Terlalu banyak mengkonsumsi susu, ini dampak buruknya bagi kesehatan

Susu merupakan minuman olahan protein hewani yang berguna sebagai pelengkap untuk memenuhi nutrisi bagi tubuh, tidak heran jika minuman sehat ini banyak dikonsumsi orang sebagai minuman wajib yang harus ada di menu sarapan yang paling sering dikombinasikan dengan roti tawar, roti kering atau berbagai jenis biskuit.

Banyak orang yang merasa bahwa dengan mengkonsumsi susu atau rutin minum susu setiap hari membuat tubuh sehat dan lebih bersemangat lagi dalam beraktivitas. Kita mungkin sudah tidak asing dengan pola makan 4 sehat 5 sempurna, benar? dan nomor 5 yang di katakan sempurna itu tidak lain adalah susu. Jadi kita semua sudah sepakat ya mengkonsumsi susu itu baik bagi kesehatan, nah untuk mengetahui kandungan dan manfaat dari susu simak penjelasan berikut

Apa saja sih kandungan penting di dalam susu?

  • Kalsium
  • Fosfor
  • Vitamin A, dan B12
  • Magnesium
  • Seng

Apa saja manfaat mengkonsumsi susu?

  • Susu merupakan sumber kalsium dan protein bagi tubuh
  • Menjaga kesehatan gigi dan tulang
  • Memperbaiki tekanan darah
  • Menjaga berat badan
  • Mengurangi stress
  • Meningkatkan energi
  • Untuk dijadikan bahan kecantikan

Pernyataan inilah yang membuat orang memaksimalkan diri untuk mengkonsumsi susu rutin setiap hari, bahkan, saking bersemangatnya pengkonsumsian susu di rutinkan melebihi kadar normalnya. Susu memang baik bagi kesehatan, namun pengkonsumsiannya yang berlebih justru membuat kandungan susu tidak menyehatkan di dalam tubuh bahkan bisa membahayakan dan menimbulkan gangguan kesehatan yang serius.

Apa bahaya mengkonsumsi susu secara berlebihan?

Karena menganggap susu itu minuman yang paling baik dan bergizi, banyak yang mengkonsumsinya dengan kadar yang berlebihan, salah satu contoh saja untuk mengoptimalkan pengkonsumsian susu pada anak ibu memberikannya di pagi hari, 1 botol lagi untuk dibawa bekal ke sekolah, sepulang sekolah dan sebelum tidur.

Apakah anda merasa bahwa ini baik bagi anak? sama sekali tidak. Susu memang mengandung kalsium dan mineral yang penting untuk menjaga tulang, namun pengkonsumsiannya yang berlebihan dapat mengurangi zat besi dari tubuh anak. Selain itu beberapa resiko juga akan terjadi bila pengkonsumsian susu melebihi takaran normal

Apa saja resiko yang akan terjadi jika mengkonsumsi susu melebihi takar normal?

Menganggu kesehatan tulang

Seperti yang kita ketahui banyak sekali produk susu yang katanya dapat memperbaiki patah tulang, mengatasi osteoporosis dan sejenisnya. Nyatanya tidak demikian, pengkonsumsian susu secara berlebihan dapat memperburuk patah tulang sebesar 50 persen. Untuk itu;9jgi yang memiliki keluhan nyeri tulang atau osteoporosis lebih dianjurkan mengkonsumsi sayuran hijau dan meminum susu sebagai tambahan saja.

Sembelit

Masalah lain yang ditimbulkan dari minum suus berlebihan adalah sembelit. Masalah sembelit biasanya disebabkan oleh jenis makanan yang tidak berserat, terlalu berlebihan mengkonsumsi susu membuat tubuh mudah kenyang dan enggan untuk makan, hal ini dapat menimbulkan masalah pencernaan.

Baca juga : Pro Cleansing Tea, paling mujarab untuk mengobati sembelit

Anemia

Pengkonsumsian susu dengan kadar yang berlebihan juga dapat meningkatkan resiko balita mengalami anemia defisiensi besi, Yakni kekurangan zat besi di dalam tubuh. Sedangkan susu tidak mengandung zat besi sama sekali. Untuk itu imbangi dengan mengkonsumsi daging merah dan sayuran hijau lainnya.

Bagaimana cara mengatasinya?

Lebih diatur lagi pengkonsumsiannya, seperti yang telah dikutip dari salah satu penelitian The American Academy of Pediatrics (AAP) meyarankan pengkonsumsian susu maksimal 3-2 kali.

Penelitian ini melibatkan 1.300 anak. Hasilnya tubuh mereka kaya akan vitamin D namun kekurangan zat besi. Padahal zat besi sangat penting bagi tubuh, kekurangan zat besi dapat mengakibatkan gangguan perilaku anak, pengendalian diri, pembelajaran, dan gangguan konsentrasi.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *