Tips menjaga kesehatan dan kebersihan organ intim wanita

Sebagian besar orang beranggapan bahwa upaya mempercantik diri hanya berbatas pada dua komponen utama saja yakni wajah dan tubuh. Benar saja, rata-rata kesan pertama melihat orang, tidak lain ketika kita melihat wajahnya ataupun badannya. Hanya kedua itu saja, mereka pun akan sebaliknya terhadap kita. Mengapa demikian? karena itulah yang nampak.

Pribahasa tentang ”cantik wajahnya belum tentu cantik hatinya” tidak berlaku dalam pertemuan pertama. Ketika anda melihat orang, terus dia enak di lihat badan ramping, putih, mulus dan sebagainya ya kesan yang terlintas ”good looking” saja. Itulah mengapa dua komponen ini paling di utamakan di antara yang lainnya, ya tidak lain demi tujuan untuk menjaga kualitas penampilan agar terlihat lebih oke

Upaya mempercantik diri sebenarnya tidak berbatas hanya pada dua komponen itu saja, kita sempat melupakan bagian lain yang seharusnya kita jaga. Lalu yang seperti apa sih yang cantik itu? Cantik itu sehat, meskipun anda memiliki wajah sekelas Yoona SDSN tapi memiliki riwayat penyakit mematikan, tetap saja taraf kecantikan yang anda miliki akan berkurang.

Anda malah akan terkalahkan dengan cantiknya orang-orang yang sehat. Organ apa sih yang wajib kita jaga demi mendapatkan tubuh yang sehat? semua organ tubuh dalam dan luar, seluruhnya, bukan hanya sekedar sibuk memperindah tubuh saja atau mempercantik diri dengan makeup saja, seimbangi semuanya.

Bagaimana cara menyeimbangi semuanya? Yakni dengan menjaga asupan makanan dan kebersihan tubuh. Kedua komponen ini saling menyeimbangi satu sama lain, jika anda hanya melakukan salah satu saja, maka kesehatan tubuh yang anda miliki pun hanya terhitung setengahnya saja. Kenapa kebersihan juga dianggap sebagai komponen yang sangat penting? Misal makan makanan bergizi terjaga tapi jarang mandi, ya tetap peluang masuknya bakteri dan dan virus sangat besar lewat tubuh yang kotor, dan bagian tubuh yang paling sensitif yakni bagian organ intim.

Mengapa organ intim menjadi bagian yang paling sensitif?

Organ intim termasuk ke dalam bagian tubuh yang penting dalam kehidupan. Mengapa demikian? Misalnya, ketika organ intim anda tidak bersih anda akan merasa tidak nyaman ketika melakukan hubungan seks dengan suami.

Bukankan hubungan seks itu penting antar suami dan istri? Yap,hubungan intim merupakan kegiatan rutin yang tidak bisa lepas ketika anda sudah berumah tangga. (pilose) Organ intim merupakan bagian tubuh yang paling lembab dan strategis sebagai sarang virus. Bagian intim menjadi sangat menganggu ketika munculnya berbagai permasalahan kesehatan seperti keputihan, gatal, bau dan keluhan lainnya.

Hal-hal semacam ini menjadi bumerang bagi anda untuk segera mengatasinya. Sebab, jika tidak diatasi segera organ intim akan semakin lembab dan menjadi sarangnya virus dan bakteri. Dr Suzy Elneil, konsultan di urogynaecology di University College Hospital, London, dan juru bicara Wellbeing of Women mengatakan bahwa “Secara umum, kesehatan vagina dapat dipertahankan dengan melakukan berbagai aktivitas kesehatan yang baik secara rutin” Misalnya, olahraga, berjalan kaki, tidak banyak diam dan yang paling penting melakukan perawatan dengan cara :

Bagaimana perawatan organ vagina yang benar?

  • Jangan gunakan sabun atau pembersih vagina berbentuk cairan
  • Hindari bahan celana dalam yang tidak nyaman dan jangan terlalu ketat (kekecilan)
  • Ganti celana dalam minimal 2 kali sehari. Jika tidak, anda beresiko infeksi jamur.
  • Cara pembersihan vagina bisa dengan sering membersihkannya dengan air hangat lalu air dingin.
  • Banyak minum air putih. Air dapat membantu anda untuk membuang bakteri yang ada di dalam urin
  • Jika anda mendapati keputihan yang berlebihan dengan bau yang aneh maka segera konsultasikan ke dokter.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *