Manfaat tape singkong bagi kesehatan, salah satunya melancarkan menstruasi

Siapa yang tidak mengenal makanan khas sunda satu ini? tape adalah jenis makanan permentasi yang berasal dari singkong yang memanfaatkan berbagai macam mikroorganisme dan ragi sebagai bahan fermentasinya. Mikroorganisme yang dimaksud adalah Rhizopus sp, amylomyces rouxii, saccharomycopsis fibuligera, bacillus sp dan pediococcus.

Banyak sekali orang yang memburu makanan ini untuk dijadikan  camilan rumah, rasanya yang manis asam sangat cocok dilidah terlebih dimakan saat cuaca dingin. Tetapi tahukah kamu jika tape memiliki kandungan yang bermanfaat bagi tubuh khususnya bagi kesehatan?

Mikroogranisme yang terkandung di dalam tape akan memecah menjadi kelompok gula yang lebih kecil. Setelah itu ragi yang menjadi bahan utama permentasi singkong akan menghasilkan enzim amilotik sehingga membuat lapisan gula sederhana. Gula-gula yang dihasilkan ini akan berubah bentuk menjadi alkohol. Kandungan alkohol inilah yang membuat aroma tape harum dan rasa khas yang menyengat.

Semakin lama tape disimpan semakin tinggi pula kadar alkohol yang dikandungnya. Meski terdengar kurang meyakinkan karena terdapat kandungan alkohol di dalamnya, akan tetapi kadar alkohol di dalam tape tidak bisa disamakan dengan alkohol yang sering menjadi penyebab penyakit, seperti minuman keras. Jelas, tape mengandung alkohol dari hari permentasi yang alami dan tidak mengandung efek yang berbahaya,dengan kata lain tape mengandung bahan ideal yang baik untuk tubuh.


Merasa tidak nyaman karena siklus menstruasi yang tidak menentu? Dapatkan solusi terbaik disini. Baca juga ⇓

Obat Pelancar Haid Paling Ampuh


Manfaat tape singkong bagi kesehatan

  • Mengobati jerawat
    Jerawat adalah noda membandel yang paling menganggu terlebih berada di daerah wajah. Dengan noda ini orang-orang akan kehilangan daya tarik dan ketampanan/kecantikan yang dimilikinya. Banyak sekali cara penyembuhan yang beredar seputar mengatasi jewarat. Namun hati-hati dalam pemilihan pengobatan, jangan sampai wajah anda malah menjadi korban keganasan obat yang membuat jerawat malah semakin meradang. Tape disebut-sebut sebagai obat jerawat yang cukup ampuh. Tidak ada salahnya untuk mencoba, selain bisa menikmati rasanya yang lezat kita dapat memperoleh manfaatnya untuk mengobati jerawat.
  • Makanan yang ideal untuk diet
    Tape mengandung karbohidrat yang sangat tinggi, dengan kata lain tape bisa dijadikan sebagai makanan pengganti nasi yang lebih simpel. Selain itu tape mengandung serat yang larut dalam air yang membuat organ pencernaan menjadi lebih baik.
  • Meningkatkan fungsi pencernaan
    Proses fermentasi tape dapat meningkatkan produksi asam laktat dan proniotik. Kedua zat ini bermanfaat untuk meningkatkan sistem pencernaan dengan melawan semua jenis bakteri yang mencoba masuk kedalam tubuh.
  • Mencegah anemia
    Anemia merupakan penyakit yang disebabkan karena turunnya produksi sel darah merah sehingga tubuh menjadi lemah. Tape merupakan makanan paling ideal untuk penderita anemia. Mikroorganisme yang terkandung di dalamnya mampu meningkatkan produksi vitamin b12.
  • Melancarkan menstruasi
    Menstruasi adalah siklus bulanan yang pasti terjadi pada wanita dimulai dari umur 9 thn. Semakin tua umur seseorang biasanya mengalami siklus menstruasi yang tidak teratur. Bukan orangtua saja bahkan anak-anak remaja hingga dewasa pun banyak yang mengalami kasus menstruasi yang tidak lancar. Salah satu pengobatannya yaitu dengan mengkonsumsi tape.
  • Mengobati darah tinggi
    Kekurangan atau bahkan kelebihantensi darah sama-sama memiliki resiko yang besar bagi kesehatan. Darah tinggi dapat memicu datangnya penyakit yang sangat berbahaya seperti jantung. Jika anda memiliki riwayat darah tinggi konsumsilah tape untuk mengatasinya. Tape berfungsi untuk mengatur tekanan darah, menjaga detak jantung dan memelihara kesehatan pembuluh darah.

Manfaat tape yang saya sebutkan hanyalah sebagian dari banyaknya manfaat yang ada. Jadi, apakah anda tertarik untuk mengkonsumsi tape? Jika Ya. Maka hal yang harus anda perhatikan adalah pengkonsumsian yang stabil dan tidak berlebihan.Pengkonsumsian tape yang berlebih justru akan mengakibatkan perut sakit karena efek alkohol yang dikandungnya.

Selain itu orang-orang tertentu tidak dengan mudah mengkonsumsi tape mengingat kandungan alkohol yang bisa saja membuat mabuk ketika dikonsumsi berlebihan, maka untuk anak-anak, balita dan orang dewasa yang memiliki gangguan kekebalan tubuh dilarang untuk mengkonsumsinya.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *