Penyebab kemandulan pada wanita menurut dokter kandungan

Memiliki momongan adalah salah satu tujuan penting dalam sebuah pernikahan. Meski di awal sempat menunda kehamilan, akan ada juga saat dimana pasutri merasa butuh adanya si kecil di sekeliling mereka. Tapi memiliki momongan bukanlah perkara yang mudah. Buktinya, banyak pasutri yang telah lama menikah tapi tak kunjung dikaruniai momongan juga.

Mengapa wanita sulit hamil? Penyebab secara medisnya yakni terjadi infertilitas pada wanita, suami atau bahkan keduanya. Kebanyakan kemandulan paling sering dikaitkan dengan wanita. Meski tidak selalu pihak wanita yang bermasalah, namun karena sang wanita lah yang bertanggung jawab dalam proses kehamilan itu sendiri, jadi ada beragam kemungkinan mengenai penyebab infertilitas dari organ reproduksi wanita yang perlu diketahui.

Penyebab Infertilitas pada wanita menurut medis

Seperti apa proses pembuahan janin itu? Kehamilan diawali dari pelepasan sel telur sehat dari indung telur yang bergerak menuju tabung saluran indung telur (tuba fallopi). Di sana sel telur akan dibuahi oleh sperma, saat pasangan melakukan hubungan seksual. Sel telur yang sudah dibuahi tersebut kemudian bergerak dan tumbuh di dalam rahim.

Proses alamiah ini tidak terjadi pada mereka yang mengalami infertilitas. Terdapat berbagai faktor dari tubuh wanita yang dapat menghambat proses terjadinya kehamilan. Ketidaksuburan tersebut dapat disebabkan beberapa hal yakni :

  • Gangguan ovulasi
    Yakni pelepasan sel telur secara berskala. Membuat wanita tidak melepaskan sel telur, atau dilepaskan dalam jarak waktu yang lebih lama dari seharusnya, sehingga pembuahan sulit terjadi. Gangguan ini disebabkan oleh beberapa kondisi seperti gangguan tiroid, sindrom ovari polisistik, dan kegagalan ovarium prematur.
  • Kerusakan tabung saluran indung telur
    Jika tabung saluran indung telur rusak atau tersumbat, maka akan menyulitkan sperma untuk membuahi sel telur. Sehingga mengahalangi gerak sel telur yang sudah dibuahi ke dalam rahim. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu radang panggul, infeksi rahim, gonore dan infeksi menular lainnya.
  • Gangguan lendir serviks
    Saat sedang ovulasi, secara alami lendir serviks menjadi lebih tipis untuk memudahkan sperma bergerak lebih mudah dan menghampiri sel telur. Ketidaknormalan ini dapat mempersulit proses ini dan menghambat terjadinya kehamilan. Dan masalah medis lainnya
  • Submucosal fibroid
    Yakni tumor jinak yang bersifat kanker dan tumbuh di dalam atau sekitar rahim. Submucosal ini berkembang dalam lapisan otot dinding rahim dan berkembang ke rongga rahim. Kondisi ini mampu mengurangi kesuburan, karena fibroid mencegah embrio tertanam di dalam rahim.
  • Endometriosis
    Yakni terjadi ketika jaringan yang biasanya tumbuh di rahim kemudian tertanam dan tumbuh di bagian tubuh lain. Pertumbuhan jaringan tambahan dan operasi pengangkatannya dapat menyebabkan jaringan parut. Jaringan parut kemudian dapat menghalangi tabung saluran indung telur dan menghambat  terjadinya pembuahan sel telur oleh sperma.
  • Pengaruh obat
    Obat-obatan juga dapat mempengaruhi kesuburan seorang wanita. Obat-obatan yang dimaksud, misalnya obat anti-inflamasi nonstreoid, neuroleptik, spironolakton, obat kemoterapi, obata-obatan terlarang seperti ganja dan kokain. Nah jenis obat-obatan ini jika dikonsumsi dalam dosis tinggi atau pemakaian jangka panjang dapat mempersulit proses kehamilan.Baca juga : Bahaya obat pereda nyeri haid, sebabkan kemandulan

Kemandulan pada wanita juga bisa disebabkan oleh beberapa faktor penyebab seperti alkohol, berat badan, merokok dan usia.

Kemandulan tidak datang hanya dari pihak istri saja. Kegagalan kehamilan bisa disebabkan juga oleh pihak suami. Atau bahkan keduanya. Hal-hal yang terkesan sepele seperti ”cara berhubungan intim” juga menjadi sangat berpengaruh untuk tumbuhnya janin di dalam kandungan. Jadi, sebelum menyimpulkan untuk menyalahkan diri sendiri atau pasangan, indentifikasi terlebih dahulu bagaimana komunikasi anda dan pasangan. Untuk lebih jelasnya baca artikel selanjutnya,

Penting anda ketahui Tips bercinta agar cepat hamil, menurut rekomendasi dokter

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *