Rekomendasi makanan yang baik untuk kesehatan mata

Meski tidak diandalkan sepenuhnya, makanan memiliki peran yang sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Itulah mengapa banyak sekali gangguan kesehatan yang disebabkan oleh makanan, atau banyak penyakit yang kambuh karena kesalahan pengkonsumsian makanan. Hal ini seharusnya menyadarkan kita untuk mengingat betapa pentingnya peran makanan demi kelangsungan hidup.

Selama ini kita sering mencari arti dari ”Pola hidup yang sehat”. Makanan menjadi poin pertama di dalam kalimat tersebut. Meski memang, menuju kalimat yang sempurna, kita tidak hanya bisa mengandalkan makanan saja namun, setidaknya kita berfikir bahwa ”kita tidak bisa hidup tanpa makan” Jangankan tidak makan, telat makan sebentar saja responnya sudah sangat terasa sekali bukan?

Pentingkah pola makan yang sehat? Banyak yang berfikir jika kegiatan makan hanya sebatas kewajiban saja, sehingga pola makan menjadi tidak beraturan. Banyak yang berasumsi jika makan ya makan saja, asalkan perut kenyang semuanya beres. Ternyata tidak semudah itu, faktanya jenis makanan yang masuk ke dalam tubuh sangat mempengaruhi organ-organ di dalamnya.

Pengaruh makanan terhadap kesehatan organ di dalamnya

Apa sih pola makan sehat itu? Pola makan sehat adalah suatu cara atau usaha dalam pengaturan jumlah dan jenis makanan dengan maksud tertentu seperti mempertahankan kesehatan, status nutrisi, mencegah atau membantu kesembuhan penyakit. Pada dasarnya makanan yang kita konsumsi itu baik, namun menjadi tidak baik karena sebab-sebab tertentu.

Terutama dari cara pengolahannya, bahan tambahan, pengkombinasian makanan yang salah menjadikan makanan tersebut tidak sehat, atau bahkan jadi tidak layak makan. Makanan tidak layak itulah yang dapat mempengaruhi organ di dalam tubuh terutama pencernaan. Selain mempengaruhi organ pencernaan, makanan juga bisa mempengaruhi organ lain salah satunya mata.

Pentingnya menjaga kesehatan mata

Sejauh yang kita tahu, mata juga merupakan organ yang berperan aktif bagi tubuh, bahkan menjadi kekuatan terbesar bagi tubuh untuk melangsungkan kehidupan. Secara logis, bagaimana kita bisa melakukan rutinitas tanpa mata? Karena itulah kesehatan mata perlu dijaga sebaik mungkin. Seperti yang kita tau, banyak sekali gangguan kesehatan organ mata dan itu akan sangat mengerikan jika sudah terlanjur parah.

Baca juga :Melatih ketajaman mata dengan latihan sederhana ini

Atau permasalahan umum saja seperti mata lelah, mata minus, mata silinder tidak lain disebabkan oleh pola hidup yang tidak benar. Salah satunya pola makan. Bagaimana jika mata sudah mengalami berbagai keluhan? segera ubah pola hidupmu. Meskipun ini sedikit terlambat, namun tidak ada salahnya daripada tidak sama sekali. Nah, seperti apa makanan yang cocok bagi kesehatan mata?

Makanan yang direkomendasikan untuk menyehatkan mata

  • Asam lemak Omega 3

Lemak ini memiliki khasiat untuk meningkatkan konduksi saraf di retina juga membantu mengurangi degenerasi makula dari kondisi mata dan glaukoma. Apa saja makanan yang mengandung omega 3? sayuran dengan daun berwarna gelap, minyak biji, ikan air laut seperti sarden, salmon dan halibut. Kebutuhan asam omega yang baik yakni 1500mg-3000mg per hari.

  • Omega 6

Asam ini memiliki fungsi untuk melindungi mata dari kerusakan, juga sel-sel lainnya di dalam tubuh. Asam ini tidak di hasilkan oleh tubuh, karenanya untuk memenuhi kabutuhan asam ini kita harus menciptakannya sendiri. Maksudnya, dengan bantuan makanan-makanan seperti minyak bunga matahari, biji anggur, dll. Kebutuhan yang ideal yakni 1500mg per hari.

  • Karotenoid

Merupakan pigmen organik yang terdapat dalam beberapa jenis tanaman dan organisme fotosintetik. Karotenoid dibedakan menjadi empat jenis yakni, beta karoten, alpha karoten, gamma karoten dan cryptoxanthin beta yang mengandung vit A yang berperan penting dalam meningkatkan penglihatan dan kesehatan mata. Makanan yang mengandung karitenoids yakni, Blueberry (180-240mg per hari),

  • Iutein

Iutein mengandung anti oksidan yang mempu melindungi mata dari perubahan radikal bebas yang disebabkan oleh radiasi UV. Jenis makanannya yakni sayuran bayam, selada, brokoli, sawi, jagung, dsb (kebutuhan 6-20mg per hari). Makanan ini mengandung )

  • Zeanxanthin

Mengandung antioksidan alami yang mampu melindungi mata dengan menyerap cahaya biru dari sinar UV yang dapat merusak lensa, juga untuk mengurangi silau. Contoh makanannya yakni saffron, kale, paprika, bayam, buah kiwi, brokoli, selada, jeruk, kacang polong dll. kebutuhan 3mg untuk pencegahan dan 20 mg untuk terapi

  • Astaxanthin

Yakni karatenoid yang larut dalam lemak yang memiliki nilai antioksidan 10kali lebih kuat dari beta karoten dan 500 kali lebih kuat dibanding vit E. Memiliki khasiat untuk mengurangi resiko katarak, ablasio retina, dan degenerasi makula. Contoh makanannya yakni udang, kepiting, wortel, lobster, salmon, paprika, dan sayuran berpigmen lainnya. Makanan ini mengandung

  • Asam amino

beberapa jenis asam amino seperti sistein, taurin, quercitin dan rutin mengandung asam amino esensial yang membantu mencegah berbagai ganguan mata. Antioksidan ini mempu melindungi mata dari radikal bebas dan membantu sirkulasi darah ke dalam retina. COntoh makanannya yakni, telur, susu, ikan, daging, yoghurt, paprika merah, bawang putih, gandum, apel, teh hitam, teh hijau, tomat, murbei, ceri, buah jeruk, pir, dll. Kebutuhan per hari 500-1000mg

  • Vitamin

Sudah jelas sekali vitamin sangat dibutuhkan dan memiliki peran yang sangat penting terutama dalam menjaga kesehatan mata. Beberapa makanan bervitamin yang di rekomendasikan yakni.

Vitamin A. Meminimalisir kondisi mata seperti katarak, rabun senja, mata kering, glaukoma dan degenerasi makula. Jenis makanan (sayuran hijau) kebutuhan (15.000-25.000 IU per hari).

Vitamin C. contoh makanan, Rose pinggul, cabai, peterseli, kiwi, brokoli, pepaya, jeruk, lemon, melon, bunga kol dan buah jeruk dan sayuran lainnya, kebutuhan 500 3000mg per hari.

Vitamin E. Mengatur aktivitas enzim dan membantu dalam fungsi neurologis dan menurunkan tekanan mata glaukoma. Contoh makanan : kacang-kacangan dan minyak kacang, alpukat, labu, ubi jalar, mangga, tomat, pepaya dll, kebutuhan 400IU per hari.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *