Obat pilek dan bersin-bersin akibat alergi yang sudah terbukti

Bersin menjadi gejala umum yang biasa terjadi di kalangan masyarakat. Apalagi, saat memasuki musim dingin. Hampir setiap penjuru kompleks rumah mengalami serangan bersin-bersin sampai flu parah.

Dikutip dari wikepedia, bersin yaitu keluarnya udara semi otonom yang terjadi dengan keras lewat hidung dan mulut. Udara ini dapat mencapai kecepatan 70 m/detik (250 km/jam).

Meski terbilang gejala ringan, bersin-bersin yang terus berkelanjutan bisa menjadi tanda serangan penyakit tertentu. Biasanya hal ini kita ketahui setelah mengalami bersin-bersin dengan periode jangka panjang. Bersin menjadi gejala (tanda) suatu penyakit tertentu. Seperti flu atau rhinitis. Apakah keduanya bisa dibedakan?Keduanya bisa dibedakan dengan mengamati gejala yang timbul. Apakah lebih menjurus ke gejala flu atau gejala rhinitis.

Menurut dr Erik Firman SpTHT, rinitis alergi dipicu paparan alergen yang memengaruhi respons sistem imun, sedangkan flu musiman dipicu virus dan ketahanan tubuh yang menurun. Dr erik juga menururkan bahwa keduanya bisa dibedakan melalui gejala yang timbul. Flu disertai gejala batuk yang sering, sedangkan rhinitis hanya sesekali saja. Saat flu anda tidak mengalami gatal di bagian mata, sedangkan rhinitis mengalaminya. Penderita flu juga mengalami sakit tenggorokan sedangkan rhinitis hanya merasakannya sesekali saja.

Perbedaan rhinitis vasomotor dan rhinitis alergi

Rhinitis memiliki 2 jenis yaitu rhinitis vasomotor dan rinitis alergi. Rhinitis vasomotor disebabkan adanya gangguan pada sistem saraf pengatur melebar dan menyempitnya pembuluh darah di hidung. Penyebabnya yakni gaya hidup yang tidak sehat seperti jarang olahraga dan asupan makanan yang tidak bergizi, kurang tidur atau memiliki daya tahan tubuh yang lemah.Rhinitis vasomotor juga bisa dipicu oleh perubahan suhu. Misal suhu di pagi hari yang menjadi dingin atau setelah kulit terkena sesuatu yang membuat suhu tubuh dingin.

Sedangkan, rhinitis alergi terkadang sulit di indentifikasi secara langsung. Ada kemungkinan anda memiliki alergi debu, spora jamur, serbuk sari, bulu hewan, berbagai jenis makanan atau hal lainnya. Anda bisa menyimpulkannya dengan memperhatikan apa yang anda konsumsi dan yang terjadi di sekitar. Gejala yang terjadi pada penderita rihinitis alergi. Lebih teliti karena gejalanya hampir spesifik dengan flu.

  • bersin
  • hidung berair, gatal
  • batuk
  • sakit tenggorokan
  • mata gatal dan berair
  • lingkaran hitam di bawah mata
  • sering sakit kepala
  • bisa muncul eksim

Obat untuk rhinitis alergi yang direkomendasikan dokter

Rhinitis tidak bisa disembuhkan tuntas sepanjang anda masih terkena dengan udara dingin, debu, kapuk atau alergi tertentu yang anda miliki (termasuk makanan) Yang dilakukan hanyalah dengan mencegah datangnya gejala dengan menjauhi faktor penyebabnya. Jika dalam keadaan darurat, anda bisa mengkonsumsi berbagai jenis obat dokter yang ditawarkan. Adapun obat-obat yang ada terutama diberikan untuk menghilangkan gejala, yaitu:

  • Obat antihistamin untuk alergi
  • Dekongestan untuk meredakan hidung tersumbat
  • Kortikosteroid
  • Imunoterapi jika alergi berat

Tips pola hidup sehat agar alergimu tidak kambuh lagi

Meski dinobatkan sebagai penyakit yang tidak bisa disembuhkan. Alergi bisa dihindari dengan mudah jika kita mau berusaha untuk melakukan pola hidup yang sehat. Jika pola hidup yang kamu lakukan sudah benar, maka kesehatan akan diraih dengan mudahnya. Apa yang harus anda lakukan?

  • Rutin berolahraga
  • Hindari makanan yang berpotensi
  • Pola tidur teratur
  • Jangan salah pilih obat

Obat kimia memberi efek menyembuhkan dengan cepat. Namun, hati-hati dengan jenis obat-obatan tertentu. Karena kesalahan pemilihan obat-obatan dapat memberikan dampak yang fatal bagi penderita. Bisa jadi, penderita justru mengalami alergi yang semakin parah.

Juga, meskipun sudah merasa cocok dengan salah satu jenis obat tertentu, jangan terlalu bergantung padanya karena, obat-obatan kimia memberikan efek kecanduan yang membuat anda terus ketergantungan. Lalu, adakah obat yang mampu menyembuhkan secara sempurna tanpa efek samping? Ketahui sendiri jawabannya.

Obat multikhasiat untuk berbagai penyakit termasuk rhinitis dan alergi lainnya QnC Jelly Gamat, Terbukti Cocok untuk Berbagai Penyakit

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *