Sering meletakan hp dibawah bantal saat tidur? Ini akibatnya

Handphone sudah menjadi salah satu kebutuhan yang wajib kita miliki di era modern ini. Kenapa wajib? handphone merupakan alat komunikasi yang sangat praktis dan berguna, tanpa memiliki handphone kita akan serba ketinggalan, kurangnya informasi, sulit berinteraksi dari kejauhan, sulit meminta bantuan ketika dalam keadaan darurat dan masih banyak sekali kerugian yang akan kita dapatkan jika tidak memiliki handphone. Di era modern ini, sebenarnya sudah tidak ada alasan bagi kita untuk tidak memiliki handphone sama sekali. Harga handphone yang ekonomis dan bisa terjangkau oleh semua kalangan bisa dengan mudah kita dapatkan. Setidaknya, ponsel second dengan harga 50rb saja itu sudah ada dan berserakan dimana-mana.

Apalagi bagi kaum remaja, jangankan tidak punya handphone, tidak update handphone keluaran terbarun saja sudah dianggap tidak mengikuti zaman, atau yang istilah kerennya ”kekinian” Yap, seiring perkembangan zaman handphone semakin mengalami kemajuan dari mulai design, fitur dan kecanggihan lain yang membuat penggunanya semakin tergiur dan ketagihan dalam penggunaan. Selain itu gadget manjadi salah satu senjata bagi kaum muda untuk melakukan berbagai aktivitas yang menyenangkan, dari mulai chating, streaming film korea, update gosip terbaru, materi belajar, cara memasak, al-qur’an, cara belajar, dan masih banyak lagi. Semua kebutuhan ada hanya dalam satu gengaman saja, maka tidak heran jika orang-orang tidak bisa lepas dari yang namanya gagdet.

Kemunculan gadget yang semakin elegan dan mewah ini membuat orang-orang terus ketergantungan tanpa membiarkannya jauh dari pandangan,selama waktu istirahat kerja, istirahat sekolah atau yang parah menggunakannya di waktu yang tidak seharusnya seperti lagi kerja atau lagi KBM (kegiatan belajar mengajar) hanya untuk chatingan,searching hal yang tidak penting, game dan berbagai alasan lainnya. Jika begini, adakah waktu luang untuk istirahat sejenak tanpa hp? Jawabannya adalah tidak. HP memang penting dan sangat dibutuhkan, namun penggunaannya yang tidak berbatas juga dinilai tidak baik, malah mengancam kesehatan.

Efek penggunaan gadget bagi kesehatan

Penggunaan hp yang berlebihan tanpa batas waktu membuat kita melupakan segala rutinitas dan terlalu terpaku dengan memainkan hp secara terus menerus. Apakah hal ini membuat anda tidak sehat? Jelas. anda akan melupakan jam makan, terlalu banyak berdiam diri, posisi tubuh yang tidak seimbang, terlalu lama menunduk, dan mata yang terlalun lama menatap hp. meski terbilang sepele, beberapa poin ini sangat berpengaruh sekali terhadap kesehatan anda. Misal, terlalu asik main gadget jadi lupa makan ujung-ujungnya sakit, badan jadi pegal karena terlalu banyak menunduk, mata menjadi minus karena terlalu banyak menatap layar hp. Selain itu, apakah anda menyadari bahwa hp memiliki radiasi yang sangat kuat? Efek sinar radiasi ini juga bisa mempengaruhi kesehatan anda, bahkan bisa berakibat fatal jika terlalu sering terkena paparannya.

Efek sinar radiasi handphone bagi kesehatan

Salah satu kesalahan fatal yang sering dilakukan adalah membawa hp ketika tidur. Apakah anda juga sering melakukannya? kebiasaan ini sering sekali dilakukan dan menjadi suatu hal yang biasa. Menjelang tidur cek dulu hp, lalu menyimpannya di dekat bantal karena takut ada pemberitahuan yang masuk, ada juga yang sampai taruh hpnya diatas jidat karena ketiduran. Begitu pentingnya hp sampai dibawa kemana-mana? Secara kasat mata mungkin ya prilaku tersebut terkesan biasa saja, malah banyak sekali yang melakukannya jadi dianggap suatu yang lumrah. Padahal, menurut ilmu kesehatan hal tersebut sangatlah tidak sehat. Apa dampak yang akan ditimbulkan?

Resiko menyimpan hp dekat bantal selama tidur

Insomnia

insomnia merupakan salah satu gangguan kesehatan yang paling banyak di keluhkan, kurangnya kualitas tidur sangat berpengaruh sekali terhadap kesehatan tubuh. Menyimpan hp dekat bantal merupakan salah satu penyebab insomnia yang cukup serius. Mengapa demikian? radiasi yang dipancarkan hp bisa mengganggu produksi hormon melatonin di dalam tubuh. Jika hormon ini terganggu akan menyebabkan gangguan tidur atau insomnia. Meski terlihat sepele, namun jika diabaikan begitu saja akan menimbulkan dampak yang lebih buruk lagi.

Masalah infertilitas

Munculnya masalah kesuburan pada pria ternyata bisa diakibatkan oleh paparan radiasi electromagnetick handphone. Hal ini dinyatakan menurut penelitian yang telah dilakukan di universitas Queen di Kanada. Menyatakan bahwa Paparan sinar radiasi dapat mengakibatkan tingkat produksi hormon luteinizing (LH) yang merupakan hormon reproduksi penting yang disekresikan oleh kelenjar hipofisis di otak menjadi lebih rendah. Paparan radiasi handphone dapat mengakibatkan jumlah produksi hormon testosteron yang lebih tinggi.

Merusak sel otak

Radiasi yang di pancarkan oleh handphone dapat merusak sel-sel yang berada di dalam otak, yang dimana jika kebiasaan ini terus dilakukan akan berakibat fatal. Namun pada awal gejala muncul rasa pusing ketika bangun tidur yang akan terus mengalami gejala peningkatan yang semakin parah jika kebiasaan tidak segera dihentikan. Beberapa pendapat bahkan menyatakan bahwa hal ini beresiko kanker yang lebih tinggi. Benarkah?Radiasi hp bisa sebabkan kanker otak? Ini fakta sebenarnya!

 

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *