Wanita hamil mengalami perubahan otak, ini penjelasan medisnya!

Sempurnanya seorang wanita bukan karena dia memiliki badan yang mulus dan seksi, bukan karena dia memiliki wajah yang halus dan kinclong, bukan juga berbatas pada penampilan luar yang glamour. Ini hanya kesempurnaan secara kasat mata saja.

Lalu apa sih yang membuat seorang wanita dikatakan telah sempurna? Ketika dia memiliki seorang keturunan.

Mengapa saya katakan ini sebuah kesempurnaan seorang wanita? Ketika hamil seorang wanita dituntut untuk banyak hal demi menjaga buah hatinya di dalam perut dengan baik, ketika masa kelahiran tiba lagi-lagi wanita dituntut untuk bertanggung jawab atas kelahiran anaknya,ini tidak mudah dan penuh perjuangan.

Ketika bayi lahir, ketika itu pula wanita dikatakan sempurna, memberikan seorang keturunan merupakan kesempurnaan yang tidak ada bandingannya di banding kesempurnaan fisik luar. Banyak di luar sana, wanita cantik yang bertubuh bagus tapi sulit mendapatkan keturunan karena banyak faktor.

Memberikan keturunan itu jauh lebih penting, buktinya banyak pernikahan yang tidak langgeng karena permasalahan ini. Bukan hanya sekedar mengandung saja, penjagaan kesehatan wanita ketika hamil juga sangat penting sekali. Faktanya banyak kegagalan kelahiran akibat perawatan ketika hamil yang tidak benar.

Mengapa sering terjadi kesalahan saat kehamilan?

Salah satu penyebabnya yakni pengalaman yang belum matang, kehamilan pertama biasanya yang paling sering mengalami kegagalan, pengalaman yang kurang memang sangat berpengaruh sekali terhadap kesiapan ibu menuju masa kelahiran anak nanti.

Apa itu artinya kehamilan pertama beresiko kegagalan yang sangat tinggi? Tidak juga. Selama kondisi fisik memungkinkan juga mental yang kuat maka kelahiran bisa berjalan lancar. Karena belum adanya pengalaman kehamilan sebelumnya. Sebagai gantinya, anda bisa mempersiapkan diri dengan mencari informasi kepada mereka yang sudah berpengalaman.

Salah satunya ibu, jika tidak ada ibu anda bisa menanyakannya kepada teman-teman, selain itu ada juga bantuan lain yang lebih canggih seperti internet, buku dan media lainnya. Ikuti semua saran yang positif dan yang paling penting adalah hindari stres. Mengapa demikian? karena stres bisa memberi energi buruk yang dampaknya bisa terkena kepada bayi pula. Hal apa yang biasanya menyebabkan stres? salah satunya perubahan fisik yang dialami ketika hamil.

Ketika hamil anda akan mengalami perubahan fisik

Hal ini merupakan salah satu biang stress yang paling sering dialami. Ya, ketika hamil anda akan mengalami berbagai macam perubahan fisik baik luar ataupun dalam. Perubahan ini menjadikan anda sosok yang beda dari sebelumnya. Ya, ketika hamil anda akan mengalami berbagai perubahan diri yang sangat umum seperti bentuk badan yang membesar, mood yang buruk dan berbagai perubahan lainnya.

Secara kasat mata orang hamil itu terlihat kurang terurus karena berbagai batasan yang mengharuskan anda untuk mengikutinya. Dari mulai makanan, batasan aktivitas, penggunaan make up, dan berbagai peraturan lainnya, dengan kata lain anda harus tampil apa adanya ketika hamil demi meminimalisir efek buruk yang mungkin saja terjadi. Yah tentu ini membuat kaum wanita stress. Selain mood atau kondisi fisik, otak si ibu juga mengalami perubahan lho.

Baca juga : Ovary Nutrition Capsule, Membantu Menyuburkan Kandungan

Ibu hamil mengalami perubahan otak

Perubahan otak disini bukan perubah bentuk ya, maksudnya si ibu mengalami penyeimbangan terhadap bayi yang di kandungnya.Yang berubah hanya struktural ibu selama mengandung, namun dalam jangka panjang bisa bertahan hingga 2 tahun setelah melahirkan.

Sebuah penelitian dilakukan oleh peneliti di Universitas Autonoma de Barcelona dan Leiden University yang melakukan uji coba terhadap 25 wanita ibu baru (kehamilan pertama)  dengan meneliti hasil scan otak mereka. Scan pertama dilakukan sebelum hamil. Setelah melahirkan dalam jangka 2 tahun hasil scan tersebut dibandingkan dengan 19 pria yang baru menjadi ayah, 17 pria yang belum punya anak dan 20 wanita yang belum pernah melahirkan.

Hasilnya, ada pengurangan materi abu-abu di otak ibu yang baru hamil pertama kali. Perlu diketahui bahwa ”perubahan materi abu-abu terlibat dalam interaksi sosial di mana perubahan itu dipakai untuk menghubungkan pikiran dan perasaan kepada orang lain yang disebut theory of mind,”

Tutur seorang peneliti, Elseline Hoekzema. Perubahan ini bisa membawa keuntungan bagi ibu baru di antaranya membantu mereka mengenali kebutuhan anaknya, lebih menyadari ancaman sosial yang potensial, dan lebih lekat dengan sang anak.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *