Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Mengkonsumsi donat saat sarapan, benarkah tingkatkan kadar stress yang berlebih?


Kita mungkin sudah terbiasa dengan menu sarapan seperti nasi goreng, nasi putih, lauk pauk, roti ditemani dengan jus, susu dan berbagai jenis makanan lainnya. Demi menciptakan tubuh yang sehat tidak sedikit orang yang menyempatkan sedikitnya waktu untuk sarapan terlebih dahulu sebelum melakukan aktivitas. Sarapan di pagi hari memiliki banyak manfaat salah satunya untuk menambah energi. Meski semua orang tau bahwa sarapan itu sangat penting tetapi tidak sedikit juga yang melewatkannya dengan berbagai macam alasan.

Entah karena sibuk di kantor, bangun kesiangan dan alasan klasik lainnya. Sehingga yang menjadi pilihan mereka adalah membekal makanan dari rumah atau membeli makanan di warung untuk dikonsumsi saat sedang di perjalanan.Tentunya pilihan makanan yang dibekal harus sesuai kondisi, maksudnya saat anda di perjalanan apalagi di angkutan umum terasa ribet kan harus bekal nasi belum lagi memberatkan beban tas juga. Nah kebanyakan orang memilih makanan ringan seperti susu, roti, biskuit dan makanan kecil lainnya sebagai alternatif.

Mungkin banyak dari kita yang berfikir ”roti adalah makanan paling ideal untuk dijadikan menu sarapan” selain rendah karbohidrat roti juga praktis untuk dibawa bekal, apalagi mereka yang sedang melakukan proses diet, makanan ini sangat menunjang kebutuhan makan para pediet. Apa pernyataan ini salah? tidak. Roti memang memiliki fungsi demikian, namun, tidak semua jenis olahan roti memiliki fungsi yang sama. Malah sebaliknya, ada beberapa jenis olahan roti yang tidak baik di konsumsi pada saat sarapan. Salah satunya donat.

Mengapa donat tidak sehat untuk dijadikan menu sarapan?

Menurut ahli gizi donat mengandung kadar lemak yang sangat tinggi yakni campuran karbohidrat dan gula yang banyak sehingga sudah jelas mengkonsumsi donat di pagi hari sama sekali tidak sehat. Meski roti dianggap sebagai menu makanan yang ideal, namun untuk jenis olahan donat untuk dihindari.

Donat biasanya menjadi makanan favorit anak, tidak heran jika anak merengek minta sarapan donat karena memang terpesona oleh rasanya, namun memilih donat sebagai menu sarapan dinilai tidak sehat bagi tubuh, untuk itu pilihkanlah menu makanan sehat yang akan di konsumsi anak di pagi hari, sarapan dinilai penting untuk menunjang aktivitas anak. Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya tentang kekurangan donat, nah setelah mengetahuinya harusnya ini menjadi perhatian untuk menyingkirkannya dari daftar menu sarapan di pagi hari, lebih baik dihindari dan digantikan saja dengan menu yang lain seperti roti tawar, buah-buahan, sayur sop, susu atau biskuit.

Meski terbuat dari bahan yang bergizi, namun pengkombinasian olahan donat dinilai tidak sehat karena tidak memenuhi nutrisi yang sehat bagi tubuh. Dalam satu donat saja kita sudah menerima kandungan lemak yang tinggi, selain itu donat mudah dicerna sehingga akan memberikan efek lapar yang lebih cepat. Karena kandungannya yang minim nutrisi donat memberikan efek mudah lemas, ngantuk dan tidak semangat saat melakukan aktivitas. Ahli gizi juga menilai bahwa pengkonsumsian donat beresiko menimbulkan stress.

Benarkah sarapan donat beresiko menimbulkan stress?

Semua sepakat bahwa sarapan berfungsi untuk memberi energi bagi tubuh agar lebih bersemangat saat melakukan aktivitas. Padahal tidak hanya itu saja, sarapan juga berfungsi untuk meningkatkan kerja otak agar tidak kelelahan, pemilihan jenis makanan untuk sarapan juga dinilai sangat penting. Pilihlah makanan yang dapat mencakup keduanya, memberikan energi pada tubuh pula, memberikan kelancaran berfikir pula. Maksudnya? mungkin kita sering merasa tubuh baik-baik saja tetapi pikiran begitu berat, seolah ada beban tersendiri, ujung-ujungnya pusing, galau akhirnyan stress.

Kemampuan yang lemah untuk berfikir jernih juga dipengaruhi oleh otak yang akhirnya menimbulkan stres.Salah satu kesalahannya yakni pemilihan menu sarapan yang salah dan donat termasuk salah satu daftar makanan yang dinilai menimbulkan masalah ini. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, donat mengandung kadar gizi yang tidak ideal bagi tubuh apalagi untuk diajak tubuh beraktivitas. Ketika tubuh kelelahan maka organ di dalamnya pun ikut kelelahan termasuk otak, anda akan mengalami kesulitan fokus, berfikir dan ujung-ujungnya stress sendiri.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp