Sering ngorok saat tidur? lakukan cara ini untuk menghilangkannya!

Salah satu gangguan tidur yang paling mengganggu adalah ngorok. Ngorok atau yang secara medisnya disebut dengan obstructive sleep apnea adalah suara yang ditimbulkan saat tidur karena adanya getaran jaringan pada saluran udara bagian atas.

Kebiasaan ini sangat mengganggu tidur orang yang ada di sebelahnya, kan banyak orang yang sensitif dengan suara-suara yang dapat membangungkan tidur, begitupula suara dengkuran yang sudah pasti mengganggu.

Apakah anda termasuk orang yang tidak nyaman mendengar suara dengkuran saat tidur? atau anda sendiri yang mengalaminya?Mendengkur disebabkan oleh tersumbatnya hidung oleh lendir atau mukus yang penyebabkan  saluran pernafasan tidak bisa menerima pasokan oksigen dengan baik selama tidur sehingga munculah suara ngorok sebagai tanda hal ini terjadi.

Meskipun anda tidak menyadarinya, kebiasaan mendengkur bisa sangat merugikan terlebih bagi anda yang sudah menikah, tentunya pasangan anda akan mengeluh susah tidur saat kalian tidur bersama, bukannya tidur berbeda kamar akan membuat anda galau? Ya maka segera hilangkan kebiasaan buruk itu.

Entah itu dari anda ataupun pasangan, kebiasaan mendengkur harus segera diatasi. Jika tidak, kebiasaan ini justru akan sangat membahayakan. Tidak percaya? Baca penjelasannya : Penyebab sleep apnea, hindari mendengkur saat tidur

Bagaimana cara menghilangkan ngorok saat tidur?

Saatnya anda keluar dari zona tidak nyaman ini, anda mungkin lelah dengan dengkuran pasangan, atau anda lelah di omeli pasangan karena mendengur nah harus segera mencari solusinya. Bagaimana dengan mereka yang suka tidur sendirian? siapa yang akan menyadari kebiasaan buruk ini melekat pada dirinya?

Nah untuk mengetahuinya cobalah untuk tidur bersama adik atau kakakmu, atau minta pengamatan dari temanmu, atau hidupkan perekam suara sebelum tidur untuk mengetahui apakah anda memiliki kebiasaan buruk ini atau tidak. Setelah mengetahuinya lalu hasilnya anda mengorok saat tidur maka segera lakukan penanganan dengan tips berikut yang telah saya rangkum dari beberapa sumber.

Teraphy uap

Lakukan teraphy ini minimal 30 menit sebelum pergi tidur dengan teratur. Usahakan untuk tidak tidur sendirian, agar anda bisa mengetahui perkembangan teraphy ini melalui pengamatan orang di sebelah. Jika pun harus tidur sendiri, seperti yang saya katakan gunakan perekam suara untuk mencari tahu perkembangan hasilnya. Jika kebiasaan mendengkur sudah hilang maka anda bisa menghentikan teraphy ini.

Cara teraphy : masukan air panas ke dalam baskom lalu hirup uapnya dalam-dalam, agar uap tidak berhamburan dan cepat pergi anda bisa menutupnya menggunakan handuk. Teraphy ini bertujuan untuk mencairkann mukus atau lendir penyebab hidung tersumbat yang merupakan pemicu munculnya suara ngorok.

Teraphy Gelombang Stop Snoring

Teraphy ini bertujuan untuk mengirimkan frekuensi suara ke jaringan saraf otak dan mampu menstimulasi /menenangkan pikiran alam bawah sadar agar anda berhenti dari kebiasaan mendengkur.

Cara teraphy : Teraphy ini menggunakan audio musik berbentuk head phone atau speaker kecil yang dibiarkan berada disamping tubuh ketika mata terpejam. Tujuan dari teraphy ini yakni untuk melatih otak dan sistem pernafasan agar lebih tenang sehingga mampu merangsang masuknya oksigen ke dalam rongga hidung untuk memperlancar pernapasan ketika tidur. Lakukan terapi ini 30 menit setiap hari.

Teraphy Yoga prayanama

Yoga memiliki banyak gerakan nah salah satu gerakan yoga teranyata efektif untuk mengatasi gangguan tidur mendengkur yakni yoga prayanama. Cara ini bertujuan untuk meningkatkan kesehatan sisten pernapasan saat tidur, ketika melakukan teraphy yoga tambahkan pula aroma teraphy yang harum agar anda lebih nyaman.

Cara teraphy : Rilekskan tubuh lalu duduklah dengan kaki bersila, berusaha untuk tetap santai dan tegak. Tariklah nafas sedalam-dalamnya kemudian tahan beberapa saat lalu hembuskan perlahan-lahan. Lakukan gerakan ini berulang kali hingga anda merasa cukup. Minimal lakukan 5-10 kali.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *