Tips meningkatkan daya ingat, dengan 3 langkah ini

Demensia atau yang sering kita sebut dengan istilah pikun merupakan kondisi dimana seseorang mengalami penurunan kerja otak dan kehilangan kemampuan untuk menyelesaikan masalah sehari-hari. Misalnya lupa menyimpan sesuatu, kesulitan untuk menghafal sesuatu atau lupa untuk mengerjakan sesuatu dan beberapa kasus lain yang menganggu kinerja daya ingat.

Pikun biasanya sering dialami oleh lansia. Hal ini disebabkan oleh semakin tua umur seseorang semakin lemah pula kinerja organ di dalam tubuh. Salah satunya menurunnya kerja otak sehingga daya ingat semakin menurun. selain itu fungsi organ lain pun mengalami penurunan seperti kurang pendengaran, osteoporosis dan gejala penuaan lainnya.

Namun bukan berarti semua lansia akan mengalaminya dan semua anak muda tidak memiliki resiko yang sama. Pada kenyataannya masih banyak orangtua yang masih bisa menjalankan aktivitas dengan lancar dengan daya ingat yang kuat meskipun telah menginjak umur yang sudah tua, sedangkan anak muda yang masih berumur belia mengalami gangguan yang daya ingat yang hampir sama dialami para lansia.

Pernahkah anda mengalaminya?

Ketika anda berpergian lalu bertemu dengan seseorang yang menyapa tetapi anda tidak mengenalnya padahal kalian pernah bertemu sebelumnya, atau ketika anda diberi tugas untuk melakukan sesuatu tetapi anda tidak mengerjakannya karena lupa.

Kurangnya daya ingat di usia muda tidak di sangkut pautkan dengan penyakit pikun alamiah yang sering menimpa lansia, hal ini biasanya disebabkan oleh kebiasaan buruk yang bisa dirubah tanpa memerlukan waktu yang lama. Jika tidak segera di atasi anda akan sering mengalaminya, tentunya ini akan menjadi kendala anda dalam beraktivitas, kesulitan anda dalam mengingat sesuatu membuat pekerjaan anda semakin tertinggal.

Pikun yang menyerang lansia disebabkan oleh melemahnya organ-organ di dalam tubuh yang bersifat alamiah dan tidak dapat disembuhkan kasus ini dialami oleh lansia yang berusia 65th keatas. Sedangkan pikun yang dialami anak muda atau sekitar pada umur dewasa hal ini tidak wajar terjadi. Bisa-bisa anda dicap pikun sebelum lansia oleh orang sekitar. Memalukan bukan? untuk itu segera atasi penyakit pelupa anda dengan tips yang telah saya rangkum dari beberapa sumber

Imbangi juga dengan pengkonsumsian suplemen herbal yang berkualitas

Brain Care Capsule, Penting untuk Menyehatkan Jaringan Otak

Tips meningkatkan daya ingat

Luangkan waktu luang untuk bersantai

Lemahnya daya ingat anda mungkin saja diakibatkan oleh rutinitas padat yang dipenuhi pekerjaan rumit dan menumpuk sehingga membuat otak anda kelelahan untuk menampung semua beban yang dialami. Pada akhirnya anda mengalami stress, yang mengakibatkan otak anda sedikit terganggu sehingga mengakibatkan menurunnya daya ingat.

Saat akhir pekan tiba, saatnya anda untuk rileks dengan mencari tempat sunyi dan sejuk, hilangkan semua beban yang sebelumnya berkumpul di pikiran anda. Usahakan untuk melakukan kebiasaan ini bukan pada akhir pekan saja tetapi sesaat setelah pulang kerja, luangkan beberapa menit untuk bersantai.

Misalnya dengan berendam air hangat ditambah aroma teraphy, dan mengoptimalkan waktu untuk istirahat.Jangan biasakan bergadang setelah seharian bekerja, hal inilah yang menyebabkan anda pelupa. Mengapa? otak anda telah bekerja seharian ditambah aktivitas bergadang yang membuat otak tetap terjaga, sehingga otak mengalami kelelahan. Saatnya anda untuk memanjakannya yaitu dengan memenuhi jam tidur yang ideal sehingga kenerja otak kembali pulih.

Fokus dalam melakukan sesuatu

Saat teman anda menceritakan sesuatu lalu meminta anda untuk memberi tanggapan anda malah memintanya mengulangi pembicaraan sebelumnya, atau saat guru anda menerangkan sesuatu dan menunjuk anda untuk menjelaskannya kembali anda malah kebingungan karena tidak memperhatikan.

Dari kasus tersebut apakah ada pernah mengalami salah satunya, atau mungkin keduanya? Jika ya, tandanya anda kurang fokus dalam mengerjakan sesuatu, mengapa anda lupa menaruh sesuatu, mengapa anda tidak bisa menjelaskan kembali penjelasan guru, mengapa ada menglami kesulitan menghafal. Itu semua bisa jadi diakibatkan oleh fikiran anda yang tidak fokus.

Bagaimana cara mengatasinya? buang semua pikiran-pikiran tidak penting yang akan membuat pikiran anda buyar seperti mengingat jemuran yang tidak sempat dikeringkan, atau perhiasan yang tidak anda kembalikan ke kotaknya, lupa tidak memberi makan kucing dan beberapa ingatan lain yang membuat anda tidak fokus dalam menjalankan aktivitas. Saat guru menerangkan sesuatu dan anda tidak bisa menjelaskannya kembali bukan berarti anda pikun alamiah, tetapi karena anda tidak bisa memusatkan pikiran pada satu tujuan.

Memiliki catatan kecil

Jika tips sebelumnya masih belum mengatasi pikun yang anda alami cobalah untuk melakukan tips terakhir. ”memiliki cacatan kecil” catatan yang saya maksud bukan catatan buku besar yang biasa anda pakai untuk menulis materi pelajaran atau menagih uang kredit.

Belilah catatan kecil dengan ukuran saku anda sehingga anda bisa membawanya kemana-mana, untuk apa fungsinya? merangkum semua kegiatan penting yang akan anda lakukan beberapa hari kedepan atau tugas yang harus anda kerjakan dan beberapa point penting lainnya. Jangan jadikan buku itu sebagai tempat curhat cukup tuliskan point yang anda fikir penting untuk mengingatnya.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *