Stress pemicu utama penyakit maag kronis, ini alasannya

Maag merupakan penyakit gangguan pencernaan yang diakibatkan oleh kadar asam berlebih yang diproduksi oleh lambung dan menyebabkan iritasi di selaput lendir lambung. Dalam kondisi normal asam diperlukan untuk membantu mencerna makanan yang masuk ke dalam tubuh. 

Namun jika kadar asam di dalam lambung melebihi batas normal maka akan mengakibatkan peradangan yang merupakan awal mula penyakit maag. Penyakit maag biasanya disertai dengan munculnya rasa nyeri yang tidak tertahankan di bagian perut.

Penyebab utama penyakit maag secara medis yakni bakteri helicobacter pylori (H.pylori) yang menyerang tubuh dan menyebabkan munculnya luka pada lambung. Lalu, darimana bakteri ini berasal? bakteri bisa masuk kapan saja selagi ada peluang untuknya masuk ke dalam tubuh.  Bahkan tanpa kita sadari bakteri bisa terselip di makanan atau di sela-sela kegiatan kita sehari-hari.Setelah bakteri masuk ke dalam tubuh dan berkembangbiak maka mudah untuknya merusak organ di dalam tubuh.

Begitupun bakteri yang menyebabkan penyakit satu ini, meskipun telah dibantai menggunakan anti biotik yang ampuh tidak akan mampu mengobati luka yang sempat dibuatnya. Inilah yang membuat penderita maag akut sulit untuk sembuh dan rentan kambuh..

Apa penyebab maag secara umum?

Pada dasarnya setiap penyakit memiliki penyebab utama yang mendasari asal muasalnya penyakit tersebut muncul. Begitupula dengan penyakit maag, penyakit ini berkaitan erat dengan sistem pencernaan, dengan begitu sudah bisa kita lihat jelas bahwa asupan makanan sangat berpotensi tinggi sebagai penyebab utama penyakit maag.

Gaya hidup yang serba instan memudahkan kita untuk mengerjakan sesuatu dengan mudah, pekerjaan semakin cepat terselesaikan dengan berbagai macam teknologi yang tercipta kini. Bukan hanya teknologi jenis pakai saja, termasuk dalam hal mengkonsumsi makanan kita bisa dengan mudah memperolehnya dengan memanfaatkan restoran makanan siap saji yang bisa kita temukan di pinggir-pinggir jalan.

Cepat dan lezat merupakan pilihan yang paling banyak di buru orang, hal inilah yang membuat makanan siap saji laku di lingkungan masyarakat, selain tidak membutuhkan waktu yang lama. makanan cepat saji cocok untuk saku para pelajar. Itulah mengapa makanan siap saji laku di pasaran.

Meski demikian bukan berarti kita memanfaatkannya setiap hari bahkan menjadi ketergantungan terhadap makanan siap saji yang belum tentu baik buruknya. Perlu kita ketahui bahwa makanan siap saji seperti jenis junk food mengandung kadar kolesterol yang tinggi. Jika kadar kolesterol terlalu tinggi makan sulit untuk dipecah di dalam tubuh sehingga menumpuk menjadi gumpalan lemak. Selain makanan junk food, stress sering disebut-sebut sebagai pemicu penyakit maag yang paling parah. mengapa demikian

Apa hubungan stress dengan penyakit maag kronis?

Bukan hanya disebut sebagai faktor pemicu maag saja, stress merupakan faktor utama dalam segala penyakit yang menyerang manusia, dimulai dari penyakit ringan seperti pusing, mual, demam, hingga penyakit kronis seperti jantung dan darah tinggi memiliki asal muasal akibat dari stress.

Ketika stress apa yang sering orang lakukan? jika tidak menangis dengan sekotak tisue di sampingnya minuman dan makanan menjadi bahan pelampiasan amarah yang bernama stress itu. Mood saat stres menurun drastis seperti hilangnya nafsu makan, suka makanan atau jajanan yang tidak sehat juga minuman berkafein atau beralkohol sebagai minuman favorit bagi orang stress. Bahkan rokok dengan tiba-tiba hadir diantara minuman dan makanan tidak berkelas ini.

Orang yang sedang mengalami stress tingkat berat biasanya tidak sadar apa yang mereka lakukan itu sangat salah besar. Bayangkan saja berapa lama and stress? kita ambil 3 minggu. Dan selama itu pula anda melakukan pola hidup tidak sehat seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya.

Lalu lihat apa yang terjadi? dengan mengkonsumsi makanan dan minuman yang tidak sehat seperti itu sistem pencernaan akan terganggu dan memicu datangnya penyakit maag bahkan penyakit lain yang lebih berbahaya. Meski sering dianggap enteng, penyakit maag bisa berubah menjadi penyakit yang mematikan.

Stress mengakibatkan asam lambung naik dan membuat luka pada lambung. Pada intinya, hindari stress dan pemikiran tidak berguna yang hanya akan mengakibatkan penyakit yang justru lebih berbahaya dari masalah yang sedang kamu alami. Cobalah untuk mencari solusinya dan bersikap dewasa dalam menghadapi sesuatu.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *