Penyebab kulit bibir menghitam dan cara mengatasinya secara alami

Bibir memiliki peranan penting dalam hal ”daya tarik” seseorang. Fakta menyebutkan bahwa seseorang dengan bibir hitam tampak tidak sehat dan terlihat tidak menarik. Memiliki bibir yang ideal memiliki syarat tersendiri seperti berwarna kemerahan yang membuat senyum lebih berkualitas.

Lalu, apa yang membuat seseorang memiliki bibir yang hitam? seseorang yang memiliki warna bibir yang hitam kecoklatan biasanya diakaitkan dengan perokok. Tetapi hal ini tidak selalu serta merta disebabkan oleh tembakau/rokok. Buktinya banyak yang bukan perokok tetapi memiliki warna bibir hitam.

Memiliki warna bibir hitam membuat seseorang kehilangan rasa percaya dirinya untuk tampil di depan umum. Hal ini tentunya akan menghambatnya dalam beraktivitas. Selain disebabkan oleh roko, bibir hitam dapat disebabkan oleh banyak hal. Apakah anda memiliki bibir hitam padahal bukan perokok? kenali beberapa penyebab ini yang mungkin menjadi alasannya.

Selain merokok, apa saja penyebab kulit bibir menghitam?

Lipstik. Lipstik mengandung paraffin dan logam yang membuat bibir tidak sehat. Terlebih saat anda menggunakannya kemudian lupa tidak membersihkannya dan membawanya tidur, jika dibiarkan menumpuk kandungan zat tersebut akan menebal dan menyebabkan bibir menghitam.

Kebiasaan menggit bibir. Setelah difikir-fikir apa gunanya menggit bibir? kebiasaan seperti ini hanya membuang-buang waktu dan merupakan kegiatan yang tidak perlu dilakukan. Biasanya orang yang suka menggit bibirnya sedang dalam  keadaan gugup atau panik. Benar? nah mulai sekarang coba hilangkan kebiasaan ini, selain membuat bibir rusak dan pecah-pecah kebiasaan ini dapat menimbulkan bekas luka yang menghitam.

Mengkonsumsiteh dan kopi.sama halnya seperti rokok teh dan kopi mengandung kafein yang dapat membuat bibir tidak sehat. meskipun tidak nampak langsung, setelah beberapa lama kemudia bekas itu akan nampak

Kurangnya asupan buah-buahan. Kandungan buah-buahan sangat diperlukan guna untuk menyerap saringan zat bergizi yang ada di dalamnya. Selain bermanfaat untuk kesehatan di dalam tubuh, buah-buahan sangat berpengaruh terhadap kesehatan bibir anda. Untuk itu perbanyak mengkonsumsi buah-buahan.

Faktor usia. Semakain tua usia semakin lemah pula kinerja organ di dalam tubuh, hormon dapat mempengaruhi aktivitas dan kinerja organ, salah satu yang paling berperan dalam  hormon wanita adalah estrogen. Hormon ini sangat berperan penting dalam proses regenerasi kulit termasuk kulit bibir. Usia yang semakin menua membuat kadar estrogen menurun sehingga kulit tidak mampu regenerasi kembali. Itulah yang membuat kulit bibir anda menghitam.

Bagaimana cara mengatasinya?

Kulit bibir sangat sensitif, untuk itu lakukan pengobatan yang benar agar tidak terjadi hal buruk seperti membuat kulit bibir pecah-pecah dan terkelupas. Setelah menggunakan berbagai cara seperti menggunakan lipgloss untuk menyamarkan kulit bibir yang hitam, tetapi tidak kunjung mendapat perubahan dan bibir masih tetap hitam maka hal yang harus kamu lakukan adalah dengan menggunakan pengobatan alami.

Perasan air lemon
Seperti yang telah kita ketahui bahwa lemon menjadi salah satu bahan alami yang menjadi andalan untuk meremajakan kulit seperti memutihkan, menghaluskan. Selain berkhasiat dalam memutihkan kulit wajah,ternyata lemon bisa menyembuhkan kulit bibir yang mulai menghitam. Caranya: air mendidih dan perasan jeruk lemon serta tambahan madu lalu oleskan pada bibir. Lalu bilas dengan air hangat.

Scrub
Untuk mengobati kulit bibir yang hitam kita buat scrub bibir dari campuran gula dan lemon, setelah bercampur oleskan pasta tersebut ke bagian bibir. Scrub gula dan lemon berkhasiat untuk mengangkat sel kulit mati.

Kunyit
Bahan alami satu ini terkenal akan khasiatnya dalam mengobati berbagai penyakit khususnya lambung. Selain itu ternyata kunyit berperan penting sebagai bahan pewarna bibir alami. Caranya: buatlah pasta antara campuran kunyit dan juga sesendok susu. Oleskan ke bagian bibir anda.

Air mawar
Cara pengobatan menggunakan air mawar cukup mudah yaitu dengan mengoleskan air mawar pada bibir tanpa campuran apapun.

 

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *