Mitos atau fakta, Benarkah olahraga basket bisa membuat tubuh tinggi?

Faktor keturunan merupakan sesuatu yang tidak dapat dihindari, jika orangtua memiliki tubuh yang pendek (kecil) maka kemungkinan besar anak yang akan lahir memiliki tubuh yang kecil juga.Hal ini memang sudah dianggap umum, malah terkesan aneh ketika kedua orangtua berbadan pendek kecil sedangkan anak yang lahir memiliki postur tubuh yang tinggi besar.

Hal ini tentunya akan menjadi kontroversi meski memang keajadian ini bisa saja terjadi.Selain faktor keturunan, diri sendiri pun memiliki peranan yang penting dalam hal pertumbuhan badan. Keturunan bukan lagi alasan seseorang memiliki tubuh pendek, faktanya banyak orang yang beranggapan bahwa orang yang bertubuh pendek dan kecil identik dengan kurang gizi.

Meski memiliki keturunan tubuh pendek, tetapi tidak menutup kemungkinan jika kamu akan memiliki tubuh yang tinggi yakni dengan melakukan olahraga. Olahraga penunjang paling penting dalam hal kesehatan begitupula dalam memperbaiki postur tubuh, maka tidak heran jika atlit memiliki tubuh yang ideal. Maka pertanyaan ”benarkah basket bisa membuat tubuh tinggi” jawabannya adalah ”mungkin”.

Olahraga basket memiliki gerakan-gerakan dribbling (menggiring bola) passing (mengoper bola), overhead pass, chest pass, baseball pass, baounce pass, hook pas, under pass. Teknik pivot dan teknik shooting (memasukan bola ke ring). Gerakan tersebut dapat meregangkan otot kaki, tulang belakang, dan tulang kaki. Sehingga dengan memanjangnya tulang-tulang tersebut akan membuat tubuh menjadi tinggi.

Medis tidak pernah menyatakan dengan tegas jika olahraga ini mampu membuat seseorang menjadi tinggi. Takutnya, orang tersebut terlalu berharap dan memiliki keyakinan tersebut hingga ketika dia tidak mencapainya (tidak memiliki perubahan bentuk tinggi) maka dia akan merasa muak dan benci terhadap kegiatan olahraga.

Jadi berolahragalah tanpa berharap suatu harapan, olahraga dilakukan untuk menjaga kesehatan, itu sudah cukup. Hanya saja memang olahraga basket atau renang memang memiliki peluang yang tinggi untuk mempercepat pertumbuhan. Selain berharap terhadap berbagai jenis olahraga ini, seimbangkan pula dengan asupan nutrisi dan gizi yang cukup untuk tubuh. Sebab asupan gizi lah yang paling mempengaruhi pertumbuhan badan.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *