Othello Syndrome, kelainan cemburu yang paling gila di dunia

Rasa cinta merupakan kebutuhan tersendiri yang harus kita miliki, cinta dari orang tua, saudara, teman-teman dan yang paling inti adalah pasangan hidup atau yang lebih kita sering sebut kekasih, tambatan hati atau pelipur lara atau semacamnya. Beberapa orang berpendapat bahwa hidup yang mewah tidak ada apa-apanya jika dijalani sendiri tanpa sosok kekasih.

Bisa kita lihat sendiri fenomena percintaan kini telah menerobos kaum remaja ingusan yang belum tahu menahu tentang jalin kasih yang sebenarnya, ada yang bilang itu mungkin hanya sekedar cinta monyet yang suatu saat akan basi juga. Meski dianggap begitu, mereka tetap bersikukuh menganggap bahwa memiliki seorang kekasih itu wajib atau sebuah keharusan.

Pasalnya, dengan adanyan sang kekasih hidup terasa lebih berwarna (pelangi). Padahal, romansa percintaan tidak selalu dihiasi dengan kata-kata bahagia saja, adakalanya kamu merasa jenuh, benci, kesal, marah, jengkel, atau bosan. Dan fenomena pacaran yang paling khas yakni ”cemburu”.

Jika saya lihat, hubungan pacaran zaman sekarang justru lebih intim dibanding pasangan yang sebenarnya (yang sudah halal). Mereka tanpa rasa malu saling tebar kemesraan, saling peluk, cium kening, cium kaki sampai cium ketiak, piknik bareng, berfoto, saling suap dan hal-hal menggelikan lainnya. Dan kelakukan yang paling menggilakan lagi adalah ‘sikap cemburu yang berlebihan”.

Apakah kamu sering cemburu terhadap pasangan? atau pasangan kamu sering mencemburuimu? rasa cemburu sebenarnya bukan masalah yang besar, justru ini menjadi tanda bahwa kamu benar-benar mencintainya, atau dia benar-benar mencintaimu. Benarkah? faktanya cemburu yang berlebihan pun bisa memberi efek yang negatif terhadap hubungan yang dijalin.

Rasa cemburu yang berlebihan merupakan gejala yang serius

Hati-hati terhadap sikap kekasih (pacar ataupun pasangan) yang terkesan berlebihan, misalnya melarang kamu pergi ke luar, tidak membiarkan kamu bergaya, marah ketika kamu keluar padahal nganter ibu, tidak boleh berbicara dengan lelaki/wanita lain padahal itu saudaramu sendiri, tidak boleh pakai wangi-wangian, tidak boleh berfoto dengan oranglain, marah ketika telat balas BBM, WA, SMS, telpon atau masenger.

Dan beberapa sikap menggelikan lainnya. Mungkin kamu sempat tahan dengan sikap ini dan menganggapnya sebuah perhatian, sebatas marah pun masih terbilang wajar. Tetapi, bagaimana jika rasa cemburu ini dibarengi dengan sikap yang aneh seperti pasang pendeteksi perselingkuhann (kalo ada) sampai tindakan penganiayaan seperti  potong jari, nusuk pakai pisau atau bahkan mutilasi.

Apa kamu masih menganggapnya suatu prilaku biasa? Tidak, rasa cemburu yang berlebihan hingga adanya unsur kekerasan merupakan kecemburuan diluar batas wajar. Menurut ilmu kedokteran hal ini disebut dengan istilah Othelo Syndrom.

Apa itu Othelo Sindrom?

Othello syndrome adalah kelainan emosi dimana seseorang merasa yakin bahwa pasangannya tidak setia atau selingkuh, meskipun tanpa memiliki bukti yang jelas. Lebih mudahnya disebut kecemburuan yang tidak wajar, bukan hanya itu saja, penderita othelo sindrom juga bisa melakukan tindakan yang tidak sehat seperti kekerasan dan bentuk perlakuan yang berlebihan kepada pasangannya. Bahkan, banyak penderita othelo yang membunuh pasangannya karena rasa curiga tersebut.

Masih ingat tidak dengan kasus pembunuhan Ade Sara Angelina Suroto (19) oleh mantan kekasih dan pacar dari mantan kekasihnya tersebut, Ahmad Imam Al Hafitd (19) dan Assyifa Ramadhani (19) serta babak belurnya Elmy Hidayati (19), mahasiswi Sekolah Tinggi Ilmu Keperawatan Banyuwangi yang dipukuli oleh mantan kekasihnya. Itu merupakan tindak kriminal yang dilakukan oleh penderita othello syndrom yang terjadi di negara kita tercinta ini.

Bagaimana ciri-ciri penderita othelo syndrom?

Setelah membaca uraian diatas anda mungkin sempat ketakutan dan berfikir untuk mencari info tentang ”seperti apa sih orang yang punya kelainan othelo” ade sara merupakan contoh kasus yang harus kita ambil satu hikmah yakni ”cari pasangan yang normal” meski hati telah berlabuh kepadanya, cobalah untuk cari tahu dia lebih dalam sebelum menjalin hubungan yang lebih serius. Bukan hanya hati saja yang akan mati, tapi nyawa juga ikut terancam, untuk itu perkenalan diri sangatlah penting, jangan sampai ketika sudah berhubungan barulah kamu tahu dia mengidap othelo syndrom.

Percayalah ini akan menjadi derita yang tidak berujung. Sayangnya, penderita othelo tidak memiliki tanda-tanda yang khusus seperti misalnya memiliki tompel di jidat yang bertuliskan ”aku othelo” atau sekedar inisial huruf O saja. Tidak, mereka sama seperti kita. Lalu darimana kita tahu seseorang mengidap kelainan aneh ini? setelah mengenalnya cukup dekat, atau sudah menjalin hubungan dengannya, perhatikan sikapnya apakah wajar atau tidak, berikut beberapa sikap othelo yang harus anda ketahui

  • Menuduh pasangan berselingkuh
  • Melarang pergi kecuali dengannya
  • Selalu menginterogasi pasangan
  • Mencari bukti perselingkuhan meskipun hanya potongan kuku
  • Menguntit pasangan
  • Selalu memantau kegiatan pasangan
  • Komunikasi 24 non stop
  • Memberi hukuman ketika pasangan ketahuan selingkuh
  • Mengancam akan membunuh

Apakah pasangan anda memiliki ciri-ciri tersebut?

segera tinggalkan dan cari yang lebih baik. Ketika dicemburui kita mungkin akan senang bahkan berjingkrak-jingkrak kegirangan. Namun bukannya terlalu ektrim jika cemburu yang timbul berlebihan seperti itu? Percayalah, hubungan percintaan tidak akan langgeng jika selalu ada penekanan yang berlebihan.

Tidak harus seperti air juga yang mengalir begitu saja alias datar, tapi saling berbaur saling menyeimbangi, cemburu boleh tapi masih dalam batas wajar dan manja. Jika anda yang sering menunjukan sikap tersebut, maka anda lah yang harus  segera lakukan penanganan diri dengan melakukan teraphy pada ahli psikolog. Usahakan untuk tidak berhubungan dulu dengan seseorang sampai anda benar-benar sembuh.

Atau ubah minset anda ”jika dia mencintai saya, dia akan pulang kembali hari ini, esok, dan seterusnya” dengan pemikiran seperti itu anda akan terlihat lebih dewasa dan elegan. Dalam hubungan percintaan rasa cemburu merupakan bumbu yang pasti ada, namun jika kecemburuan yang dialami termasuk kecemburuan yang tidak sehat maka pasangan pun akan menunjukan respon yang buruk dan semakin tertutup, ini hanya akan memberi lingkaran baru bagi mereka untuk benar-benar selingkuh.Semakin kuat anda menggenggam sesuatu maka semakin kuat pula ia pecah, semakin longgar anda menggenggam sesuatu, maka semakin besar kemungkinan ia terbang.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *