitu dengan mencampurkan tumbukan kunyit dengan tepung beras sampai menjadi pasta, lakukan masker wajah ini selama sebulan.

  • Menghilangkan ketombe

Selain wajah pemeliharaan rambut juga harus diperhatikan untuk menjaga penampilan agar tetap terlihat cantik. Ketombe merupakan salah satu faktor yang sangat menganggu dan membuat kepala tidak nyaman. Untuk menghilangkan ketombe campurkan kunyit dan minyak kelapa lalu oleskan ke rambut dan diamkan selama 20menit. Selain menghilangkan ketombe juga akan meningkatkan sirkulasi di kulit kepala anda.

  • Menghilangkan jerawat

Jerawat merupakan benalu yang sangat menganggu di wajah kita, bahkan orang sering menyebutnya sebagai kutukan, dengan timbulnya jerawat kita menjadi kehilangan kepercayaan diri. Untuk mengobati jerawat, campurkan sejumput kunyit dengan beberapa pasta cendana lalu oleskan pada bagian yang terkena jerawat. Sifat antibakteri dari kunyit akan membantu melawan bakteri yang sering menjadi penyebab utama jerawat.

  • Meningkatkan elastisitas kulit

Masker kunyit bermanfaat untuk merangsang pertumbuhan sel kulit baru. Dengan begitu kulit wajah akan semakin kencang.

  • Mengatasi kulit berminyak

Berikut adalah resep yang untuk mengatasi kulit berminyak. Campurkan satu sendok teh kunyit dan cendana murni yang telah menjadi pasta. Oleskan campuran tersebut ke wajah dan biarkan selama sepuluh menit, cuci dengan air hangat, setelah itu kulit anda segar dan bebas minyak.

  • Mencegah rambut rontok

Ada bahan aktif dalam kunyit yang disebut curcumin, yang merupakan antioksidan yang sangat kuat yang sangat efektif dalam menangani rambut rontok. Campur satu sendok teh kunyit dan satu sendok makan madu dengan beberapa yogurt polos dan pijat ke rambut Anda. Biarkan campuran pada rambut Anda selama lima belas menit dan kemudian cuci bersih.

  • Mengurangi noda kulit

Salah satu manfaat kunyit yang sangat terkenal untuk kulit yaitu untuk menghilangkan bintik-bintik gelap dan noda pada kulit. Campur sedikit kunyit dengan susu atau yogurt polos dan gosok ke kulit Anda. Ulangi ini secara teratur  setelah beberapa saat, Anda akan melihat noda mulai memudar.

  • Gunakan sebagai scrub tubuh

Buatlah pasta dari sejumput kunyit, tepung beras, gula dan sedikit air. Gosol kulit anda dengan campuran itu saat  mandi. scrub yang terbuat dari bahan kunyit ini mampu menghilangkan sel kulit mati dan membantu meratakan warna kulit anda.

  • Gunakan untuk mengobati bibir pecah-pecah

Kandungan antiseptik yang ada pada kunyit yang membantu menyembuhkan bibir pecah-pecah, kulit kering dan mampu menghilangkan kulit mati. Pembuatan pasta untuk masalah bibir pecah-pecah dibuat dengan membuat campuran kunyit dan yogurt menjadi pasta, lalu dioleskan pada bagian bibir.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *