Siapa saja yang dilarang mengkonsumsi kopi?

Bagi sebagian besar orang kopi merupakan minuman yang wajib di konsumsi untuk menemani berbagai ritual malam seperti mengerjakan tugas sekolah, lemburan kerja, atau menjaga lilin agar tidak padam (lagi mati lampu misalnya) Kopi memang minuman mengagumkan seteguk saja meminumnya akan menambah jam sadar kita agar selalu terjaga.

Itulah mengapa kopi menjadi minuman kebanggaan penyukanya. Sayangnya kebanggaan kopi hanya diakui oleh beberapa kalangan saja, sebagiannya lagi malah memusuhi kopi karena dianggap sebagai minuman pemicu kambuhnya penyakit. Setiap orang memang memiliki kecocokan tersendiri terhadap makanan ataupun minuman yang dikonsumsinya, seperti halnya kopi, bagi sebagian orang kopi dianggap musuh yang wajib dihindari.

Padahal kopi tidak selalu dianggap buruk, faktanya banyak sekali manfaat yang bisa kita peroleh dengan mengkonsumsi kopi, misalnya saja untuk menghindari stress, kandungan kafein di dalam kopi berfungsi untuk meningkatkan kadar dopamin di otak yang membuat kita merasa lebih baik dan meningkatkan suasana hati. Dan masih banyak lagi manfaatnya.

Tetapi hanya orang-orang tertentu saja yang bisa mengkonsumsi kopi dengan nyaman. Mengapa demikian? seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, bagi sebagian orang kopi merupakan musuh terbesar yang wajib mereka hindari, hal ini di karenankan kafein tidak selalu cocok konsumsi untuk orang-orang tertentu.

Siapa saja yang dilarang mengkonsumsi kopi?

  • Penderita penyakit lambung

Kandungan kafein di dalam kopi dapat meningkatkan asam lambung sehingga setelah mengkonsumsinya akan menimbulkan efek mual hingga muntah-muntah juga muncul nyeri di bagian ulu hati yang terkadang tidak tertahankan. Sudah tahu begini mengapa masih di konsumsi juga?  Anjuran dokter memang menyarankan agar penderita tidak mengkonsumsinya, bahkan wajib memusuhinya demi menghindarkan diri dari efek yang akan di timbulkannya nanti.

Tetapi masih banyak saja yang ngeyel mengkonsumsinya, nah bagi orang-orang ngeyel seperti ini solusinya adalah mengkonsumsi Kopi arabika yang memiliki kadar kafein yang rendah. Atau jenis kopi decaffeinated coffe atau kopi decaf yang sudah dihilangkan kandungan kafeinnya, jenis kopi decaf sendiri sudah terkenal di beberapa negara maju, nah di Indonesia sendiri sudah banyak berjejeran Cafe yang terbilang mewah dan modern, disana anda mungkin bisa menemukannya.

Baca juga : Cara menggunakan Gastric untuk mengobati lambung perih

  • Penderita hipertensi

Banyak yang berpendapat bahwa kopi merupakan minuman larangan bagi penderita hipertensi, Bahkan menurut salah satu penelitian studi menyatakan bahwa kopi dapat merangsang sistem saraf pusat yang akhirnya akan meningkatkan frekuensi denyut jantung dan tekanan darah.

Namun beberapa penelitian lain justru tidak membenarkannya. Salah satunya penelitian yang dilakukan oleh Preventine and Clinical Investigation Centre di Paris yang menyatakan bahwa kopi aman di konsumsi oleh penderita hipertensi. Jika anda bingung memilih pendapat yang mana anda bisa mengambil pilihan untuk tidak mengkonsumsinya saja mengingat efek yang mungkin saja terjadi nantinya. Atau diatur saja pengkonsumsiannya.

  • Penderita jantung

Memiliki riwayat penyakit memberi beban tersendiri terhadap penderita. salah satunya yakni dilarang mengkonsumsi jenis makanan atau minuman tertentu. Salah satunya isu bahwa penderita penyakit jantung dilarang mengkonsumsi kopi, Benarkah? Dokter ahlinya pun akan membenarkan pernyataan tersebut. Kandungan kafein dalam kopi dapat menambah beban jantung atau bahkan memicu serangan jantung sehingga penderita disarankan untuk tidak mengkonsumsinya karena di takutkan efek yang akan ditimbulkan nantinya.

  • Wanita lansia

Saat memasuki usia lansia fungsi kerja organ akan semakin menurun, itulah mengapa pada usia lansia penyakit rentan sekali menyerang tubuh. Selain itu asupan makanan yang di konsumsi pun harus di perhatikan. Hindari jenis makanan yang sulit dicerna tubuh.

Penyakit yang paling sering menyerang lansia yakni tulang keropos atau  osteoporosis, banyak yang menyatakan bahwa salah satu penyebabnya adalah mengkonsumsi kopi, bagi wanita lansia kandungan kafein di dalam kopi dapat mengurangi kadar kalsium yang dibutuhkan oleh tubuh. Meskipun belum jelas secara pasti namun ada baiknya untuk berhenti mengkonsumsinya dari sekarang, atau bila anda sudah kecanduan dengan minuman berkafein ini maka kurangi takarannya.

  • Wanita hamil

Saat mengandung wanita biasanya mengalami beberapa fase yang secara umum sering menyerang seperti mual, muntah, tingkat stress yang semakin memuncak, nah untuk mengatasi stress yang memuncak ini biasanya wanita hamil terbesit dalam fikiran untuk mengkonsumsi kopi, seperti yang sudah jelas secara medis pun bahwa kopi memiliki khasiat untuk mengurangi kadar stress.

Namun hal ini tidak berlaku bagi ibu hamil, kandungan kafein dapat menemus plasenta ibu hamil dengan mudah sehingga berdampak pada detak jantung bayi, oleh karena itu, penting untuk membatasi jumlah asupan kafein. Bahkan usahakan untuk tidak mengkonsumsinya sama sekali.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *