Penyebab sembelit yang paling umum, jangan lakukan 3 hal ini

Pengeluaran sisa kotoran tubuh berupa urine dan tinja merupakan siklus alamiah yang sudah seharusnya terjadi. Pengeluaran sisa kotoran tersebut merupakan bukti bahwa tubuh telah berhasil memproses makanan dengan baik. Kotoran merupakan zat-zat yang tidak lagi diperlukan oleh tubuh. Maka dari itu pengeluaran tinja dan urine ini sangat penting sekali.

Jika tidak, maka kotoran akan tertahan di dalam tubuh. Untuk pengeluaran tinja maksimal 2 kali sehari dengan waktu yang paling baik yakni di pagi hari (sesudah bangun tidur).

Berbeda dengan urine yang bisa saja setiap saat mengeluarkannya tanpa berbatas waktu, tetapi jika dalam sehari anda tidak dapat mengeluarkan maka hal ini perlu di waspadai juga dan harus segera periksakan ke dokter.

Sayangnya siklus ini masih saja sering mengalami gangguan. Salah satu gangguan yang paling sering terjadi yakni sembelit.

Sembelit adalah kelainan pada sistem pencernaan dimana terjadi pengerasan tinja di dalam tubuh sehingga kotoran tidak dapat keluar dengan normal dan bersarang di dalam tubuh.

Apakah ini berbahaya? Jika hal ini terus dibiarkan tentunya akan membahayakan tubuh.Tinja pertama yang tertahan akan mengering, esoknya datang lagi kotoran baru, kotoran ini akan ikut menumpuk karena terhalang oleh kotoran sebelumnya yang sudah mengering. Esoknya, esoknya lagi terus tertahan hingga kotoran menumpuk maka sudah jelas lah hal ini akan membahayakan tubuh.

Apa penyebab sembelit?

Kekurangan cairan

Normalnya kadar minum dalam sehari yakni 8 gelas dari pagi hingga menjelang tidur secara bertahap. Ingat bahwa yang diminum ini air putih alami. Bukan air kemasan ataupun berbagai jenis minuman yang paling marak sekarang ini. Kebanyakan orang salah penafsiran hingga berfikir bahwa ”minum apa aja yang penting 8 gelas per-hari”.

Ini salah besar, meski sama-sama berbentuk cairan namun khasiat yang ditimbulkannya tidak bisa disamakan. Air putih murni berfungsi untuk melancarkan mencernaan dan sangat berpengaruh sekali terhadap proses pengeluaran tinja, berbeda dengan minuman kemasan yang telah terkontaminasi dengan berbagai zat yang malah menghambat pencernaan. Jika anda mengalami sembelit pada suatu hari segeralah perbanyak minum air putih.

 

Makanan yang tidak dapat dicerna dengan baik

Selain air, makanan pun memiliki peran yang sangat penting bagi sistem pencernaan, dimana makanan inilah yang di proses tubuh untuk diambil gizi di dalamnya dan dibuang sisa kotorannya yang sudah tidak diperlukan lagi.

Tidak semua jenis makanan itu baik bagi tubuh, meski kita dituntut untuk mengkonsumsi makanan setiap harinya bukan berarti kita bebas mengkonsumsi makanan apapun hanya untuk mengisi kekosongan perut saja. Berikut beberapa makanan yang wajib anda hindari jika ingin terhindar dari serangan sembelit atau tidak ingin gejala sembelit yang sedang anda alami sekarang menjadi semakin parah.

  • Es krim. Tidak memiliki serat juga mengandung gula dan susu yang menyebabkan sulit BAB.
  • Daging merah. Mengandung zat besi yang sangat tinggi.zat besi adalah zat pengeras tinja, sehingga pengkonsumsian daging sangat dibatasi.
  • Makanan berlemak. Banyak sekali makanan berlemak seperti gorengan, kandungan minyak yang berlebih di dalam gorengan akan sulit dicerna. Dan masih banyak lag

Sering menahan rangsangan buang air besar

Ketika dalam keadaaan darurat seperti sedang ulangan, sedang sibuk mengerjakan tugas,¬† sibuk dengan pekerjaan atau sibuk dengan rutinitas lain yang tidak bisa dtitinggalkan saat itu juga membuat kebanyakan orang menunda ”panggilan alamnya” untuk beberapa lama.

Tidak lama setelah itu rasa mulas yang sebelumnya muncul menjadi hilang. Untuk satu kali kejadian mungkin masih bisa di toleransi, namun jika siklus ini terjadi terus menerus maka semakin banyak kotoran yang nantinya akan menumpuk di dalam tubuh.

Bagaimana cara mengatasinya?

Jangan biasakan untuk menahan defekasi (pengeluaran kotoran), ketika merasa mulas sebagai kode panggilan alam maka segeralah mengeluarkannya. Jangan ditunggu-tunggu. Ketika anda telat melakukan ”panggilan alam” maka segera banyak-banyak minum air putih untuk meminimalisir pengerasan tinja, perbanyak pula mengkonsumsi makanan yang berserat seperti sayur bayam,

kubis, wortel, kacang-kacangan, aprikot, pepaya dan masih banyak lagi. Jika sembelit yang anda alami sudah terlalu akut untuk disembuhkan. Misal : sudah tertahan selama  1mingguan maka segera konsumsi Pro Cleansing Tea

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *