Nyeri Haid Tidak Kunjung Sembuh, Tanda Penyakit Berbahaya

Nyeri Haid Tidak Kunjung Sembuh, Tanda Penyakit Berbahaya,-

Mentruasi termasuk siklus bulanan yang pasti dialami wanita yang sudah baligh. Mentruasi menjadi tanda jika rahim dalam keadaan yang subur dan siap dibuahi. Datangnya siklus menstruasi harusnya menjadi kebanggaan yang wajib di syukuri. banyak wanita diluaran sana  yang sulit mengalami menstruasi karena sistem resproduksinya tidak normal. Nyeri Haid Tidak Kunjung Sembuh, Tanda Penyakit Berbahaya

Nyeri Haid Tidak Kunjung Sembuh, Tanda Penyakit BerbahayaJangankan mensyukuri, yang ada banyak yang mengeluh sakit, bahkan hingga berontak karena rasa sakit yang harus ditahan. Memang sih ya, rasa sakit ketika haid itu suatu hal yang wajar dan pasti terjadi.

Sakit yang timbul berasal dari peluruhan darah di dinding rahim. Namun, rasa sakit yang di rasa terbagi ke dalam beberapa tahapan yang berbeda. Nyeri Haid Tidak Kunjung Sembuh, Tanda Penyakit Berbahaya

Ada yang meraskan sakit yang biasa saja (masih bisa ditahan) ada juga yang merasakan sakit yang luar biasa (terkadang hingga berontak) atau bahkan ada yang tidak merasakan sakit sama sekali. Mengapa berbeda-beda? Tingkat keparahan sakit haid juga bisa bisa dipengaruhi oleh kebiasaan atau pola hidup yang tidak sehat. Berikut beberapa penyebab nyeri haid yang harus kamu ketahui ;

  • Mengkonsumsi kadar gula yang terlalu tinggi. Ini menyebabkan kadar gula dalam darah jadi melonjak, dapat mempengaruhi emosi juga, terus mudah lesu. Makanan yang harus dihindari. Coklat, minuman bersoda, alkohol.
  • Terlalu banyak makan gorengan.Gorengan mengandung kadar lemak yang tinggi sehingga semakin banyak dikonsumsi kadar esterogen dalam tubuh pun meningkat. Beberapa contoh gorengan yang harus dihindari ayam crispy, kentang goreng, bakwan, tempe goreng, dsb.
  • Minuman berkafein. Kandungan kafein dalam minuman membuat pembuluh darah menyempit, hal ini memiliki resiko dehidrasi yang cukup parah. Dan masih banyak lagi.
Kontraksi rahim yang terlalu intens mengakibatkan supply oksigen ke jaringan otot rahim terhambat. Inilah yang menyebabkan sakit yang luar biasa ketika haid. Meski terbilang wajar, nyeri haid yang terlalu menyiksa juga harus diwaspadai, apalagi jika ini berlangsung lama bahkan melebihi masa haid itu sendiri. Jika begini, ini bisa menjadi suatu pertanda jika anda mengidap penyakit serius. 

Flek haid terus saja keluar dalam waktu yang lama? Coba obati dengan cara alami di bawah ini ↵

Cara Mengatasi Flek Haid Yang Berkepanjangan

Nyeri Haid Tidak Kunjung Sembuh, Tanda Penyakit Berbahaya

Nyeri Haid Tidak Kunjung Sembuh, Tanda Penyakit BerbahayaSalah satu penyakit yang mengalami gejala sakit perut saat haid adalah miom. Apa itu miom? Merupakan jaringan otot yang tumbuh secara abnormal (tumor) Pertumbuhan ini terjadi karena otot rahim berkembang secara berlebihan. Pertumbuhan miom tidak terasa karena sangat lambat.

Keterlambatan inilah yang membuat wanita tidak sadar jika dirinya terinfeksi. Gejala umum yang menjadi tanda seseorang mengidap miom biasanya dialami oleh wanita yang mengalami siklus haid yang tidak normal. Seperti jumlah darah haid yang banyak (tidak seperti pada umumnya) hingga harus berganti pembalut berhari-hari, juga disertai sakit yang sangat hebat saat haid (disminore)

Miom bisa tumbuh lagi walaupun telah diangkat. Oleh karena itu wanita harus menjaga kebersihan alat kelaminnya. Selain miom endometriosis pun mengalami gejala yang hampir sama yakni mual, muntah, sakit kepala, nyeri dibagian bawah perut dengan berlebihan. Jika endometriosis tidak segera diobati akan merusak alat-alat reproduksi perempuan hingga menyulitkannya untuk hamil,selain itu harus dilakukan pembedahan jika keadaan sudah semakin parah.

Tidak hanya itu saja, sakit haid yang parah bisa menjadi tanda organ tersebut mengalami PID (pelvic Inflammatory Disease) Yaitu infeksi pada organ reproduksi wanita. Selanjutnya yakni terdapat fibroid di uterus, apa itu fibroid? Sejenis tumor jinak yang tumbuh di uterus. Nyeri Haid Tidak Kunjung Sembuh, Tanda Penyakit Berbahaya

Jika sudah semakin parah, pendarahan fibroid bisa terjadi diluar siklus haid dengan rasa yang sangat sakit.Terlalu menganggap biasa sakit saat haid juga tidak dianjurkan ya. Pahami gejala yang sedang anda rasakan, jika mengalami gejala yang tidak normal segera lakukan pemeriksaan sebagai upaya pencegahan penyakit sejak dini. Nyeri Haid Tidak Kunjung Sembuh, Tanda Penyakit Berbahaya

Comment (1)

  1. healdia

    sangat bermanfaat pak

    Reply

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *