Tips merawat kesehatan kulit secara alami

Pada dasarnya memiliki kulit yang sehat dan mulus bukan hanya menunjang penampilan saja, tapi dapat mempengaruhi kesehatan anda kedepannya. Anda mungkin tidak bermasalah dengan munculnya satu jerawat di wajah anda, namun jika anda tidak bisa menanganinya dengan benar, satu jerawat akan berubah menjadi seribu jerawat. Menyeramkan bukan?

Namun bukan berarti perawatan medis menjadi pilihan solusi utama, banyak sekali kasus medis yang gagal dalam pengobatan, selain kerugian finansial, anda akan merugikan diri anda sendiri. Sebenarnya, tanpa bantuan medis pun anda bisa memiliki kulit wajah yang sehat alami tanpa efek samping. Yaitu dengan menggunakan perawatan alami yang bisa anda aplikasikan di rumah.

Perawatan kulit secara alami

  • Memaksimalkan porsi tidur

Kurangnya porsi tidur menyebabkan kelelahan, kurang bersemangat dalam menjalani aktivitas sehari-hari, hingga dapat menimbulkan stress. Stress dapat berdampak buruk dalam hal kesehatan kulit salah satu contongnya muncul jerawat. Selain itu orang yang kekurangan porsi tidur akan memiliki lingkaran hitam yang dapat berpengaruh buruk bagi penampilan, wajah akan terlihat kusut dan lemah. Untuk itu maksimalkan porsi tidur anda minimal 7jam sehari demi memenuhi kebutuhan kulit agar selalu sehat.

  • Perawatan kulit menggunakan gel lidah buaya

Lidah buaya terkenal dengan khasiatnya dalam mengatasi permasalahan rambut seperti rambut rontok, rambut berketombe, untuk menghitamkan rambut dan yang lainnya. Ternyata selain menjadi andalan dalam permasalahan rambut, gel lidah buaya memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan kulit.

Anda mungkin menghindari paparan sinar matahari secara langsung karena takut hitam misalnya. salah satu alternatif yang dilakukan sebagian orang adalah menggunakan payung untuk menghindarinya. merepotkan bukan? atau dengan menggunakan produk lotion yang berjejeran di toko kecantikan.

Pernah mendengar lulur lidah buaya? nah, lulur ini memiliki khasiat dua kali lipat dari lotion yang anda pakai, sebab bahan alami yang dipakai langsung memiliki khasiat yang masih utuh. Gel lidah buaya mampu melindungi kulit anda dari paparan sinar matahari secara langsung, sehingga anda tidak perlu khawatir kulit anda akan terbakar. Campuran gel lidah buaya dengan minyak zaitun agar lebih efektif.

  • Membuat minyak herbal

Meski sedikir ribet tapi membuat ramuan herbal sendiri lebih aman dibanding ramuan yang sudah tersedia di toko kecantikan. Dengan membuatnya sendiri anda tidak perlu khawatir terinfeksi bahan kimia yang mungkin berbahaya.

Caranya siapkan minyak zaitun, almond manis atau minyak kenari lalu didihkan selama 20 menit. Saring minyaknya lalu gunakan minyak ini untuk perawatan kulit. Anda bisa mencampurkannya kedalam bak mandi anda untuk berendam, atau bisa dioleskan langsung ke kulit.

  • Berendam air rumput laut

Gunakan waktu luang anda untuk memanjakan diri, salah satunya dengan berendam air hangat dengan tambahan tanaman herbal yaitu rumput laut. Caranya didihkan air di dalam panci besar lalau masukan 4sendok makan rumput laut kering tunggu hingga air mendidih, setelah mendidih tuangkan air kedalam bak mandi lalu campur dengan air dingin hingga hangat kuku. Rendam tubuh anda kira-kira selama 20 menit.

  • Hindari menggunakan lotion produk

Anda mungkin tertarik dengan jenis lotion yang ditawarkan berbagai perusahaan kecantikan yang menjanjikan khasiat yang tidak bisa dilawan naluri. seperti janji produk untuk memutihkan dan menghaluskan kulit anda secepat kilat, Nah setelah mendengar pernyataan itu otomatis anda akan tergiur dan langsung membelinya.

Namun hati-hati dalam memilih produk kecantikan, sebagian besar produk lotion komersial mengandung bahan kimia seperti urea, minyak bumi, warna buatan dan aroma wangi yang bisa menyebabkan alergi terhadap kulit. Tidak sedikit kasus dimana setelah mengguanakn produk tersebut seseorang mengalami eksim bahkan hingga tingkat yang lebih parah. Maka hindari menggunakan lotion buatan pabrik yang akan menyebabkan kulit anda terinfeksi. Gunakan lotion alami seperti minyak kelapa, gel lidah buaya, minyak esensial dan bahan alami lainnya.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *