Melatih ketajaman mata dengan latihan sederhana ini

Setiap organ memiliki fungsi masing-masing yang tidak bisa di samakan. Semuanya bekerja pada bagiannya masing-masing. Sederhananya, ketika mata kelilipan, kita tidak bisa menyuruh kaki untuk menggantikan fungsi mata. Sebaliknya, ketika kaki cedera, kita tidak bisa menggunakan mata untuk melakukan tugas kaki. Bukan begitu?

Tidak ada yang lebih penting, semuanya sama-sama penting dan dibutuhkan, justru kita yang harus menjaga kesehatan semua organ dengan baik. Namun, faktanya, kebanyakan dari kita hanya mengutamakan salah satu organ saja yang dianggap penting. Apakah ini salah? Jelas salah, terlalu berfokus pada satu kesehatan organ saja, membuat organ lain terbaikan, akibatnya munculah berbagai gangguan.

Organ apa yang sering mendapat pengabaian paling tinggi? Mata. Kesehatan mata paling sering mendapat pengabaian yang tinggi, bahkan banyak diantaranya menganggap lucu kesehatan mata dengan melakukan berbagai kebiasaan yang tidak sehat. Misal, menonton TV dari jarak dekat, menggunakan gadget di tempat gelap, membaca buku sambil tiduran dan beberapa kebiasaan lainnya.

Sering tidak disadari, kebiasaan tersebut dapat merusak mata dengan perlahan. Seseorang akan sadar telah melakukan kebiasaan yang salah ketika mata yang dimilikinya telah mengalami gangguan. Seseorang akan merasa terlambat ketika mata yang dimilikinya sudah tidak berfungsi dengan baik.

Bagaimana cara menjaga kesehatan mata dengan benar?

Seharusnya kita menyadari, mata memiliki peran sangat penting untuk menunjang kehidupan. Tanpa mata, kita tidak bisa melakukan aktivitas sehari-hari dengan lancar. Lalu mengapa masih banyak orang yang mengabaikan hal ini? Bukan tidak memperdulikan, hanya saja sulit keluar dari kebiasaan buruk tadi. Bagaimana cara meminimalisir hal ini?

Lebih menyadari faktor yang dapat beresiko buruk bagi kesehatan. Tentunya, dengan menghilangkan kebiasaan buruk tadi, menggantinya dengan kebiasaan yang lebih menyehatkan. Lalu bayangkan jika suatu saat matamu mengalami penurunan fungsi, bukannya hal tersebut akan sangat di sayangkan? karena itulah, sadari sejak dini.

Lalu, bagaimana dengan mereka yang sudah mengalami gangguan? Tidak pernah ada kata terlambat bagi mereka yang mau berusaha. Meski sudah di vonis mata minus atau silinder sekalipun, ini bukan menjadi alasan akhir bagi kamu untuk menyerah. Masih banyak cara yang bisa kamu lakukan sebelum gejala yang ditimbulkan semakin parah. Bagaimana caranya? Dengan melatih kesehatan mata secara rutin.

Mengapa ini harus dilakukan? Sebab, tanpa kita sadari kita tengah bergelut dengan berbagai rutinitas yang dapat merusak kesehatan mata tanpa disadari. Selain karena kebiasaan buruk tadi, beberapa hal seperti penuaan, asap mobil/chlorine, debu, genetika, tuntutan profesi untuk menghadapi layar komputer selama berjam-jam merupakan contoh dari rutinitas yang dapat merusak kesehatan mata. Bagaimana cara melatih kesehatan mata?

BANTU TAJAMKAN PENGLIHATAN ANDA DENGAN

Eye Care Softgel,

Solusi Menjaga Kesehatan Mata

Latihan sederhana untuk melatih ketajaman mata

  • Latihan Palming

Gosokan kedua tangan secara menyeluruh hingga terasa hangat. Lakukan ini minimal 20 menit. Setelah melewati waktu itu dan telah merasa hangat, lalu arahkan tangan ke mata. Tidak harus menempel/menyentuh mata. Arahkan tangan sejajar dengan dahi. Saat melakukan latihan ini buatlah diri senyaman mungkin, rileks. Lanjutkan latihan sekitar 2 sampai 3 menit.

  • Latihan Scanning

Cari lokasi dimana anda bisa mengamati seluruh ruangan dengan jelas, misalnya di sudut ruangan. Nah perhatikan sekitar ruangan lalu amati setiap benda dengan detail satu per satu. Lakukan latihan ini selama 2 menit lalu hentikan jika sudah merasa tidak nyaman. Ulangi jika memang kamu benar-benar siap.

  • Temple massage

Teraphy ini sudah akrab sekali dikenal karena efek yang menyehatkan setelahnya tentu harga teraphy massage tidaklah murah. Nah bagi kamu yang ingin menjaga kesehatan mata dengan massage murah, kamu bisa melakukannya sendiri. Caranya, Pijat sisi kepala (area dekat mata) tutup mata anda dan buatlah diri senyaman mungkin. Latihan ini dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah melalui saraf optik yang dapat mentransmisikan informasi visual dari retina ke otak.

  • Latihan pijatan mata

Pertama-tama, siapkan semangkuk air panas dan air dingin secara terpisah. Letakan kain cuci di setiap mangkuknya.Celupkan kain cuci ke dalam air panas, lalu tempelkan kain ke mata selama 30 menit. Lakukan hal yang sama dengan air dingin. Tempelkan kain minimal selama 2 menit. Latihan ini dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah melalui saraf optik yang dapat mentransmisikan informasi visual dari retina ke otak.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *