Manfaat tidur dengan posisi menyamping, bisa meningkatkan kesehatan otak

Meski terlanjur lelah dan mengantuk, cobalah tahan sejenak, dan biasakan untuk mempersiapkan diri terlebih dahulu sebelum tidur. Kesalahan yang terjadi saat tidur akan memberi imbas pada diri kita sendiri nantinya. Misalnya saja posisi tidur dengan bantal terlalu tinggi, atau dengan tangan yang tertindih perut, atau keadaan tempat tidur yang berantakan sehingga posisi tidur anda menjadi tidak jelas apalagi jika anda tidur dengan banyak barang-barang yang berserakan.

Apa hasilnya?

Saat bangun tubuh anda akan merasa sakit, linu, nyeri tau bahkan sulit di gerakan. Lucunya keadaan ini tidak hilang dalam beberapa jam saja, bisa seharian bahkan berhari-hari. Nah maka dari itu penting sekali memposisikan diri sebaik mungkin untuk mendapatkan kualitas tidur yang maksimal.

Bagaimana posisi tidur yang paling ideal?

Setelah menyimak penjelasan diatas anda tentunya tidak ingin kan mengalami nyeri-nyeri pada tulang setelah bangun tidur? nah untuk itulah cari posisi tidur senyaman mungkin, hindari kebiasaan ”nempel bantal langsung tidur” tanpa melihat keadaan sekitar seperti kebersihan tempat tidur, kebersihan badan.

Meskipun malas mandi ya setidaknya ganti pakaian agar jamur dan kuman tidak menempel lama di dalam kulit, dan yang paling paling penting yakni posisi tidur anda harus sangat diperhatikan.

Orang yang memiliki kebiasaan ”nempel bantal langsung tidur” biasanya tidak memperdulikan sekitar, ketika ngantuk langsung saja tidur, jangankan menata posisi tidur dengan benar, kebersihan tubuh saja tidak diperhatikan. Nah jadi, kunci utamanya yakni dengan melakukan berbagai persiapan sebelum tidur seperti membersihkan badan atau menganganti pakaian, dan memposisikan badan sebaik mungkin. Bagaimana sih posisi tidur yang paling ideal?

Menurut penelitian, posisi tidur yang paling ideal yakni tidur menyamping. Tidur dengan posisi yang lain seperti terlentang, tengkurap dan meringkuk juga dinilai sehat-sehat saja, namun yang lebih dianjurkan yakni posisi menyamping. Mengapa demikian? hasil penelitian menyatakan bahwa posisi tidur menyamping dapat meningkatkan kesehatan otak. Benarkah?

Baca juga : Cara alami membuat tidur anda menjadi berkualitas

Benarkah posisi tidur menyamping bisa meningkatkan kesehatan otak?

Hasil penelitian menyatakannya demikian, bahwa posisi tidur menyamping sangat dianjurkan dan baik untuk kesehatan otak. Ketika tidur dalam posisi menyamping, otak lebih mudah membuang limbah pada tubuh. Hal ini dapat mengurangi resiko Alzheimer dan penyakit neurologis lainnya. Posisi menyamping juga merupakan posisi paling efektif bagi tulang belakang, sehingga dengan posisi ini resiko cedera lebih kecil lagi. Jadi, ketika anda bangun tidur dengan posisi ini sudah tidak ada istilah nyeri punggung, leher atau lengan karena salah posisi.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *