Tips merawat wajah agar terhindar dari jerawat

Memiliki wajah yang bersih tentunya menjadi dambaan setiap orang, munculnya jerawat tentunya menjadi masalah yang cukup besar khususnya bagi remaja yang belum bisa mengatasi hal ini dengan benar, jerawat muncul disebabkan oleh serangan bakteri pada kelenjar sebaceous atau kelenjar minyak, bakteri ini menginfeksi kulit dan membengkak.

Penyebab umum bagi para remaja biasanya diakibatkan kelebihan sekresi sebum oleh minyak pada massa pubertas, mereka cenderung mengalami banyak perubahan hormonal. Jerawat bisa muncul dimana saja dimulai dari wajah, eher, punggung dan bahu. Jerawat memang tidak termasuk penyakit kritis namun dengan munculnya jerawat bisa membuat penampilan menjadi buruk.

Merawat agar wajah bersih dan alami sebenarnya tidak sulit selagi kita menjaga kebersihan tubuh dan melakukan pola hidup yang sehat dan benar, faktor munculnya jerawat pun bisa diakibatkan oleh hormon, keturunan atau faktor-faktor lain seperti kulit wajah yang berminyak, pengaruh debu, kosmetik, dan bakteri. Munculnya jerawat bisa diatasi jika kita melakukan pencegahan terlebih dahulu.

Baca juga : Anti Acne Cream, mengobati jerawat dan bekasnya hingga wajah bersih

Tips merawat wajah agar terhindar dari jerawat

Membersihkan wajah

Membersihkan wajah merupakan hal penting yang harus diperhatikan, kotoran yang menempel di wajah jika dibiarkan begitu saja akan berdampak buruk untuk kulit salah satunya muncul jerawat. Jangan terlalu sering mencuci muka hal ini pun tidak akan baik untuk kulit, lakukan minimal 2kali sehari, sesudah bangun tidur pada pagi hari dan sebelum tidur di malam hari. Gunakan air hangat untuk membersihkan muka setelah memakai kosmetik.

Jangan Membiarkan Rambut Menempel Pada Wajah

Sama hal nya dengan wajah, kulit rambut mengandung kelenjar minyak yang bisa terus meningkat jika tidak dibersihkan dengan rutin, rambut yang berdebu dan kotor jangan dibiarkan menempel pada wajah, karena minyak dari rambut tersebut bisa menimbulkan munculnya jerawat pada wajah.

Hindari Sering Menyentuh Wajah

Seringnya menyentuh wajah mungkin jarang kita perhatikan bahkan jarang kita sadari, Sebaiknya hindari sering menyentuh bagian wajah dengan tangan, karena bisa mengakibatkan kondisi kulit menjadi kurang baik. Hal ini disebabkan karena tangan yang digunakan untuk menyentuh belum tentu bersih bahkan mengandung bakteri berbahaya, untuk itu bersihkan tangan anda agar terhindar dari kotoran.

Diet Sehat

Selain untuk menurunkan berat badan, diet yang sehat merupakan salah satu cara agar tubuh terbebas dari jerawat hal ini disebabkan kandungan gizi dari buah-buahan, sayuran dan makanan bergizi lainnya. Mengkonsumsi makanan yang bergizi bukan hanya terhindar dari jerawat tetapi terhindar dari berbagai penyakit lainnya.

Hindari mengkonsumsi Minuman Bersoda

Soda mengandung aspartame yaitu salh satu zat yang dapat menimbulkan dan meningkatkan jerawat, karena didalam soda terdapat aspartame yaitu salah satu zat yang dapat menimbulkan dan meningkatkan jerawat. Soda juga dapat menurunkan PH yang dapat menyebabkan jerawat yang cukup membandel dan sulit diatasi

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *