Tukak lambung bisa memicu kanker, benarkah?

Gangguan organ pencernaan seperti maag memang termasuk kasus klasik yang sering terjadi. Penjagaan organ pencernaan yang tidak benar membuat penyakit terinfeksi begitu saja. Inilah simpelnya yang membuat kasus maag sering terjadi. Seperti apa cara menjaga kesehatan organ itu?Cara menjaga organ sistem pencernaan yakni dengan pengkonsumsian makanan yang sehat dan bergizi. Seperti yang sudah kita ketahui, berbagai jenis makanan kini banyak bermunculan dan rata-rata tidak mengandung syarat makanan yang tidak baik bagi pencernaan.

Keadaan tubuh yang masih baik-baik saja seharusnya di manfaatkan agar penyakit tidak menyebar semakin parah, namun inilah yang sulit dipahami, keadaan tubuh yang dirasa normal membuat orang merasa bebas mengkonsumsi apa saja selama tubuh baik-baik saja. Bahkan, orang-orang yang telah terinfeksi penyakit sekalipun masih sering melakukan pelanggaran dengan mengkonsumsi makanan yang tidak sehat.

Apa penyakit maag akan menimbulkan gejala yang semakin parah?

Parah atau tidaknya penyakit tergantung dari bagaimana anda merawatnya. Seberat apapun penyakit,  jika anda melakukan perawatan dengan baik dan benar maka penyakit tersebut memiliki kemungkinan sembuh lebih besar. Sebaliknya, se-enteng apapun penyakit jika perawatannya tidak benar maka besar kemungkinan penyakit tersebut akan meradang menjadi lebih berbahaya.

Maag memang tergolong penyakit umum yang banyak di derita, efek gejala yang dirasakan memang tidak terlalu parah, inilah yang membuat penderita maag merasa biasa saja dengan kondisi yang mereka derita. Untuk kasus maag biasa memang efeknya tidak terlalu parah, namun jika penyakit meningkat maka keparahan pun semakin meningkat. Kita terlalu terpaku dengan penyakit maag saja tanpa memikirkan resiko buruk yang mungkin terjadi, padahal, selain maag banyak penyakit yang berkaitan dengan sistem pencernaan salah satunya penyakit tukak lambung.

Baca juga : Gastric Health Tablet, Direkomendasikan untuk Penderita Penyakit Lambung

Apa itu penyakit tukak lambung?

Tukak lambung (peptic ulcer) yakni luka pada lambung atau usus duodenum yang terjadi karena ketidakseimbangan antara sekresi asam lambung, pepsin dan infeksi bakteri helycobacter pylori dengan faktor pelindung mukosa seperti produksi prostaglandin, gastric mukus, bikarbonat dan aliran darah mukosa.
Tukak lambung disebabkan oleh produksi asam lambung yang tinggi dan iritasi oleh bakteri yang terdapat di lambung.
Tukak lambung merupakan kelanjutan dari penyakit maag, pada tahap ini kondisi lambung sudah luka dan menandakan bahwa lambung telah sensitif terhadap segala sesuatu. Pada tahap ini, tidak sepantasnya anda melakukan pengabaian pengobatan, tukak lambung termasuk penyakit serius yang harus mendapat perhatian lebih dalam pengobatannya. Jika tidak, penyakit akan semakin kronis dan  sulit di sembuhkan. Bahkan, baru-baru penelitian menyatakan bahwa penyakit tukak lambung bisa memicu penyakit kanker. Benarkah?

Benarkah penyakit tukak lambung dapat memicu kanker?

Dinding lambung diselubungi mukus yang mengandung enzim, jika mukus rusak maka enzim akan memakan bagian kecil permukaan lambung. Inilah yang disebut dengan tukak lambung. Tukak lambung menyebabkan berlubangnya dinding lambung sehingga isi lambung jatuh di rongga perut.

Apakah hal ini dapat menyebabkan tumbuhnya sel kanker? Hal ini bisa saja terjadi akibat luka pada bagian lambung yang terbuka bisa saja menjadi tempat strategis bagi sel kanker untuk menyerang dan berkembang biak, Beberapa jenis kanker lambung yang terkenal yakni.

  • Tumor stroma gastrointestina (GIIST) yakni jenis kanker yang menyerang jaringan ikat atau otot-otot dinding perut.
  • Limfoma lambung, yakni kanker yang menyerang jaringan limfatik atau jaringan yang membatu melawan infeksi.
  • Carcinoid, yakni kanker yang menyerang sel-sel penghasil hormon di dalam lambung.

Apa penyebab kanker lambung?

Medis masih belum mengetahuinya secara pasti, hal ini terjadi ketika sel-sel pada bagian lambung berkembang secara tidak terkendali. Akibatnya sel-sel yang tadinya bersifat normal berubah menjadi terakumulasi menjadi tumor yang bersifat merusak dan menjalar ke bagian tubuh lainnya. Karena itulah, jangan anggap enteng penyakit, jika dibiarkan begitu saja maka efeknya akan seperti ini. Segera atasi ketika penyakit masih belum masuk ke tahap kronis agar penyembuhan penyakit bisa lebih mudah.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *