Pemakaian 5 jenis bahan ini bisa sebabkan kanker, salah satunya botol air mineral

Rasanya telinga kita sudah tidak asing lagi mendengar berbagai macam penyakit yang bermunculan sekarang ini. Misalnya saja kanker. Kemunculan penyakit kanker yang dengan mudah memburuk membuat kita ketakutan sendiri mengatasinya, tidak hanya berbatas pada satu atau dua penyakit saja, bahkan hampir setiap organ di dalam tubuh memiliki resiko terinfeksinya jenis kanker.

Misalnya saja kanker hati, kanker paru-paru, kanker kulit, kanker usus, kanker tenggorokan dan berbagai jenis kanker lainnya. Sebelumnya kesehatan dunia WHO menyatakan bahwa jenis daging merah, sosis dan berbagai jenis daging olahan bisa memicu terinfeksinya penyakit kanker.

Pernyataan ini mungkin akan menakutkan sendiri bagi kita, namun sebenarnya yang membuat makanan tersebut tidak sehat adalah campuran bahan tambahan yang dimasukan ke dalam jenis makanan tersebut. Misalnya saja sosis yang telah tercampur bahan pengawet, pengenyal da pewarna kimia yang merusak protein dan kandungan gizi lain di dalam daging yang sebenarnya sangat diperlukan oleh tubuh.

Penyebab kanker tidak melulu disebabkan oleh berbagai jenis daging saja,tanpa kita sadari kebiasaan yang umum kita lakukan juga ternyata memiliki resiko yang sama untuk memicu datangnya penyakit kanker.Selain daging, ada baiknya kita ketahui lebih banyak penyebab kanker yang mungkin saja sering anda lakukan setiap hari, nah dengan pengetahuan yang cukup kita mungkin bisa meminimalisirnya.

Salah satu contohnya yakni selain memperhatikan jenis makanannya kita juga harus mengamati jenis bahan kemasannya, karena meskipun makanan tersebut dinilai baik dan bergizi bisa jadi karena efek kemasannya yang berbahaya akan memberi efek juga terhadap makanan tersebut. Selain itu banyak hal lain yang wajib kita ketahui. Apa saja itu?

Selain daging apa saja yang beresiko timbulkan kanker?

 

Bekas botol air mineral

Banyak dari kita yang lebih memilih meminum air mineral kemasan untuk lebih memudahkan pengkonsumsian. Setelah habis meminumnya biasanya botolnya dikemanakan? sebagian orang mungkin akan membuangnya, tetapi tidak sedikit juga yang kembali menggunakannya berulang kali. Perlu kita ketahui bahwa bekas botol air mineral hanya boleh digunakan maksimal dua kali pengisian saja. Jika dipakai terus menerus ini sangat tidak baik.

Bahan botol plastik mengandung polyethylene terephthalate atau PET yang mengandung zat karsinogen pemicu kanker. Jadi untuk menyimpanannya juga harus diperhatikan jangan disimpan di tempat yang terkena matahari langsung ini akan semakin mempermudah lunturnya zat karsinogen di dalam botol kemasan tersebut. Ada baiknya gunakan air yang dimasak sendiri, jika pun tidak sempat minum air tersebut satu kalisaja lalu buang saja kemasannya.

Plastik transparan

Hampir semua makanan menggunakan palstik transparan sebagai wadah penyimpanannya, jenis plastik transparan memang sangat disukai para pedagang soalnya harganya lebih ekonomis dan bisa menguntungkan juga dalam penjualan. Tapi kita lah yang harus lebih pintar, perlu kita ketahui bahwa plastik transparana tau jenis plastik lainnya mengandung bisphenol A (BPA), sebuah senyawa kimia pemicu kanker.

Makanan kaleng

Zat karsinogen meliputi semua jenis makanan yang telah diawetkan termasuk makanan kaleng. Sama hal nya seperti plastik, kaleng juga memiliki kandunga BPA yang beresiko menyebabkan kanker. Untuk itulah lebih dibatasi pengkonsumsiannya atau bahkan menjauhinya. Pengkonsumsian makanan kalengan memang lebih efektif juga menghemat waktu, tetapi jika ini terlalu dibiasakan nantinya anda ketergantungan juga sehingga tidak baik bagi kesehatan.

Teflon

sudah tau teflon? ini merupakan jenis wajan anti lengket yang disukai ibu-ibu. Kenapa wajan ini bisa lebih istimewa dibanding wajan biasanya? yang jelas bahan yang digunakan telfon ditambah kandungan kimia yakni PFOA. Ini merupakan zat yang bereaksi jika suhu wajan sangat panas atau lapisan luarnya rusak/tergores. Jadi wajan istimewa ini telah ditambahan zat tersebut. Meski dianggap nyaman digunakan saat memasak, penggunaan wajan jenis ini beresiko mencemari makanan yang dimasaknya.

Air kolam renang

Kolam renang merupakan tempat yang paling efektif untuk menyebarkan penyakit. Terlebih jika di kolam umum, bakteri dan berbagai jenis virus bisa dengan mudah menginfeksi tubuh. Apalagi pembersihan kolam biasanya menggunakan klorin yang dapat memicu kanker. Ketika zat itu tertelan tubuh dengan jumlah yang banyak maka akan menyebabkan terjadinya mutasi DNA secara permanen di dalam tubuh.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *