Sulit membiasakan pola hidup sehat? begini caranya!

Jika ditanya ”bagaimana pola hidup sehat itu?” hampir semua orang pasti mengetahui jawabannya. Makanan bergizi, olahraga dan tidur yang cukup merupakan komponen penting pola hidup sehat yang sudah umum sekali di ketahui.

Meskipun umum hal ini sulit sekali diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, ada banyak dari kita yang berjuang mati-matian untuk mengubah pola hidupnya tapi sering gagal karena masih terbayang-bayang kebiasaan yang dulu sehingga niatnya untuk berubah sering gagal.

Niat awal untuk mengubah pola hidup biasanya sangat menggebu-gebu disertai semangat yang membara untuk melakukan kegiatan sehat yang sudah anda rencanakan. Tapi ini biasanya tidak akan bertahan lama, dalam beberapa hari saja anda akan merasa bosan dan berfikir untuk balik lagi ke pola hidup anda yang sebelumnya.

Mengapa demikian? mengubah kebiasaan itu lebih sulit dari apapun, anda akan selalu dibayang-bayangi kebiasaan anda dulu dan inilah yang membuat anda goyah untuk berubah, karena itulah meskipun anda sudah mengoptimalkan diri untuk mengubahnya anda akan merasa tidak nyaman dan berusaha untuk lari. Meskipun sulit, namun kebiasaan buruk harus benar-benar dihilangkan.

Kebiasaan buruk seperti apa yang saya maksud? meninggalkan sarapan, jarang mengkonsumsi nasi dan lebih memilih jajan di luar, jarang mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan, jarang berolahraga, sering bergadang dan kegiatan2 lain yang sekarang ini sudah dianggap biasa. Setelah tau bahwa kegiatan tsb tidak baik dan efek yang akan ditimbulkan nantinya anda mungkin akan tersadar dan berfikir untuk segera menghentikannya. Apakah ini mudah? Tidak. Seperti yang saya katakan kebiasaan dahulu masih membayang-bayangi kehidupan anda sehingga butuh proses yang panjang untuk membiasakannya.

Bagaimana membiasakan pola hidup yang sehat?

Membuat jadwal kegiatan

Saat berkenalan dengan cara hidup yang baru anda mungkin akan sedikit canggung untuk membiasakannya. Nah untuk membiasakannya buatlah catatan kecil untuk mencatat semua kegiatanmu yang baru, dengan begitu anda menjadi termotivasi untuk melakukan kegiatan tersebut satu per satu.

Buatlah catatan kegiatan ini dalam buku saku yang bisa di bawa kemana-mana, atau buat catatan di hp untuk mempermudah, buat juga design catatan yang lucu dan unik biar semakin semangat untuk terus melihatnya.

Masih bingung tentang jadwal kegiatan yang saya maksud? Buatlah kolom dari hari senin hingga minggu lalu tuliskan jadwal kegiatan yang akan dilakukan. Buat jadwal rutinitas hari-hari seperti bekerja dll. Namun sisipkan di sela sela waktu yang kosong untuk melakukan aktivitas sehat. Yang paling penting atur dulu jadwal makan. Misal : 12:00-13:00 : istirahat makan. menu hari ini telur dadar dan sayur sup (untuk kombinasi makanan bisa bedakan setiap harinya)

Bergabung dengan komunitas olahraga

Daripada menghabiskan waktu untuk membicarakan hal yang tidak penting atau melakukan jenis kegiatan yang tidak berguna ,lebih baik waktu luang anda di gunakan untuk berolahraga. Ambil hari libur untuk memanjakan diri dengan melakukan olahraga. Jika olahraga sendiri dianggap kurang menyenangkan cobalah untuk bergabung dengan beberapa komunitas olahraga agar kegiatan olahragamu menjadi menyenangkan dan tidak jenuh. Anda juga bisa menggunakan aplikasi olahraga yang bisa anda download sendiri untuk memudahkan aktivitas olahraga

Mengkonsumi makanan yang sehat

Asupan makanan merupakan hal yang paling penting dan harus diperhatikan. Hilangkan kebiasaan jajan makanan junk food yang sering anda lakukan dulu. Seperti yang saya katakan sebelumnya masukan jadwal menu makanan ke dalam kegiatan anda. Jika anda pekerja ataupun siswa usahakan untuk bawa bekal langsung dari rumah untuk menyesuaikan menu yang anda buat.

Mengkonsumsi suplemen

Pengkonsumsian suplemen bertujuan untuk menyeimbangi makanan yang masuk ke dalam tubuh, menjalankan aktivitas yang padat dan melelahkan tentunya membutuhkan dukungan makanan bergizi untuk melancarkan aktivitas agar tidak mudah lelah, namun pengkomsumsian makanan saja tidak cukup, anda juga harus menyeimbanginya dengan suplemen vitamin. Tetapi bukan berarti anda bisa mengkonsumsi suplemen apa saja karena tidak semua suplemen baik bagi kesehatan tubuh.

Suplemen berkualitas yang sangat di rekomendasikan : Green World Nutrimax, Meningkatkan daya tahan tubuh dan membersihkan radikal bebas

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *