Mengapa minus mudah bertambah? Lakukan pencegahan ini

Populasi orang dengan mata minus rasanya sudah tidak terhitung lagi. Bisa kita lihat sendiri, bahkan anak-anak saja sudah banyak yang mengalaminya. Mengapa demikian? karena mata itu organ yang sangat sensitif, kenyataan ini tidak di seimbangi dengan pola hidup yang benar. Itulah mengapa mata minus dengan mudahnya menyerang tubuh seseorang.

Anda mungkin tidak sadar kegiatan seperti menatap layar komputer tanpa mengedip sering, main gadget seharian, main gadget sambil tiduran, membaca sambil tiduran merupakan kebiasaan-kebiasaan yang dapat merusak ketajaman mata anda. Apa yang terjadi? tiba-tiba mata anda divonis minus tinggi atau bahkan silinder.

Gejala bila mata akan minus

  • Mata terasa tegang
  • Mata terasa lelah
  • Sakit kepala
  • Sering mengucek mata
  • Mata sering berkedip
  • Kesulitan saat melihat sesuatu dari jarak jauh namun jelas saat melihat jarak dekat
  • Memicingkan mata saat melihat sesuatu
  • Kesulitan melihat saat mengendarai kendaraan
  • Perlu duduk dekat dengan papan tulis (miopia pada anak) untuk melihat jelas
  • Ketika menonton televisi harus dekat agar dapat terlihat jelas

Hal yang paling sering dikeluhkan penderita adalah ”kenapa minus saya terus bertambah” Ya, seperti yang bisa kita lihat sendiri bahwa, penggunaan kacamata dan soflens terkadang masih belum mengatasi permasalahan mata.Pembesaran yang tidak disadari disebabkan oleh faktor pola hidup yang dibiarkan, seperti kebiasaan yang sudah saya sebutkan sebelumnya.

Sinar yang direfleksikan dari sebuah objek masuk ke mata melalui kornea, kemudian difokuskan oleh lensa mata ke retina. Pada mata normal, lensa mata dan kornea membiaskan cahaya yang masuk sehingga bayangan objek difokuskan tepat di retina. Sedangkan pada mata minus, cahaya yang masuk tidak fokus di retina, namun jauh di depannya. Hal ini dapat disebabkan oleh karena kornea terlalu cembung atau panjang bola mata yang terlalu besar. Sehingga jika Anda memiliki mata minus, pada saat melihat objek dari jarak jauh, objek akan terlihat tidak fokus.

Mengapa mata minus mudah bertambah?

Anda merasa aman sudah menggunakan soflens atau kacamata

Keyakinan inilah yang membuat minus mata anda terus bertambah. karena sudah merasa aman menggunakan kacamata. anda mungkin tidak lagi menghiraukan larangan untuk menatap layar komputer lama-lama,sering main gadget, atau baca sambil tiduran, dengan alasan. “kan udah ada kacamata jadi aman”

Justru setelah anda mengenakan kacamata/soflens, penambahan/penebalan minus lebih beresiko lagi. Karena kenapa? saat mata sudah sinkron dan terbiasa dengan kacamata/soflens yang sudah anda pakai, lalu anda melakukan kebiasaan buruk tadi, mata harus menyeimbangi/menyesuaikan diri untuk menghadapi situasi tersebut. Terlalu memaksakan dan mata mulai lelah, akibatnya penembalan minus pun terjadi.

Apa yang harus anda lakukan agar minus tidak bertambah?

Setelah mengenakan kacamata atau soflens, bukan berarti tugas anda untuk melakukan perawatan mata jadi di abaikan. Justru saat seperti inilah yang paling menentukan. Antara apakah anda bisa lepas dari kacamata/soflens atau malah ketergantungan.

Apakah anda nyaman melakukan segala aktifitas dengan kacamata? tidak bukan? bukannya penggunaan kacamata dan soflens itu bertujuan untuk mengobati mata anda? lalu? hasilnya malah lebih buruk? makanya hilangkan kebiasaan burukmu dan lakukan perawatan mata yang baik dan benar.

  • Jaga jarak pandang. Untuk menonton televisi jarak pandangnya antara 50-100 cm. Sedangkan jarak ideal untuk membaca buku adalah 30 cm
  • Tidak sering buka lepas kacamata. Jadi dibuka pada saat-saat tertentu saja, misalnya mau tidur, mandi, olahraga, berenang dll.
  • Usahakan untuk tidur sesuai pola normal 7-8 jam per hari
  • Konsumsi makanan yang dapat menyehatkan mata

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *