Pola hidup yang dapat mengganggu sistem metabolisme

Pola hidup seseorang lebih di dasarkan kepada keribadian dan kebiasaan yang biasa di lakukan, entah itu buruk ataupun baik yang namanya kebiasaan tidak akan mudah dihindari begitu saja. Begitupula dalam hal asupan makanan, seseorang yang telah terbiasa melakukan pola makan yang tidak benar akan seterusnya mengkonsumsi makanan yang itu-itu saja sesuai yang dia inginkan.

Terlebih sekarang banyak sekali ditemukan makanan siap saji yang siap menggoda lidah. Lezat, tentunya saat mendapati makanan yang lezat maka seterusnya dia akan mengkonsumsinya. Padahal makanan siap saji yang kini beredar seperti burger sangat tidak dianjurkan oleh ahli gizi.

Seperti yang sudah saya katakan, kebiasaan merupakan sesuatu yang sulit dihilangkan di dalam pribadi seseorang, begitupun dalam menghindari makanan tersebut atau jenis makanan tidak sehat lainnya, Semakin banyak mengkonsumsi makanan yang tidak sehat maka semakin besar peluang anda untuk mengacaukan sistem pencernaan.

Mengapa demikian? Sistem pencernaan memiliki kategori tersendiri terhadap makanan apa-apa saja yang bisa dicerna dengan baik atau yang malah menjadi sampah di dalam tubuh, jika anda lebih sering mengkonsumsi makanan sampah maka sistem pencernaan tidak mampu mengatasinya sehingga jenis-jenis makanan yang tidak sehat akan masuk ke dalam tubuh membentuk menjadi tumpukan kalori dan berubah menjadi lemak dengan jumlah yang banyak. Inilah awal penaikan berat badan yang akan berujung obesitas.

Dengan kata lain, pola makan yang tidak sehat dapat mengacaukan metabolisme di dalam tubuh. Apa itu metabolisme? Sistem metabolsme adalah sistem terpenting di dalam tubuh yang memiliki fungsi untuk mengubah kalori menjadi energi. Hal ini hanya berlaku bagi makanan-makanan yang bergizi saja, selebihnya, makanan yang tidak termasuk jenis makanan yang baik akan diubah menjadi tumpukan lemak. Bukannya malah benergi, tubuh anda yang semakin membesar hanya akan menghambat gerak anda dalam rutinitas sehari-hari.

Bukan hanya menimbulkan kenaikan berat badan saja, namun sistem metabolisme yang terganggu dapat mengakibatkan masalah kesehatan yang lebih serius. Saatnya untuk menghentikan makanan buruk itu, saatnya anda untuk meninggalkan segala hal yang sekiranya dapat mengancam kesehatan. Meskipun sulit, bukannnya tidak masalah jika ini demi kesehatan kita kedepannya? mari lakukan perubahan. Berikut kebiasaan pola hidup yang dapat memperlambat metabolisme.

Pola hidup seperti apa yang dapat mengganggu metabolisme?

Makanan yang mengandung karbohidrat olahan. Seperti yang telah kita ketahui jika karbohidrat sangat bermanfaat bagi kesehatan dan zat yang baik bagi tubuh, namun lain lagi dengan jenis karbohidrat olahan, apa itu karbohidrat olahan? yaitu jenis makanan olahan kita seperti gula putih, coklat, gula buah, sirup, permen. Makanan-makanan jenis ini dan jenis karbohidrat olahan lainnya sangat tidak disarankan sebab dapat mengakibatkan peradangan jika dikonsumsi secara berlebih.

Tidak sarapan. Kebiasaan yang paling sering dilakukan yakni meninggalkan sarapan, entah itu dengan alasan terburu-buru atau sedang melakukan diet,  yang jelas meninggalkan sarapan beberapa kali saja akan menjadi kebiasaan yang nantinya sulit diatasi, padahal sarapan di pagi hari sangat penting untuk menambah tenaga saat melakukan aktivitas sehari-hari.

Mengkonsumsi gula yang berlebihan.Bayak sekali makanan ringan yang mengandung gula seperti biskuit, es krim, berbagai jenis minuman, bahkan kerupuk. Bahan dasar gula memang hampir menempel disetiap makanan, inilah tugas kita untuk memilih makanan yang terbaik untuk tubuh kita. Jangan biasakan mengkonsumsi jenis-jenis makanan yang mengandung gula, kandungan gula yang berlebih akan sulit dicerna di dalam tubuh.

Duduk terlalu lama. Meski dituntut sebagai pekerja kantoran yang harus diam di kursi tanpa melakukan aktivitas lain bukan berarti anda sama sekali tidak beranjak dari tempat duduk. Terlebih jika momen pekerjaan ini dihiasi dengan camilan-camilan yang dapat mengganggu pencernaan seperti gorengan, mie dll. Posisi duduk terlalu lama akan membuat makanan sulit dicerna akibat kurangnya aktivitas gerak.

Kurang minum. Normalnya minum yakni 8 gelas perhari, jika anda kekurangan minum dari porsi normal maka kemungkinan anda akan mengalami dehidrasi. Padahal air sangat dibutuhkan dalam proses metabolisme guna membakar kalori. Jika pasokan air tidak terpenuhi sesuai kebutuhan maka sudah pasti sistem metabolisme akan terganggu.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *