Tips merawat tubuh setelah operasi kanker payudara

Setelah melakukan berbagai pengobatan namun tidak ada hasil yang membaik cara terakhir yang mungkin ditempuh yaitu dengan melakukan operasi. Operasi dilakukan setelah melihat tingkat keparahan penyakit yang di derita oleh pasien, banyak sekali penyakit yang disembuhkan dengan  melakukan operasi salah satunya yaitu operasi kanker payudara.

Apa itu kanker payudara?

Kanker payudara yaitu terdapatnya keganasan pada sel-sel yang terdapat pada jaringan payudara yang berasal dari komponen kelenjar(saluran epitel atau lobulus) jaringan lemak, pembuluh darah atau jaringan lainnya.

Ciri utama kanker payudara yaitu diawali dengan perubahan tekstur payudara, lalu mulai muncul  benjolan hingga mencapai tingkat keparahan yang lebih seperti keluar darah dan benjolan semakin membesar, yang mau tidak mau seseorang yang telah ada di tingkat ini harus melakukan operasi.

Apakah anda pernah mengalami operasi kanker payudara?

Tujuan operasi kanker payudara untuk menganggkat sel-sel kanker yang telah menyebar, operasi baik dilakukan ketika pasien masih pada tahap yang ringan dengan benjolan yang masih jinak. Setelah operasi bukan berarti anda terbebas dari penyakit. Justru anda memiliki kemungkinan untuk mengidapnya kembali.

Setelah operasi anda masih rentan terkena penyakit bahkan bisa mengundang penyakit lain jika salah dalam melakukan perawatan. Untuk itu perhatikan pola hidup anda setelah operasi, ikuti aturan dokter, jangan lakukan hal-hal yang dapat mengudang penyakit, misalnya infeksi terhadap luka bekas operasi.

Penting untuk dibaca : Herbal untuk mengobati semua jenis kanker

Tips merawat tubuh setelah operasi kanker payudara

Merawat bekas luka operasi

Setelah operasi anda akan memiliki bekas operasi di bagian payudara, yang paling di sepelekan oleh sebagian orang adalah cara perawatannya, berbeda dari bekas luka biasa, bekas luka operasi lebih sensitif. Bila dilakukan dengan perawatan yang salah memungkinkan terjadinya infeksi salah satu penyebabnya yaitu jarang mengganti perban luka bekas operasi. Untuk itu lakukan perawatan dengan benar atas saran dari dokter.

Istirahat yang cukup

Istirahat yang cukup membantu anda memulihkan kerja organ di dalam tubuh, jangan dulu melakukan aktivitas yang berat, tunggu hingga anda tubuh anda pulih kembali.

Mengatur pola makan

Setelah melakukan operasi bukan berarti tubuh anda langsung pulih, bukan berarti anda bebas mengkonsumsi apa saja, tubuh anda masih rentan terkena penyakit, untuk itu hindari makanan tidak sehat yang mungkin anda konsumsi dulu.

Lakukan olahraga kecil

Kondisi tubuh pasca operasi memang masih rentan namun bukan berarti anda harus menghabiskan waktu seharian di tempat tidur tanpa aktivitas, lakukan olahraga kecil seperti peregangan jadi tubuh anda tidak terlalu kaku atau berjemur di bawah sinar matahari antara jam 9 hingga jam 10 setelah itu kembali lagi ke tempat tidur untuk istirahat. Tidak disarankan untuk melakukan olahraga yang berat seperti lari, angkat beban, olahraga ini justru akan memperparah kondisi luka anda.

Setelah tubuh anda pulih kembali hindari pola hidup tidak sehat yang mungkin menjadi penyebab anda mengidap kanker payudara. Anda tidak ingin terkena kanker payudara kedua kalinya bukan? Untuk itu lakukan pola hidup dengan benar setelah operasi.

Pola hidup sehat

  • Berhenti mengkonsumsi rokok
  • Konsumsi makanan yang berserat
  • Menjaga berat badan
  • Berhenti mengkonsumsi alkohol
  • Olahraga teratur
  • Lakukan pemeriksaan rutin untuk mengantisipasi

 

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *