Tanaman Herbal Penambah Nafsu Makan

Hilangnya nafsu makan menjadi hambatan bagi setiap orang untuk memberi asupan makanan pada tubuh, hal ini menjadi pemicu melemahnya tubuh karena kekurangan asupan gizi yang baik, segala cara pun dilakukan dimulai dari mengkonsumsi obat penambah nafsu makan dan obat lainnya, namun masih banyak sebagian orang yang gagal dengan mengkonsumsi obat-obatan tersebut.

Kondisi ini bisa saja dipengaruhi oleh otak yang stress dan terlalu banyak beban sehingga ransangan yang timbul yaitu hilangnya nafsu makan, hal ini bisa saja berlangsung lama bahkan hingga sulit disembuhkan. Akibatnya tubuh kehilangan tenaga untuk beraktifitas , kondisi ini bisa juga terjadi karena adanya gangguan pencernaan atau penyakit tidak ada nafsu makan yang disebut anoreksia nervosa.

Penyakit ini dilatarbelakangi oleh kondisi emosional yang labil, gejalanya yaitu dengan menolak berbagai jenis makanan yang disertai lemah, letih dan lesu, bahkan penderita mengalami gejala malnutrisi dan anemia.

Penyebab nafsu makan bisa terjadi akibat 2 faktor yaitu faktor internal dan ekternal. Faktor internal dipengaruhi lemahnya energi limpa, sehingga lambung tidak dapat berfungsi dengan baik dan tidak mampu mencerna makanan dengan cepat mengakibatkan lambung tidak terangsang untuk diisi lagi.

Yang kedua yaitu faktor eksternal, faktor ini dipicu oleh diri sendiri yang tidak bisa mengendalikan diri dengan baik, misalnya mengkonsumsi makanan berlemak secara terus-menerus, terlalu banyak berfikir, sedih, stress, cemas, hal ini dapat mengganggu energi lambung.

Solusi menambah nafsu makan agar kembali normal

  • Hindari Stress

Segala aktifitas tubuh dikendalikan oleh otak, jika otak terlalu menyimpan banyak beban akan menimbulkan stress yang membuat ransangan buruk terhadap tubuh yaitu hilangnya nafsu makan, untuk itu hindari stress dan perbanyak istirahat.

  • Mengkonsumsi buah dan sayur

Selain kaya akan vitamin dan protein, buah dan sayur memiliki fungsi untuk menimbulkan nafsu makan yang baik, untuk itu perbanyak mengkonsumsi makanan ini agar mood makan kembali normal.

  • Mengkonsumsi makanan yang mengandung rempah

Bumbu masakan yang berasal dari rempah dapat meningkatkan nafsu makan dengan cepat, selain itu menambahkan rempah pada masakan akan menambah citarasa yang lezat.

  • Mengkonsumsi jamu

Jamu yang berasal dari rempah-rempah seperti kunyit, jahe dan rempah lain terbukti bermanfaat bagi tubuh salah satunya menambah nafsu makan, selain dibuat bumbu masakan, lebih baik lagi dikonsumsi langsung agar khasiat yang diterima tubuh pun langsung terasa, anda bisa meraciknya sendiri dirumah, bahan-bahannya pun mudah ditemukan. berikut jenis rempah-rempah penambah nafsu makan

Alternatif yang lebih mudah untuk solusi menambah nafsu makan

Tanaman herbal penambah nafsu makan

Daun Kenikir

Daun kenikir mempunyai khasiat sebagai obat penambah nafsu makan, daun ini bisa dijadikan lalaban saat makan, jadi tidak perlu diolah terlebih dahulu, anda bisa menambahkan sambal untuk menambah selera pada makanan.

Temu Lawak

Bahan:

  • 50 gram rimpang temulawak
  • 3 sdm air matang bersih
  • 1 sdt gula aren atau gula jawa.

Pengolahan :

  • Parut rimpang temulawak sampai lumat
  • tambahkan 3 sdm air
  • Peras hasil parutan rimpan temulawak
  • kemudian saring airnya
  • Tambahkan gula jawa atau gula aren pada air saringan tadi, lalu minum. Konsumsi ramuan ini 3 kali sehari dengan dosis yang sama.Temu Putih

Bahan:

  • 30 gram rimpang temu putih
  • 2 gelas air matang

Cara pengolahan:

Tumbuk rimpang temu putih sampai lunak dan halus, kemudian masukkan dalam 2 gelas air. Aduk rata, saring airnya dan minum dua kali sehari.

Brotowali

Bahan-bahan :

  • Daun brotowali 3 helai
  • Batang brotowali 30 gram

Cara membuat :
Brotowali dicuci bersih, lalu batangnya dipotong kira-kira 10 cm. Rebus bahan ini dengan 2 gelas air hingga airnya tinggal ½ bagian. Minum ramuan ini 1 kali sehari.

Daun Pandan

Bahan :

5lembar daun pandan wangi

3 gelas air

Cara Pengolahan :

Potong kecil-kecil daun pandan, kemudian masukan ke dalam panci yang berisi 3 gelas air, rebus hingga airnya tersisa 2 gelas, setelah dingin minum ramuan ini satu gelas saja. Konsumsi 2 kali sehari.

 

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *