Pemakaian tas ransel yang salah bisa berakibat fatal bagi kesehatan

Diantara banyaknya bentuk tas yang beragam bentuk tas ransel merupakan andalan dan yang paling diminati oleh anak-anak sekolahan. Bukan tanpa alasan, pasalnya bentuk tas ransel sangat efektif untuk membawa peralatan sekolah, juga karena bentuknya yang seimbang (terdapat dua tali untuk pundak) alasan ini lah yang membuat mereka tetap mengidolakan tas ransel sebagai kebutuhan yang ”wajib” mereka miliki.

Sebelumnya, apakah ada yang menyangka jika tas ransel dapat berpengaruh bagi kesehatan? tentunya ”TIDAK”. Hampir semua orang mungkin tidak akan mempercayai hal ini, atau mungkin mereka menganggapnya sebuah lelucon saja.

Meskipun begitu, fakta lain menyatakan bahwa pemakaian tas ransel yang salah dapat mempengaruhi kesehatan. Hal ini tidak dapat di pungkiri lagi karena dokter pun telah menyatakan demikian.

Mengapa tas ransel dapat mempengaruhi kesehatan?

Bentuk tas ransel yang ideal untuk menyimpan banyak barang sering di manfaatkan  pengguna untuk menyimpan beranekaragam peralatan sekolah. Dimulai dari buku kecil, buku sedang hingga buku paket yang ukurannya 4xlipat dari ukuran buku catatan. Ditambah lagi beberapa peralatan tambahan seperti kaos olahraga, buku les dan laptop. Sudah pasti ukuran tas menjadi sangat berat dan mau tidak mau setiap hari anda harus bercengkrama dengan tas gendut yang wajib anda bawa ke sekolah.

Kasus seperti inilah yang dapat mempengaruhi kesehatan anda. Mengapa demikian? tas yang berbobot berat akan mempengaruhi persendian pada bagian punggung dan pundak anda sehingga mengakibatkan nyeri bahu, nyeri punggung dan cedera otot dan sendi dan perubahan postur tubuh. Jika hal seperti ini dibiarkan maka akan berakibat fatal bagi kesehatan.

Apakah anda sering merasakan pegal saat sepulang sekolah? apakah anda merasa ada perubahan pada bagian punggung anda? Hati-hati. Bisa jadi ini diakibatkan oleh tas yang ransel yang sering anda pakai. Pundak yang menopang beban setiap hari bisa memungkinkan punggung berubah bentuk menjadi membungkuk akibat beban yang terlalu berat.

Lalu, bagaimana cara mengantisipasinya?

Bukan hanya memperhatikan asupan makanan anaknya saja, orang tua memiliki kewajiban untuk memberikan fasilitas yang terbaik bagi anaknya. Bukan dalam finansial, melainkan kebutuhan anak yang wajib dipenuhi orangtua salah satunya peralatan sekolah. Pemilihan tas yang salah dapat berakibat fatal yang dapat memberi peluang anak untuk cedera. Intinya para orangtua wajib memperhatikan mana yang baik untuk anaknya dan mana yang harusnya dihindari.

Namun, bukan berarti anda tidak boleh menggunakan tas ransel dan harus di musnahkan dari muka bumi ini. Pada dasarnya, jika kita melakukan pemilihan dan penggunaan yang benar hal sebesar apapun tidak akan berdampak suatu yang berbahaya.

Berikut tips pemilihan dan penggunaan tas yang tepat

  1. Pilihlah ukuran ransel yang sedang dan tidak melebihi punggung. Hal ini bertujuan agar isi ransel digunakan sesuat bentuknya. Tas yang terlalu besar membuat mereka berfikir untuk ikut memasukan barang yang tidak penting ke dalam tas nya agar penuh. Sedangkan jika tas lebih kecil mereka akan meminimalisir barang-barang yang harus mereka bawa.
  2. Berat yang ditampung ransel tidak melebihi 10 persen dari tubuh anak. Ringankan isi ransel dan gunakan tas jingjing untuk menampung barang yang berat. Hal ini bertujuan untuk menghindari cedera pada pundak.
  3. Pilihlah jenis ransel yang berbahan ringan  dan memiliki tali pinggang untuk menyeimbangkan berat ransel. Atau jenis ransel yang memakai roda sehingga memudahkan ketika membawa isi ransel yang berat.
  4. Jangan membungkuk saat menggendong ransel, hal itu akan beresiko perubahan postur tubuh, selain itu hindari mengambil sesuatu yang jatuh sambil menggendong ransel. Jika ingin mengambilnya tekuk kedua lutut untuk menghindari cedera punggung.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *