Tips sukses diet makananan bagi endomorph

Proses pemangkasan badan sekarang ini sudah dibilang mudah dan banyak sekali caranya, namun yang menjadi kendalanya adalah banyak sekali pemikiran tentang ”mengapa program diet saya sering gagal” atau ”mengapa orang lain berhasil dengan cara ini tapi saya tidak” Banyak sekali keresahan-keresahan yang sering muncul dan menjadi kendala yang sangat besar. Tentu saja, pembicaraan seperti ini sangat mempengaruhi mood seseorang, tidak sedikit juga yang menyerah begitu saja dan tidak melanjutkan program.

Apa sih yang membuat seseorang mengalami kegagalan diet? Bukan hanya berbeda wajah dan pembawaan diri saja, setiap orang memiliki jenis bentuk badan yang berbeda dan ini jarang sekali disadari. Apakah hal ini dapat mempengaruhi kegagalan diet? Jelas berpengaruh sekali. Jika jenis bentuk badan setiap orang sama, taraf kesuksesan program diet pun akan sama, faktanya tidak. Ini tandanya, program diet yang dijalani harus bisa di sesuaikan dengan jenis badan yang dimiliki.

Ada berapa jenis tipe badan yang dimiliki manusia? Sebelumnya, apakah anda pernah mendengar istilah ectomorph, endomorph dan mesomorphs? ini merupakan jenis bentuk badan yang dimiliki setiap manusia. Untuk lebih lengkapnya, baca juga : 3 jenis bentuk tubuh dan pengaruhnya pada penurunan berat badan Kali ini saya akan membahas tip diet sukses endomorph.

Apa itu endomorph?

Endomorph merupakan jenis tipikal badan yang mudah gemuk, dengan ciri bentuk tubuh melengkung bulat. Diantara ketiganya, endomorph termasuk ke dalam jenis tubuh yang sulit diatur apalagi dalam menurunkan berat badan. Meski demikian, bukan berarti endomorph tidak memiliki harapan untuk memiliki tubuh yang ideal. Ketika merasa memiliki tubuh endomorph, maka tugas anda adalah menyimbanginya. Maksudnya, lakukan kegiatan sehat untuk menjauhkan tubuh dari hal yang dapat beresiko memberatkan tubuh.

Endomorph memiliki sistem metabolisme yang lamban, karena itulah endomorph memiliki kelebihan dalam menyimpan lemak dan cenderung mudah gemuk. Untuk meminimalisir hal ini maka lakukanlah pola hidup yang sehat dari mulai olahraga, kebiasaan sehari-hari, makanan dan beberapa hal lain yang dapat beresiko memberatkan tubuh terutama dalam hal makanan. Karena sistem metabolismenya lamban, maka pilihlah makanan yang mudah di cerna

Apa saja makanan yang cocok dikonsumsi endomorph untuk menjaga berat badan?

Makanan merupakan komponen penting yang dapat menentukan kualitas tubuh seseorang, apalagi bagi endomorph, makanan yang masuk ke dalam tubuh akan menjadi tumpukan lemak yang harus dipertanggung jawabkan. Jika begini, apa artinya endomorph tidak boleh makan? atau harus makan dalam porsi yang kecil? Faktanya tidak, sekecil apapun porsi makan jika jenis makanan yang dikonsumsinya tidak sehat maka tumpukan lemak akan terus tertimbun.

Maksudnya, lebih banyak mana satu buah hamburger dan sepiring nasi campur semangkuk sayur? Jika dilihat ukurannya, tentu lebih sedikit hamburger, tapi mana yang lebih sehat dari keduanya? Semangkuk nasi dan sayur. Yap, mengapa demikian? karena hamburger mengandung komposisi lemak jahat yang tidak menyehatkan tubuh. Sedangkan, semangkuk sayur dan nasi lebih menyehatkan dan mudah di cerna oleh tubuh. Karena itulah penjagaan pola makan harus diperhatikan. Berikut beberapa jenis makanan yang direkomendasikan bagi endomorph.

Endomorph harus menyadari kelemahannya dengan mengatur asupan makanan ke dalam tubuh. Persentase kalori yang masuk ke dalam tubuh harus di sesuaikan dengan berat badan dan jenis kegiatan yang dilakukan sehari-hari, jika anda tidak terlalu memiliki kegiatan yang padat maka 31 kalori saja cukup, jika anda lebih aktif maka 33-37kalori per kg. Jika anda sangat aktif maka 35-60 kalori per kg. Jumlah asupan yang masuk ke dalam tubuh adalah, karbohidrat 30 persen, protein 35 persen dan lemak 35 persen. Konsumsi makanan yang tinggi protein dan sayuran.

 

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *