Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan

Tanaman lidah buaya termasuk jenis tanaman yang terkenal akan khasiatnya dalam bahan kecantikan seperti pembuatan masker lulur tubuh dan lulur rambut, namun selain itu lidah buaya memiliki manfaat untuk kesehatan dan penyembuhan berbagai penyakit.

Kandungan lidah buaya memiliki manfaat untuk membantu berfungsinya sistem pencernaan yang buruk, sifat adaptogenetik dari tanaman ini bermanfaat dalam fungsi pencernaan, lidah buaya memiliki penyerapan nutrisi yang baik juga menghilangkan unsur-unsur berbahaya melalui ekskresi halus.

Lidah buaya membantu dalam berfungsinya sistem pencernaan salah satunya untuk menyembuhkan sindrom iritasi usus besar. Sifat adaptogenik dari tanaman ini bermanfaat bagi fungsi pencernaan yang tepat. Hal ini memastikan penyerapan nutrisi yang lebih baik dan juga menghilangkan unsur-unsur berbahaya. Fikiran dan tindakan seseorang sangat mempengaruhi proses pencernaan yang sehat, untuk itu hindari fikiran negatif yang membuat otak stress dan jangan lakukan aktifitas berat yang mengancam kesehatan.  

Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan

  • Meningkatkan Sistem kekebalan tubuh. 

Minuman yang terbuat dari gel lidah buaya memiliki sifat detoksifikasi alami yang efektif membersihkan sistem pencernaan dan sistem peredaran darah. Mempercepat penyerapan nutrisi, juga menghasilkan sirkulasi darah yang lebih baik dan juga meningkatkan kualitas nutrisi tubuh dalam sel.

Darah yang kaya oksigen secara otomatis akan memberikan nutrisi dalam sel-sel yang lebih. Sel-sel tersebut yang memastikan kemampuan tubuh Anda untuk menangkal infeksi, sehingga memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda.Lidah buaya memiliki kemampuan untuk menetralisir bakteri berbahaya.Banyak penelitian telah membuktikan bahwa sifat polisakarida dalam lidah buaya berfungsi sebagai antitumor dan imunomodulator.

  • Mempercepat Penyembuhan Luka Bakar

lidah buaya paling sering digunakan sebagai obat oles untuk digosokan ke kulit agar lebih sehat, gel lidah buaya bisa bermanfat untuk menyembuhkan luka, terutama luka bakar. Sebuah tinjauan dari 4 penelitian eksperimental menemukan bahwa Aloe vera dapat mengurangi waktu penyembuhan luka bakar sekitar 9 hari dibandingkan dengan obat-obatan konvensional. Studi menunjukkan bahwa itu adalah pengobatan topikal efektif untuk pertama dan kedua derajat luka bakar.

  • Mengurangi plak gigi

kerusakan gigi dan penyakit gusi merupakan masalah kesehatan yang sangat umum. Gel lidah buaya merupakan obat terbaik untuk mencegah hal ini terjadi, kesehatan gusi sangat berpengatuh terhadap kesehartan lainnnya, karena jika gusi anda terganggu anda akan kehilangan nafsun makan  yang akan membuat masalah lainnya timbul.

Kumur-kumur mulut anda dengan tambahan gel lidah buaya, gel ini sama efektifnya dengan chlorhexidube yang berfungsi mengurangi plak. Sesuai penelitian yang dilakukan menambah gel lidah buaya untuk berkumur dilakukan sebanyak 15-39 hari untuk hasil yang maksimal.

  • Mengandung senyawa tanaman yang sehat.

Lidah buaya adalah, tanaman tebal bertangkai pendek yang menyimpan air berbentuk gel di dalam daun-daunnya. gel inilah yang banyak digunakan dalam bahan pembuatan kosmetik, farmasi dan makanan, yang memiliki nilai jual yang tinggi. daunnya penuh zat seperti gel yang mengandung banyak senyawa bermanfaat.

  • Mengobati Penyakit Sariawan.

Sariawan merupakan salah satu penyakit yang menyerang mulut, meskipun sariawan tidak termasuk penyakit yang kronis tetapi penyakit ini sangat mengganggu apalagi ketika mengkonsumsi makanan, hal ini hanya akan memperburuk proses pencernaan makanan yang kita konsumsi. Biasanya penyakit ini berlangsung cukup lama sekitar 7-10 hari disertai rasa perih yang tidak reda.

Gel lidah buaya memiliki fungsi sebagai obat penyembuh penyakit sariawan yaitu dengan meneteskan gel pada bagian bibir yang terkena sariawan, pemakaian gel lidah buaya mampu menghilangkan rasa sakit dan mempercepat proses penyembuhan.

  • Memperbaiki wajah dan mencegah penuaan dini.

Pada penelitian yang dilakukan terhadap 30 wanita yang berusia diatas 45tahun membuktikan bahwa khasiat dari gel lidah buaya mampu memproduksi kolagen dan meningkatkan elastisitas kulit selama periode 90hari.

Hal ini membuktikan bahwa gel lidah buaya bukan hanya bermanfaat untuk penyembuhkan penyakit saja tetapi jugabermanfaat utnuk kesehatan kulit dan wajah. Cara pemakaiannya yaitu dengan melulurkan gel ke seluruh wajah (hindari daerah mata) diamkan beberapa menit, jangan terlalu lama karena akan membuat kulit wajah dehidrasi setelah itu lalu bilas dengan air.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *