Apakah progeria baby menular?

Setelah di lahirkan bayi akan mengalami perkembangan seiring berjalannya waktu, dari mulai menyamping, tengkurap hingga bisa berjalan. Bukan hanya berbatas pada kemampuannya saja, bayi juga akan mengalami beberapa tahap perubahan fisik, yakni wajah dan postur tubuh. Selanjutnya setelah usia semakin bertambah perubahan fisik dan kemampuan pun lebih meningkat lagi.

Pada intinya, manusia akan mengalami reformasi dari masa kanak-kanak, remaja, dewasa, hingga tua dan meninggal (pada waktu yang ditetapkan). Sayangnya, tidak semua orang mengalami proses ini dengan baik, seperti yang sudah kita ketahui, banyak sekali fenomena kelahiran bayi yang tidak normal seperti cacad fisik permanen (tidak memiliki salah satu anggota tubuh).

Hal ini tentunya akan menghambat pertumbuhan anak dari mulai dia dilahirkan, hingga fase-fase yang seharusnya terjadi di lalui begitu saja. Kita mungkin sudah terbiasa dengan fenomena bayi tanpa memiliki kaki, bayi tanpa tangan, bayi kembar siam, dan berbagai kelainana lainnya. Meski mengerikan, kita rasanya sudah lama berkenalan dengan jenis-jenis kelainan ini. Namun bagaimana dengan kelainan pengeria baby? apakah kelainan ini termasuk ke dalam daftar kelainan yang sudah anda kenal akrab?  Pengeria termasuk ke dalam jenis kelainan yang langka di dunia, sehingga jarak sekali orang yang mengetahuinya.

Jika bayi pada umumnya memiliki wajah yang lucu dan kulit halus nampaknya ini tidak terjadi pada penderita progeria. Mengapa demikian? Penderita progeria memiliki kelainan yang cukup aneh, dia akan mengalami penuaan wajah yang tidak normal. Jika kulit keriput bisa kita kemui pada usia 45-50 tahun, ini tidak berlaku bagi penderita progeria. Mereka akan mengalami penuaan kulit lebih cepat daripada normalnya, yakni ketika masih bayi (balita)

Mengenal penyakit progeria baby

Progeria merupakan penyakit kelainan genetika yang langka bahkan mematikan. Kelainan ini juga dikenal dengan nama lain yakni sindrom Hutchinson-Gilford. Mengapa kelainan ini dianggap sebagai jenis kelainan yang langka? Tidak seperti bayi pada umumnya, bayi yang mengidap pengeria mengalami penuaan lebih cepat sehingga wajah yang dimilikinya terlihat seperti orang lansia. biasanya, proses penuaan cepat ini akan dimulai ketika dia memasuki umur dua tahun.

Secara medis, progeria terjadi karena adanya mutasi genetik yang menyebabkan terganggunya fungsi sel, yang membuat progeria terlihat lebih tua.Apa penyebab pengeria? Apakah progeria menular? Hingga kini medis masih belum mengetahui pasti apa penyebab utamanya. Penelitian menyatakan bahwa kelainan ini tidak menular dan bukan penyakit turunan, kondisi ini bisa menimpa siapa saja tanpa membedakan jenis kelamin atau ras.

Penderita progeria biasanya tidak akan bertahan hidup lebih lama dan memiliki harapan hidup hingga 13 tahun saja (minimal) namun ada juga yang bertahan hingga puluhan tahun dengan keterbatasan fisik yang tidak normal seperti orang lain. Usia maksimal penderita progeria yang bertahan hidup ada yang mencapai 20 tahun. Meski dinyatakan demikian, bukan berarti penderita progeria selalu berakhir menyedihkan.  Meski kecil, kemungkinan hidup masih memiliki kemungkinkan. Apakah progeria baby bisa di sembuhkan? Kemungkinan sembuh secara normal (layaknya bayi pada umumnya) mungkin akan terasa sulit. Namun, beberapa pengobatan bisa dilakukan untuk meringankan gejala dan mempertahankan hidup penderita lebih lama lagi.

Pengobatan apa yang bisa dilakukan?

  • Inhibitor farnesyltransferase (FTI). Salah satu jenis obat untuk kanker, yang mungkin bisa dikonsumsi penderita progeria untuk memperbaiki kerusakan sel-sel tubuh.
  • Aspirin dosis rendah. untuk mencegah serangan jantung dan stroke pada penderita progeria.
  • Hormon pertumbuhan. berfungsi untuk menghambat produksi protein prelamin A yang abnormal. Hormon ini juga bisa membantu menambah berat badan dan tinggi anak penderita progeria.
  • Obat kolesterol dan antikoagulan. untuk menurunkan kadar kolesterol dan mencegah penggumpalan darah di tubuh penderita progeria.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *