Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Tips Menambah Nafsu Makan Pada Anak

Makanan yang masuk kedalam tubuh merupakan kebutuhan yang wajib dipenuhi, jika tidak mengkonsumsi makanan dalam sehari saja itu akan berdampak negatif bagi tubuh, tubuh akan kehilangan energi untuk beraktifitas, dampaknya tubuh menjadi lemah, hal ini juga dapat memicu datangnya penyakit.

Kurangnya nafsu makan bisa dipicu oleh perubahan pola makan yang bisa berubah sewaktu-waktu, terlebih untuk anak-anak yang sering mengalami perubahan pola makan, hal ini dapat menimbulkan hilangnya nafsu makan yang tentunya akan berdampak negatif bagi tubuh.

Khususnya bagi anak-anak dibawah umur, mereka lebih sulit makan dibanding orang dewasa, hal ini menjadi hambatan para orangtua untuk memberi asupan gizi yang baik terhadap anaknya, sulitnya mensiasati anak untuk makan membuat orangtua kehabisan akal untuk memberinya makan.

Untuk mensiasatinya biasanya orangtua memberi suplemen penambah nafsu makan atau jenis vitamin lainnnya, namun mengkonsumsi suplemen sebelum makan akan menjadi kebiasaan anak sebelum makan sehingga anak tidak bisa makan tanpa mengkonsumsi suplemen terlebih dahulu.

Sebenarnya tanpa suplemen sekalipun anda bisa mencari tips lain untuk membujuk anak supaya makan, makanan yang disajikan pun biasanya berpengaruh terhadap mood anak yang hilang, berikut beberapa tipsĀ  menambah nafsu makan pada anak.

Tips Menambah Nafsu Makan Pada Anak-anak

Menyajikan makanan dengan tampilan unik

Nafsu makan yang hilang bisa saja timbul karena bentuk atau tampilan makanan yang tidak menarik dan bosan dilihat inilah yang membuat mood makan anak hilang.

Anda bisa memberi vasiasi pada makanan dengan menambah gaya karton kesukaannya atau dengan memberi tambahan bentuk-bentuk yang unik, tentunya makanan yang di variasikan harus makanan yang sehat dan bergizi namun hanya bentuk tampilannya saja yang di ubah.

Menyajikan makanan favorit anak

Diantara makanan yang disajikan setiap hari anak pasti memiliki salah satu makanan favorit yang dibuatkan ibunya, hal ini terlihat ketika anak lebih semangat menyantap salah satu makanan diantara makanan yang lainnya

Namun jangan hidangkan makanan favorit anak setiap hari, hal ini akan membuat anak bosan dan tidak menyukai makanan tersebut, sajikan makanan yang berbeda-beda setiap harinya, namun jika suatu saat anak susah makan anda bisa membujuk dia dengan makanan kesukaanya, maka nafsu makannya akan kembali baik.

Konsumsi Buah-buahan Segar

Selain nasi dan lauk-pauknya, buah-buahan juga sangat penting untuk menambah gizi pada anak, khususnya buah-buahan yang memberi efek nafsu makan pada anak seperti buah pepaya, pisang ambon dan jeruk.

Buah pepaya bisa menjadi aternatif ketika anak mulai kekuranagan nafsu makan, selain buahnya daunnya bisa dijadikanĀ  lalab untuk menambah nafsu makan pada orang dewasa.

Selanjutnya pisang ambon, jika anda memberi beberapa potong saja akan meningkatkan nafsu makan yang hilang, yang terakhir yaitu buah jeruk, rasa asam yang terkandung di dalamnnya mampu menggugah selera makan. Buah-buahan juga bisa menjadi pengganti jika suatu saat anak tidak ingin mengkonsumsi nasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp