Mengalami masalah kesuburan pada wanita? ini penyebabnya menurut dokter

Melakukan hubungan intim bukan hanya bertujuan untuk sekedar melampiaskan hasrat saja, meskipun memang banyak yang demkian, namun banyak juga pasangan suami istri yang giat melakukan hubungan intim hanya karena satu tujuan mulia yakni ”memiliki keturunan”. Cara mendapatkan keturunan (hamil) memang melalui proses hubungan intim, namun giat atau tidaknya melakukan hubungan intim sama sekali tidak berpengaruh terhadap pertumbuhan janin di dalam rahim sang istri. Terlalu giat melakukan hubungan intim malah yang tidak sehat.

Bisa kita sadari, banyak pasangan suami istri yang sudah bertahun-tahun menikah tetapi belum dikaruniai keturunan. Apakah masalahnya karena hubungan intim mereka yang tidak berkualitas? Tidak. waktu bertahun-tahun tidak sebentar, mereka tentunya sudah memaksimalkan diri dalam proses kehamilan termasuk memaksimalkan kegiatan intim. Lalu apa masalahnya?

Penyebab kemandulan menurut ahli medis yakni terjadinya masalah kesuburan pada pria ataupun wanita atau bahkan keduanya. Masalah kesuburan disebabkan oleh terganggunya sistem repsoduksi (pria atau wanita). Masalah kemandulan sering sekali dikaitkan dengan wanita, menurut survei pihak istri memiliki 40% tingkat kemandulan dibanding suami yang memiliki persentase 20%.

Mengapa wanita memiliki persentase kemandulan yang lebih tinggi?

Seperti yang sudah sering kita dengar, wanita sering sekali disebut-sebut sebagai pihak yang paling berpotensi tinggi mengalami kemandulan dibanding pria. Ini mungkin terdengar tidak adil, sebab banyak pasangan di luar sana yang mengalami permasalahan ini karena pria yang justru lebih dominan mengalami mandul. Baca juga : Pilose antler capsule, meningkatkan fungsi seksual pria maupun wanita

Lalu mengapa persentasi ini lebih dominan terhadap wanita? karena wanita lah yang mengalami serangkaian proses kahamilan dari pembuahan hingga kelahiran, jadi wajar saja jika wanita disebut-sebut sebagai pihak yang memiliki resiko kemandulan yang lebih tinggi dibanding pria. Wanita memiliki tanggung jawab yang penuh sebagai tempat pembuahan janin. Karena itulah wanita sangat rentan sekali menghadapi permasalahan ini.

Selain itu banyak sekali faktor-faktornya, misalnya ketika istri sedang mengandung. Lalu wanita tersebut mengalami kecelakaan, resiko yang akan dialaminya yakni keguguran hingga terjadinya kerusakan pada organ rahim, yang membuat wanita sulit hamil kembali nantinya. Atau mengidap penyakit tertentu yang mengharuskan dilakukannya pengangkatan rahim sehingga kelak tidak bisa memiliki keturunan lagi.

Lalu bagaimana dengan wanita yang mengalami kemandulan alamiah?

Kemandulan wanita tidak selalu dikaitkan dengan kecelakaan dan gangguan penyakit tertentu saja, adanya gangguan organ reproduksi juga bisa menyebabkan kemandulan wanita secara alamiah. Kesuburan wanita dilihat dari ada atau tidaknya sel telur di dalam tubuh. Bagaimana cara kita mengetahuinya?

Produksi telur terjadi sebulan sekali, atau yang sering kita alami dengan istilah menstruasi. Siklus menstruasi menjadi tanda bahwa tubuh dalam keadaan subur dan bisa dibuahi. Anda bisa memperhatikan siklus menstruasi yang anda alami, jika terjadi gangguan misalnya 3 bulan sekali dengan darah yang sedikit maka sudah pasti anda mengalami gangguan sistem reproduksi yang harus segera di atasi.

Bagaimana proses menstruasi yang normal?

Selama proses menstruasi, sistem reproduksi akan memproduksi sel telur, mematangkan telur hingga mengeluarkan telur yang masih setengah matang. Proses ini terjadi dengan adanya bantuan dari kerjasama dari otak, indung telur, dan kelenjar buntu di otak yang disebut sebagai hipofisis. Apa itu hipofisis? Hipofisis yakni proses pengeluaran hormone gonadoptropin yang terdiri dari hormon FSH (follicle stimulating hormone) dan LH (luteinizing hormone).

Hormon FSH memiliki fungsi mempercepat pematangan telur, sedangkan LH menyempurnakan proses pematangan telur hingga dapat mendekati permukaan indung telur untuk dilepas. Jika tidak terjadi pembuahan dalam waktu 24 jam, sel telur ini akan mati. Ketika siklus menstruasi selesai, ini adalah kesempatan yang baik bagi pasangan untuk mengalami pembuahan, karena istri dalam keadaan subur dan siap dibuahi. Sayangnya, meskipun telah melakukan eksperimen ini pembuahan sering mengalami kegagalan. Hal ini mungkin disebabkan oleh faktor-faktor tertentu yang harus anda ketahui.

Apa saja faktor-faktor penyebab kemandulan alamiah menurut dokter?

  • Berat badan tidak ideal. porsi badan juga bisa menjadi salah satu faktor penyebab kemandulan pada wanita tubuh mengandung enzim aromatase yang dibutuhkan untuk memproduksi hormon estrogen. Sesuaikan berat badan dengan tinggi badan, jangan kegemukan atau kekurusan.
  • Sumbatan pada saluran telur. Disebabkan oleh pelengketan sekitar saluran telur, biasanya diakibatkan pernah terkena IMS dan radang panggul sehingga menghambat pertemuan sel telur dan sperma.
  • Faktor usia. Kesuburan akan menurun seiring berjalannya waktu. Ketika memasuki usia 35 tahun ke atas cadangan sel telur akan berkurang setiap kali menstruasi hingga lama kelamaan habis pada saat menopause.
  • Menopause prematur. terhentinya¬† siklus menstruasi dan folikel ovarium yang menyusut sebelum usia 40 thn. Kelainan ini bisa dipicu oleh imunitas, radioterapi, kemoterapi dan merokok.
  • Tumor pituitari. Tumor ini akan merusak sel-sel pelepas hormon di kelenjar pituitari yang membuat siklus menstruasi terhenti pada wanita.

Banyak sekali faktor-faktor penyebab kemandulan (sulit hamil) yang terjadi pada wanita, untuk mengetahui masalahnya anda bisa langsung konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan pemahaman agar tahu bagaimana cara menanganinya. Baca juga : Ovary Nutrition Capsule, Membantu Menyuburkan Kandungan

Ingat satu hal bahwa kemandulan tidak selalu ditujukan hanya pada kaum wanita. Masalah kesuburan bisa saja terjadi akibat terganggunya sistem reproduksi pada wanita dan terjadinya penurunan kualitas dan kuantitas sperma pada pria (keduanya). Mengalami permasalahan sistem reproduksi pada keduanya mungkin lebih sulit lagi untuk diatasi. Untuk itu lakukan pemeriksaan keduanya. Pilose antler capsule, meningkatkan fungsi seksual pria maupun wanita

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *