Penyebab munculnya jerawat di wajah yang harus dihindari

Jerawat biasanya muncul begitu saja tanpa gejala khusus terlebih dahulu, hal ini menjadi sesuatu yang sulit dihindari terlebih jika jerawat muncul di area tertentu, wajah akan nampak berbeda dari aslinya, hal ini membuat penderita kehilangan rasa percaya diri.

Khususnya bagi wanita,mereka melakukan segala cara dalam mengambil pengobatan, dimulai dari perawatan wajah, pemakaian obat-obatan, sampai tindakan medis.Munculnya jerawat di wajah memang telah menjadi masalah umum khususnya bagi remaja perempuan,  sebenarnya hal ini bisa diantisipasi jika kita mengetahui terlebih dahulu penyebab nya, dengan mengetahui penyebabnya setidaknya kita bisa menghindarinya atau setidaknya melakukan perawatan dengan benar.

Obat herbal untuk menyembuhkan jerawat sampai tuntas!!!

Anti Acne Cream, mengobati jerawat dan bekasnya hingga wajah bersih

Penyebab munculnya jerawat

Penyebab munculnya jerawat menjadi suatu pertanyaan besar yang jarang diketahui, hal ini yang membuat jerawat muncul begitu saja tanpa ditangani dengan benar, dengan begitu jerawat bisa muncul dengan jumlah yang lebih banyak hingga meradang bahkan sulit disebuhkan, adapun penyebab munculnya jerawat biasanya dipicu oleh hormon, pola hidup yang tidak sehat dan berbagai masalah lainnya.

Wajah merupakan salah satu bagian tubuh terpenting yang menunjang penampilan, jika bagian di wajah cacad sedikit saja itu akan menjadi hal besar yang akan mengubah aura wajah menjadi berbeda. inilah yang membuat sebagian orang rela mengeluarkan banyak uang demi wajah yang bersih dan.

Itu sebabnya muncul jerawat satu saja menjadi masalah yang sangat besar, munculnya jerawat di kulit bisa disebabkan banyak faktor diantaranya :

Penyebab munculnya jerawat menurut medis

Produksi Minyak Berlebih

Selain faktor eksternal munculnya jerawat bisa juga dipengaruhi oleh faktor internal salah satunya yaitu kelebihan produksi kelenjar minyak di dalam kulit sehingga mengakibatkan penyubatan pada saluran folikel pori-pori dan rambut di kulit. Hal ini yang menyebabkan munculnya jerawat diluar bagian kulit.

Bakteri p.acne

Masalah jerawat yang disebabkan oleh bakteri p.acne merupakan masalah yang paling serius, bakteri ini berada di bagian dlam kulit dan terus berkembangbiak di dalam kelenjar sebaceos hingga mengalami penyumbatan yang menimbulkan iritasi di daerah lainnya. Kelenjar tersebut dapat pecah yang menimbulkan peradangan pada bagian sekitarnya yang menimbulkan rasa sakit di wajah. Ini merupakan jenis jerawat batu yaitu jenis jerawat yang besar disertai rasa sakit yang sulit disembuhkan, bahkan jika sudah sembuh pun akan menimbulkan bekas jerawat yang sulit dihilangkan.

Sel-Sel Kulit Mati

Munculnya jerawat bisa dipicu oleh meningkatnya produksi hormon androgen yang mengakibatkan kelebihan minyak di dalam kulit. Jerawat mulai muncul akibat dipicu oleh bakteri yang bercampur dengan sel-sel kulit mati, bisa saja penyumbatan itu terjadi karena sel-sel kulit mati bercampur dengan sabun, campuran tersebut menebal hingga menimblkan bintik hitam pada wajah atau bagian tubuh lainnya.

Penyebab munculnya jerawat secara umum

Penggunaan kosmetik

Bahan kosmetik mengandung beberapa zat kimia yang menimbulkan iritasi pada kulit khusunya untuk kulit yang sensitif, hal ini bisa memicu munculnya jerawat pada wajah, terlebih jika anda tidak membersihkan muka setelah memakai kosmetik, ini akan menimbulkan penyakit kulit lainnya pada wajah.

Terlalu Sering Mencuci Muka

Mencuci muka memang bermanfaat untuk wajah yaitu untuk membersihan kotoran atau debu yang menmpel, namun terlalu sering mencuci membuat produksi kelenjar minyak meningkatm hal ini yang menimbulkan munculnya jerawat atau flek-flek hitam pada wajah. Untuk itu cuci muka cukup dilakukan 2kalim sehari yaitu di saat pagi dan malam hari.

Terlalu Sering Menyentuh Kulit Wajah

Kebiasaan menyentuh kulit wajah memang menjadi kebiasaan yang sulit dihindari apalagi ketika tidur, namun kebiasaan seperti ini yang akan memicu tumbuhnya penyakit kulit seperti jerawat, hal ini disebabkan tangan dalam keadaan kotor dan mengandung kuman atau bakteri sehingga saat tangan menyentuh wajah bakteri menempel pada wajah yang menimbulkan munculnya jerawat. Terlebih jika wajah anda sudah ada jerawatnya, saat disentuh kemungkinan besar jerawat akan menyebar ke bagian lain di sekitar wajah.

Stress

Stress menyebabkan produksi hormon dalam tubuh meningkat, inilah yang menyebabkan munculnaya jerawat. Bukan hanya jerawat saja, stress bisa menimbulkan permasalahan beebagai penyakit lain. Untuk itu penting untuk merileks kan pikiran anda dari hal-hal yang menimbulkan stress.

Tidak membersihkan keringat setelah beraktivitas

Karena terlalu lelah beraktivitas sebagian orang malas membersihkan keringat yang menempel di tubuh dan membiarkannya berlama-lama bahkan terbawa tidur, sedangkan di dalam keringat terkandung bakteri yang menyebakan iritasi pada kulit jika anda membiarkan keringat berlama-lama didalam tubuh itu akan memicu munculnya jerawat.

Jarang Keramas

Kulit kepala memiliki kandungan minyak yang berlebih, minyak tersebut akan mengalir ke wajah lalu bercampur dengan debu, kotoran ataupun bakteri, yang menyebabkan penyumbatan pada pori-pori kulit sehingga muncul jerawat.

Kurang Tidur

Pada saat kurang istirahat tubuh akan memaksa untuk memproduksi hormon insulin lebih banyak sehingga jerawat dapat terbentuk dengan mudah, selain itu tidur terlalu malam dapat memperparah jerawat yang sudah ada. Untuk itu penuhi tubuh anda untuk beristirahat dengan normal.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *