Terlalu lama di depan komputer, ini dampaknya bagi kesehatan

Komputer merupakan salah satu alat teknologi terkini yang memiliki banyak manfaat, dimulai dari akses internet, penyimpanan data dan masih banyak lagi. Selain itu komputer telah banyak mengalami modifikasi hingga semakin modern, bentuknya pun lebih simpel dan bisa dibawa kemana-mana.

Komputer telah menjadi salah satu barang yang wajib dimiliki, mulai dari anak sekolah, mahasiswa, pekerja kantoran atau pekerja lain yang mengandalkan komputer seperti bloger. Karena ketergantungan dengan teknologi satu ini banyak orang yang tidak beranjak dari tempat duduknya dan menghabisakan waktu di depan komputer demi tuntutan pekerjaan.

Penggunaan teknologi canggih memang diandalkan semua orang untuk menyelesaikan tugas dengan cepat, salah satunya komputer. Namun terlalu berlama-lama diam di depan komputer tanpa aktivitas lain dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Apa saja dampak yang ditimbulkan?

  • Kerusakan pada mata

Cahaya dari komputer akan memancarkan radiasi, sinar radiasi inilah yang menyebabkan organ mata terganggu. Jika seseorang terlalu lama menatap layar komputer maka akan terjadi gangguan mata seperti mata perih, mata merah dan mata berair. Jika kebiasaan ini dibiarkan kemungkinan buruk akan terjadi seperti mata minus.

 

  • Gangguan tulang belakang

Sebagian orang mungkin kurang memperhatikan cara duduk mereka di depan komputer, terkadang mereka lebih suka dengan posisi duduk yang mereka anggap nyaman, namun posisi duduk yang salah justru akan berpengaruh pada tubuh salah satunya pada bagian tulang belakang. Usahakan untuk tetap tegap saat duduk di depan komputer, hindari posisi membungkuk, jika posisi ini dibiasakan terlalu lama maka akan tulang membungkuk sehingga postur tubuh menjadi berubah.

  • Terjadinya penggumpalan darah

Seharian duduk di depan komputer tanpa aktivitas lain membuat tubuh mengalami penggumpalan darah, hal ini disebabkan oleh tubuh yang  tidak melakukan gerakan lain yang membuat aliran darah lancar seperti berjalan-jalan. Penggumpalan darah akan sangat berbahaya bagi tubuh jika dibiarkan.

  • Kegemukan

Terlalu lama duduk tanpa aktivitas membuat tubuh kesulitan dalam mencerna makanan, sehingga makanan yang telah masuk kedalam tubuh menumpuk menjadi lemak, terlebih jika anda terbiasa ngemil saat main komputer, kemungkinan berat badan yang berlebih sangat tinggi.

  • Menurunnya daya ingat

Hasil penelitian menyatakan bahwa orang-orang yang bekerja di depan layar komputer lebih dari 55jam akan mengalami penurunan daya ingat.

Memicu datangnya penyakit

  1. Kanker usus

Sebuah penelitian yang dilakukan di australia menyatakan bahwa orang yang sering duduk di depan komputer terlalu lama memiliki resiko tinggi terkena penyakit kanker usus. Hal ini disebabkan oleh pasifnya tubuh dalam bergerak.

 2. Serangan jantung

Tubuh yang kurang bergerak menganggu aktivitas jantung yang normal sehingga dapat memicu serangan jantung jika dibiarkan terlalu lama terlebih bagi mereka yang memiliki riwayat jantung sebelumnya. Untuk itu lakukan gerakan-gerakan ringan agar kerja organ di dalam tubuh tidak terhambat.

Bagaimana cara mengatasinya?

Kemungkinan buruk yang bisa saja terjadi masih bisa diminimalisir jika anda melakukan pencegahan dari awal, berikut beberapa tips untuk menghindari gangguan kesehatan akibat terlalu lama di depan komputer.

  • Duduk dengan posisi yang benar. hindari pisisi membungkuk apalagi menatap komputer sambil tiduran.
  • Lapisi layar komputer dengan kaca anti radiasi. hal ini bertujuan untuk mengurangi pancaran radiasi dari komputer
  • Memakai kacamata anti radiasi. bertujuan untuk menghindari kerusakan pada mata
  • Melakukan relaksasi. jika tubuh mulai terasa tegang dan pegal lakukan beberapa gerakan relaksasi seperti berdiri sejenak, menggerakan kepala atau beberapa gerakan sederhana lainnya.

 

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *