Pengaruh buruk stress terhadap kesehatan mental dan fisik

Emosi, marah, konflik merupakan hal yang manusiawi terjadi kepada setiap orang. Yang menjadi pembedanya mungkin sebagian orang bisa mengatasinya dengan cepat, dan sebagian lagi cenderung memiliki kesulitan untuk mengatasinya sehingga timbul stress.

Stress merupakan gejala umum yang sering terjadi, meski terlihat umum dan sering terjadi jangan anggap sepele saja. Stress saat ini sering dikaitkan dengan masalah kesehatan, sebab stress yang berlebihan dapat mempengaruhi kerja organ di dalam tubuh. Mengapa demikian? ketika stress tubuh akan melepaskan hormon kortisol yang berpengaruh pada sistem kekebalan tubuh, dengan melemahnya sistem kekebalan tubuh, penyakit dengan mudah begitu saja masuk.

Seseorang yang sedang mengalami stress biasanya mengalami mood yang buruk, dari mood itulah awal dari munculnya berbagai penyakit. Mood yang dialami misalnya hilangnya nafsu makan dan gangguan tidur yang memberi efek buruk terhadap pencernaan. Juga berfikir terlalu keras yang bisa menyebabkan gangguan psikologis.

Apa yang menyebabkan seseorang mengalami stress?

Stress merupakan kondisi emosional yang datang akibat adanya tekanan dari luar. Jika seseorang tidak mampu mengatasinya dengan cepat maka kemungkinan buruk bisa terjadi. Salah satunya gangguan psikolog yang membuat penderita kehilangan akal sadar (gila).

Penyebab stress bisa datang dari berbagai hal yang sepele seperti kesulitan saat saat mengerjakan sesuatu, terlalu lama bekerja, atau diputuskan oleh pacar dan berbagai hal lainnya. Namun kasus yang mengakibatkan stress berkepanjangan biasanya datang dari permasalahan social yang tidak bisa diselesaikan seperti dikucilkan di lingkungan sekitar, mendapat ancaman, kekurangan dalam ekonomi atau mendapat penganiayaan. Nah, hal seperti ini yang bisa berpengaruh terhadap kesehatan.

Pengaruh stress terhadap kesehatan

  • Gangguan jiwa

Anda mungkin pernah melihat orang yang luntang-lantung di jalanan tanpa mengenakan pakaianĀ  atau orang yang sering bicara sendiri sambil berkeliaran di jalan umum, kita juga bisa menemukannya di RSJ. Inilah contoh yang ditimbulkan akibat stress yang berlebihan.

  • Penyakit jantung

Stress akan meningkatkan hormona adrenaline kedalam saluran darah, yang akan membuat denyut jantung meningkat. Terlebih bagi mereka yang telah memiliki riwayat jantung, biasanya tidak diperbolehkan untuk mengalami masa-masa yang sulit, mendapat berita buruk atau mengalami stress. Hal ini akan memperparah keadaan.

  • Depresi

Depresi merupakan tingkat stress yang lebih tinggi, dimana mereka tidak mampu mengendalikan diri seperti berteriakn nangis, murung, putus asa dan merasa sendiri. JIka anda sudah pada tahap ini, hati-hati dalam mengambil tindakan.

  • Kanker dan gangguan imun

Sistem imun alami tubuh dirancang untuk melindungi kita dari bahaya langsung. Stres kronis dapat merusak sistem tersebut dan justru menghambat kerja sistem imun. Akibatnya, risiko kanker dan masalah kesehatan lainnya akan meningkat.

  • Kanker dan gangguan imun

Atasi dengan: Teknik relaksasi seperti meditasi, yoga, dan praktik-praktik lain yang bisa menenangkan pikiran. Selain itu, cobalah untuk menemukan solusi terhadap situasi stres setenang mungkin.

  • Gangguan imun

Sistem imun berfungsi untuk melindungi tubuh, jika anda sedang mengalami stress anda akan merusak sistem tersebut dan mengakibatkan gangguan imun. Dengan begitu kuman dan virus yang masuk akan menyerang tubuh dengan cepat.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *