Penyebab mata rabun dan cara alami untuk mengatasinya

Mata rabun merupakan salah satu gangguan mata yang membuat penglihatan menjadi tidak jelas (buram). Gangguan ini dibedakan menjadi dua tipe, yakni rabun jauh dan rabun dekat. Keduanya memiliki permasalahan yang berbeda.

Penderita rabun jauh akan kesulitan mengenali orang dan membaca huruf kecil dari jarak jauh. Sebaliknya, penderita rabun dekat mengalami penglihatan yang tidak jelas ketika berdekatan dengan orang atua objek dari jarak yang dekat. Sehingga terkadang tulisan harus dijauhkan terlebih dahulu agar bisa terbaca.

Gangguan mata rabun sering dianggap wajar dan lumrah oleh sebagian orang. Ya mungkin karena gejala awalnya yang tidak nampak serius. Memang, pada tahap awal-awal gejala, penderita tidak begitu merasakan gejala yang terlalu signifikan. Hanya sebatas buram saja dan itupun tidak bertahan lama. Namun, lihat yang akan terjadi setelahnya. Mata akan semakin buram dan tidak jelas melihat objek, juga muncul gejala pusing yang membuat penderita tidak nyaman.

Apa sih penyebab mata rabun itu?

  • Faktor keturunan
  • Faktor kebiasaan buruk
  • Usia

Entah rabun dekat ataupun rabun jauh, keduanya memiliki dasar penyebab yang hampir sama. Hanya saja, rabun dekat lebih dominan disebabkan oleh kerusakan refraktif pada mata yang biasanya disebabkan oleh faktor usia (gangguan mata ini sering di derita lansia) atau efek dari penyakit seperti diabetes dan gangguan kesehatan yang berpotensi. Sedangkan rabun jauh lebih dominan disebabkan oleh kebiasaan buruk dan lingkungan.

Jika faktor keturunan tidak bisa dideteksi lebih awal, maka hindarilah kebiasaan buruk yang akan menyebabkan masalah ini terjadi.

  • Terlalu lama beraktifitas pada jarak pandang yang sama seperti bekerja di depan komputer, di depan layar monitor, di depan mesin, di depan berkas, dan lain-lain.
  • Mata butuh istirahat yang teratur dan sering agar tidak terus berkontraksi yang monoton
  • Tinggal di tempat yang sempit penuh sesak karena mata kurang berkontraksi melihat yang jauh-jauh sehingga otot mata jadi tidak normal.
  • Membaca sambil tidur-tiduran, membaca di tempat yang gelap, membaca di bawah sinar matahari langsung yang silau, menatap sumber cahaya terang langsung, dll.
  • Mata terlalu lama berada di balik media transparan yang tidak cocok dan mempengaruhi kesehatan mata, seperti sering kelamaan memakai helm, lama memakai kacamata yang tidak sesuai dengan mata normal kita, dan sebagainya.

Mata rabun juga bisa disebabkan oleh asupan makanan bergizi yang tidak seimbang. Sehingga, ketika mata dipaksa kerja melebihi porsi normalnya, menyebabkan gangguan ini terjadi. Asupan penting untuk menjaga kesehatan mata, yakni Vitamin A, betakaroten, ekstrak billberry, alpukat, dan lain sebagainya.

Alternatif penyembuhan yang bisa kamu pilih adalah kacamata, softlens, herbal dan tindakan operasi ( jika kondisi sudah parah). Mana yang kamu pilih sebagai alternatif pengobatan? Dari semua pilihan pengobatan, cara herbal merupakan solusi yang terbaik yang harus kamu pilih. Mengapa demikian?

Seperti yang kita tahu, kacamata yang lensa memiliki resiko yang cukup berbahaya dan merugikan. Pemakaian kacamata yang tidak efektif bisa menyebabkan mata semakin rusak. Apalagi lensa, posisi lensa yang berkontak langsung dengan mata memiliki pengaruh buruk jika salah dalam penempatan pemakaian. Obat herbal apa yang mampu menyembuhkan gangguan ini?

Baca infonya disini Obat mata rabun

Jangan hanya mengandalkan pengobatans saja. Barengi juga dengan gaya hidup yang sehat. Buang semua kebiasann burukmu karena inilah kuncinya. Sehebat apapun obat yang kamu konsumsi, jika tidak diseimbangkan dengan gaya hidup yang benar maka ini akan sia-sia. Pola hidup seperti apa yang harus dilakukan demi menjaga kualitas matamu?

  • Perbanyak makanĀ  makanan bergizi, khususnya sayuran dan buah-buahan
  • Olahraga rutin
  • Melatih ketajaman mata dengan latihan sederhana ini
  • Atur waktu di depan monitor dan gadget
  • Alihkan fokus ke pandangan lain jiga mata mulai perih
  • Jangan paksakan mata untuk bekerja maksimal

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *