Pola Makanan Sehat Yang Dianjurkan Ahli Gizi

Setiap hari tentunya kita mengkonsumsi makanan untuk mempertahankan tubuh, namun terkadang kita kurang memperhatikan makanan yang kita konsumsi sehingga tubuh kekurangan produksi gizi, kurangnya asupan gizi akan memicu timbulnya berbagai penyakit salah satunya yaitu penyakit anemia. Penyakit anemia merupakan penyakit dimana tubuh kekuranagan asupan vitamin B12, biasanya penyakit ini menyerang anak-anak atau balita. Untuk menghindari hal tersebut kita harus melakukan pencegahan dengan cara mengkonsumsi makanan bergizi dan melakukan pola hidup yang sehat.

Jumlah masing-masing kelompok makanan dan subkelompok disesuaikan sesuai kebutuhan, dalam batas-batas kisaran konsumsi bila memungkinkan, untuk memenuhi nutrisi standar yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi rata-rata.

Pola Makanan Sehat Yang Dianjurkan Ahli Gizi

Sebelum mengetahui pola makanan yang harus kita konsumsi setiap harinya, berikut berbagai makanan olahan yang bisa kita konsumi sehari-hari.

Berikut makanan sehat yang diperlukan tubuh :

  • Sayuran
    • sayuran berwarna hijau gelap: sayuran berdaun  yang masih segar dimasak atau langsung dimakan mentah misalnya, brokoli, bayam,  romaine, kubis, collard, lobak, dan sawi.
    • Sayuran berwarna orange kemerah-merahan: sayuran yang masih segar misalnya, tomat, jus tomat, paprika merah, wortel, ubi jalar, labu.
    • Kacang-kacangan :  kacang merah, kacang putih, kacang hitam, lentil, buncis, kacang pinto, kacang polong split, dan edamame (kedelai hijau) kecuali kacang hijau.
    • sayuran bertepung: kentang putih, jagung, kacang hijau, kacang lima hijau, pisang raja, dan singkong.
    • Sayuran lainnya: misalnya, selada, kacang hijau, bawang, mentimun, kubis, seledri, zucchini, jamur, dan paprika hijau.
  • buah-buahan
    •  Usahakan untuk mengkonsumsi buah yang masih segar dan belum membusuk, untuk buah-buahan bisa divariasikan dengan dibuat jus misalnya, jus jeruk,  jus apel dan yang lainnya seperti pisang, anggur, melon, berry, dan kismis bisa di konsumi langsung atau diolah dengan makanan lain.
  • padi-padian
    • biji-bijian:  misalnya, roti gandum, sereal gandum dan kerupuk, oatmeal, quinoa, popcorn, dan beras merah.
    • biji-bijian olahan: misalnya, roti putih, halus sereal gandum dan kerupuk, pasta, dan nasi putih. pilihan butir halus harus diperkaya.
  • susu
    • Semua susu, termasuk produk bebas laktosa (susu kedelai) misalnya yoghurt, yogurt beku, makanan penutup susu, dan keju. Sebagian besar pilihan harus bebas lemak atau rendah lemak. Krim, krim asam, dan krim keju tidak termasuk karena kandungan kalsium yang rendah.
  • protein Foods
    • Semua makanan laut, daging, unggas, telur, produk kedelai, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Daging dan unggas harus ramping atau rendah lemak dan kacang-kacangan harus tawar. Kacang-kacangan (kacang dan kacang polong) dapat dianggap sebagai bagian dari kelompok ini serta kelompok sayuran, tetapi harus dihitung dalam satu kelompok saja.

Makanan yang dikonsumsi harus disesuaikan dengan kebutuhan tubuh kita, jangan terlalu berlebihan ataupun kekurangan, lebih baik untuk mengkonsumi makanan yang rendah lemak seperti kacang-kacangan, umbi-umbian dll, untuk menghindari kelebihan lemak pada tubuh, berikut pola makan sehari-hari yang dianjurkan ahli gizi :

Menu Sarapan Pagi

  1. Oatmeal sangat bagus dikonsumsi sebagai sarapan, biasanya dalam masak outmeal dapat dicampur dengan kacang polong dan butiran jagung.
  2. Keju, cara penyajian keju bisa dikombinasikan dengan makanan lain misalnya roti bakar keju
  3. Pancake, sarapan pancake dengan saus karamel rendah gula dapat jadi menu sarapan sehat Anda di rumah.
  4.  Roti juga merupakan salah satu daftar menu makanan sehat sehari hari yang cocok dikonsumsi pada pagi hari untuk sarapan.
  5. Susu

Menu Makan Siang

Untuk konsumsi makan siang, menu makanan sehat yang dapat Anda pilih sebagai berikut:

  1. Sup sangat bagus untuk mengembalikan energi tubuh anda setelah beraktivitas seharian, kombinasikan beberapa sayuran dan pasta.
  2. Nasi merah sangat baik dikonsumsi pada siang hari, selain karena kandungan gulanya lebih sedikit dibandingkan nasi putih, nasi merah tidak akan membuat Anda merasa kekenyangan dan mengantuk.

Menu Makan Malam

Untuk konsumsi pada malam hari dapat memilih menu sebagai berikut:

  1. Sereal gandum sangat baik dikonsumsi pada malam hari, karena tidak ada kandungan gula yang dapat meningkatkan kadar gula darah saat beristirahat.
  2. Susu gandum jika tidak sempat meyiapkan makanan sereal gandum, anda dapat memilih cara mudah dengan meminum susu gandum. Kandungan gizinya juga sama dengan sereal gandum.

Menu makanan diatas merupakan menu makanan sehat yang dianjurkan ahli giji, mengkonsumi makanan berlemak seperti daging dan ikan boleh saja namun harus disesuaikan jangan terlalu banyak karena akan berpengaruh buruk terhadap kesehatan dan kondisi tubuh.

 

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *