Penyebab umum eksim dan teknik pengobatan alaminya

Apakah anda pernah mendengar penyakit eksim? Penyakit eksim termasuk penyakit paling populer di Indonesia, tentunya hampir semua orang mengenal penyakit kulit satu ini. Eksim merupakan jenis penyakit iritasi kulit yang menimbulkan rasa gatal, kulit menjadi kering, menimbulkan bekas luka yang memerah.

Lalu, mengapa Indonesia menjadi tempat pengembangan eksim paling populer? Salah satu penyebab umum timbulnya eksim yakni ”Lingkungan yang kotor” dan indonesia sendiri telah memenuhi persyaratan tersebut dan menjadi tempat paling ideal sebagai pengembangan berbagai jenis penyakit kulit salah satunya eksim.

Paparan debu kotor, lingkungan kumuh yang becek, polusi udara dari pabrik, makanan yang telah terkontaminasi oleh bakteri, pembuangan limbah pabrik ke daerah masyarakat telah menjadi kegiatan nyata yang sulit dihindari oleh negara tercinta kita ini.

Lingkungan yang kotor mampu menciptakan bakteri dan kuman yang lebih rentan menyerang kulit sebagai sasaran utama. Hal inilah yang menyebabkan indonesia memiliki peluang yang besar sebagai objek pengembangan penyakit eksim dan jenis penyakit kulit lainnya.

Fakta menyatakan bahwa eksim lebih rentan menyerang anak-anak. Hal ini seharusnya menjadi perhatian orangtua dalam melepas anaknya bermain. Biasanya anak-anak lebih suka bermain di alam bebas seperti di sungai-sungai kecil yang telah terkontaminasi dengan kuman dari pembuangan limbah, kotoran dan sejenisnya.

Apakah eksim hanya menyerang seseorang yang berada di lingkungan kotor saja?

TIDAK. penyebab eksim bukan hanya di pusatkan oleh lingkungan dan kebiasaan buruk saja. Anak-anak rumahan yang hobi main gadget pun memiliki resiko yang sama. Apa yang menyebabkan mereka terkena eksim meskipun tidak tinggal di lingkungan yang kumuh?

  • Alergi. eksim bisa disebabkan oleh alergi makanan seperti telur, susu, gandum, ikan, cumi, kerang laut dan makanan lainnya yang mungkin tidak cocok untuk anda konsumsi.
  • Alergi bahan kimia. Seperti bahan kimia yang terdapat dalam farfum, make-up, alat kecantikan, alkohol dan berbagai jenis obat-obatan.
  • Alergi hewan. Biasanya terdapat di dalam bulu hewan.
  • Iklim. Kondisi iklim yang berubah-ubah juga bisa berpengaruh terhadap kondisi kulit. Intinya, setiap jenis kulit setiap orang itu berbeda-beda, Ada yang normal dan ada yang sensitif terhadap segala sesuatu.

Apakah eksim hanya menyerang anak kecil?

Anak kecil memiliki kulit yang masih sensitif terhadap segala sesuatu, itulah yang menyebabkan anak-anak memiliki peluang terbesar sebagai objek persinggahan kuman dan bakteri. Namun, bukan berarti orang dewasa tidak memiliki kesempatan yang sama. Pada nyatanya banyak orang dewasa yang terkena eksim.

Masalah besar yang dialami orang dewasa saat terkena eksim adalah bekas luka yang sulit hilang, meski luka itu akan hilang dengan sendirinya tetapi butuh waktu yang lama untuk menghilangkannya.

Untuk itu lebih baik segera atasi eksim tersebut dengan mengobatinya jangan menunggu sesuatu yang belum pasti, itu hanya akan membuat anda lebih lama mengurung diri dirumah karena rasa malu.

Cara paling efektif untuk menyembuhkan eksim yaitu dengan menggunakan bahan-bahan alami yang memiliki khasiat lebih baik dibanding obat-obatan kimia atau salep yang belum tentu cocok dengan kondisi kulit anda.

Mengobati eksim lebih cepat dan praktis dengan mengoleskannya

QnC Jelly Gamat, Terbukti cocok untuk segala jenis penyakit

Cara mengobati eksim dengan bahan alami

1.Lidah buaya

Caranya :Siapkan gel lidah buaya yang sudah dikeluarkan dari cangkangnya, oleskan ke bagian luka eksim. Gel lidah buaya bekhasiat untuk mengurangi gatal dan menghilangkan bekas luka dengan cepat. Lakukan cara ini hingga luka anda hilang.

2.Minyak kelapa

Caranya : Oleskan minyak kelapa ke bagian luka eksim lalu diamkan minimal 10-15 menit agar minyak menyerap ke dalam kulit, Cuci dengan air jika memang mengganggu namun lebih baik biarkan saja hingga kering. lakukan cara ini minimal 3kali sehari hingga luka benar-benar menghilang.

3.Baking soda

Caranya : sedikit berbeda dengan cara pengobatan sebelumnya, kali ini gunakan baking soda gunakan untuk teraphy mandi. Campurkan satu sendok baking soda kedalam air hangat yang akan anda gunakan untuk mandi. Selain menghilangkan bekas eksim cara ini membuat tubuh anda lebih sehat.

4.Madu

Caranya : Cuci bagian luka eksim dengan air, setelah itu oleskan madu secara menyeluruh, diamkan selama 10-15 menit. Setelah itu gunakan air hangat untuk membasuhnya. Madu telah terbukti khasiatnya dalam pengobatan berbagai jenis kulit dan telah di akui khasiatnya di india

5.Mentimun

Caranya : Potong tipis mentimun menjadi irisan bulat tipis lalu tempelkan pada bagian luka eksim. Ulangi cara ini hingga luka sembuh.

6.Kunyit

Caranya : Haluskan kunyit hingga lumat lalu tambahkan satu sendok teh minyak zaitun, oleskan campuran ini pada bagian luka eksim, untuk hasil yang maksimal diamkan hingga 30-45 menit, cuci dengan air hangat.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *