Mitos penyebab flu dan cara mengatasi gejala secara alami

Flu merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh virus influenza. Virus ini menyerang orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah. Kekebalan tubuh yang lemah membuat tubuh terinfeksi virus dengan mudah sehingga mengakibatkan serangan penyakit yang berkelanjutan. Penyakit ini memang sering menyerang saat musim hujan, inilah yang membuat orang berfikir bahwa flu disebabkan oleh pergantian cuaca.

Pada faktanya memang benar banyak yang terkena penyakit flu saat hujan, namun sebenarnya pergantian cuaca bukan penyebab utama penyakit flu, cuaca hanyalah perantara yang menyebabkan virus masuk dengan mudah. Seperti yang saya tegaskan sebelumnya jika flu disebabkan oleh kekebalan tubuh yang rendah. Jika memang benar flu disebabkan oleh cuaca, maka semua orang di muka bumi ini akan terkena flu saat musim hujan datang. faktanya, masih banyak orang yang melakukan rutinitas seperti biasanya tanpa gangguan apapun.

Cuaca hanyalah jalan menuju virus masuk ke dalam tubuh yang memiliki kekebalan yang rendah. Lucunya, banyak lagi isu yang beredar seputar penyebab flu muncul. Isu lainnya yaitu bahwa flu disebabkan oleh makan gorengan, oleh debu, kurang tidur, minum es.

Apakah orang yang memakan gorengan sesudahnya langsung mengalami flu? tidak kan? lalu mengapa seseorang mengalami hal tersebut? sistem kekebalan yang lemah memudahkan virus, bakteri dan kuman masuk dengan sesuka hati melalui gorengan yang mungkin telah terkontaminasi dengan virus atau sejenisnya maka orang dengan sistem kekebalan yang rendah dengan mudah terserang penyakit.

Mitos selanjutnya adalah paparan debu. Misalnya anda sedang menyapu halaman rumah, setelah menyapu apakah anda langsung terkena flu? Jangankan debu, virus dan bakteri yang ingin masuk saja akan kesulitan jika anda memiliki kekebalan tubuh yang kuat. Hal-hal tersebut hanyalah mitos yang membuat orang terus berifkir demikian. Pemikiran satu orang akan mempengaruhi seribu orang dan akhirnya mereka semua membernarkannya.

Berikut mitot-mitos penyebab flu yang menyebar di kalangan masyarakat

  • Kecapean
  • Terkena paparan debu
  • Kurang tidur
  • Minum es
  • Mengkonsumsi gorengan
  • Perubahan musim

Penyakit flu memang mudah sekali menular, penularannyapun masih sama yakni menuju orang yang memiliki kekebalan tubuh yang lemah. Namun terkadang orang berfikir bahwa penyakit flu mudah menular meskipun tanpa alasan. Pemikiran inilah yang terkadang membuat sebagian orang berusaha menjauh saat seorang mengalami flu. Misalnya ketika rekan anda sedang mengalami flu, anda langsung menjauh dan memberi jarak karena takut tertular.

Hal ini justru hanya membuat dia tersinggung.Percaya diri saja, jika anda merasa memiliki kekebalan tubuh yang kuat makan jangan khawatir dan berinteraksi seperti biasa saja.Meski telah memiliki kekebalan tubuh yang kuat, ada baiknya anda terus menjaganya dan melakukan pola hidup yang sehat secara rutin.

Jangan karena merasa memiliki tubuh yang kuat anda dengan bebas melakukan hal yang anda fikir menyenangkan. Ingat satu hal bahwa sekuat apapun sistem kekebalan tubuh yang seseorang miliki, ketahuilah bahwa serangan virus dan bakteri yang terlalu banyak dan tidak terbendung mungkin akan sulit dikalahkan oleh antibodi di dalam tubuh. Jangan terlalu menyepelekan dan tetap melakukan pola hidup yang benar.

Tips saat sedang mengalami flu

Menjaga kebersihan. Hal pertama yang perlu anda lakukan adalah dengan menjaga kebersihan tubuh, misalnya dengan rutin mencuci tangan. Tangan merupakan tempat paling efektif untuk bersarangnya kuman dan bakteri, sehingga saat mengkonsumsi makanan dengan tangan yang belum dicuci kita dengan mudah terserang flu atau penyakit lainnya.

Pebanyak minum. Minum air putih berfungsi untuk menetralkan racun yang bersarang di dalam tubuh, selain itu meminum air putih dapat melancarkan pencernaan dan peredaran darah, namun jangan terlalu berlebihan pula mengkonsumsinya sebab akan mengakibatkan perut kembung.

Sering berkumur. Sama halnya dengan tangan, mulut pun memiliki potensi penyebaran virus yang paling memungkinkan, terlebih virus flu lebih mudah masuk melalui lubang hidung dan rongga mulut. Untuk itu kita perlu memperhatikan kebersihan keduanya.

Istirahat yang cukup. yang paling penting dan wajib dilakukan yakni dengan memenuhi porsi istirahat yang cukup. Maksimalkan istirahat dengan jam yang normal, hilangkan dulu kebiasaan gadang yang biasa anda lakukan, Atau bahkan hilangkan saja dan mulai pola hidup yang baru yang lebih sehat.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *